Seleb Indonesia

Putrinya Idap Kelainan Langka, Joanna Alexandra Rela Jual Mobil-Rumah

Oleh -

Kehidupan aktris berwajah imut Joanna Alexandra memang tak semanis dugaan orang. Menikah di usia yang masih muda yakni 20 tahun, Joanna dan sang suami, Raditya Oloan Panggabean belajar makna tanggung jawab atas perbuatannya yang berujung MBA (Married By Accident).

Hampir 11 tahun pernikahan berjalan, Joanna dan Raditya pun menikmati status mereka sebagai orangtua dari empat orang anak. Namun kini mereka berdua kembali dihadapkan atas masalah yang cukup berat setelah putri bungsu mereka, Ziona Eden Alexandra Panggabean lahir pada 24 Mei 2017.

Bagi Joanna, Zio adalah bayi perempuan yang istimewa sekalipun terlahir prematur. “Waktu lahir Zio tidak menangis. Dia harus masuk NICU untuk menyempurnakan fungsi pernafasannya yang masih belum 100 persen. Akhirnya dia dirawat di NICU selama dua minggu,” ungkap aktris berusia 30 tahun ini kepada Bintang.

Terungkap pula bahwa kaki kiri si kecil Zio mengalami CTEV (Congenital Talipes Equino Varus) yaitu kondisi telapak kaki menghadap bagian dalam. Hal ini membuat Zio harus memakai gips selama dua bulan dan memakai sepatu khusus hingga usia empat tahun.

Tak berhenti di situ, saat menginjak usia empat bulan, Zio divonis mengidap Bronkiolitis atau infeksi saluran pernafasan pada anak-anak yang membuat saluran itu menyempit. Diduga radang Bronkiolis itu disebabkan virus sehingga paru-paru Zio penuh lendir.

Menjalani perawatan, Joanna pun kembali dirundung pilu saat menyadari kalau putrinya juga punya kelainan di daerah laring (Laryngomalacia) yang membuat Zio susah menelan. “Makanan (ASI) yang dia asup justru masuk ke paru-paru sehingga menyebabkan infeksi. Zio lalu memakai selang Nasogastric (NGT) yang tersambung langsung ke lambung untuk membantu menelan makanan.”

Kelainan perkembangan beberapa organ yang dialami Zio jelas membuat Joanna dan Raditya melakukan berbagai cara. Apalagi pengobatan Zio rupanya membutuhkan biaya tak sedikit. Sempat terjerat banyak tanggungan, Joanna bahkan sudah menjual mobil pribadinya dan rela menjual rumah untuk mengusahakan kesembuhan Zio.

“Waktu lahir kita jual mobil untuk Zio. Beberapa tunggakan juga terjadi di keluarga kita. Sampai jual rumah pun akan kita lakukan kalau memang nggak mampu bayar. Banyak banget biaya perawatan dan terapi yang harus dijalani Zio. Kita tes darah sampai 13 juta rupiah sekali tes. Belum biaya dokter yang bisa 3-4 kali seminggu,” ungkap Joanna seperti dilansir Tribun News. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page