Seleb Indonesia

Kurang Kreatif, 6 Program Televisi Indonesia Ini Meniru Acara Luar Negeri

Oleh -

Televisi memang surganya hiburan. Seiring dengan waktu, program televisi yang menghibur tak lagi hanya seputar sinetron dan film layar lebar yang diputar ulang di layar kaca. Selain talk show, juga ada acara hiburan dalam bentuk kuis, atau program-program musik yang masih ditunggu-tunggu oleh penonton-penonton muda tanah air. Belum lagi acara hiburan yang dipenuhi oleh komedian, yang tak pernah gagal mengundang tawa.

Sayangnya, televisi Indonesia kurang kreatif. Tak hanya ide cerita serial yang dicontek untuk dibuat sinetron versi Indonesia-nya, kini semakin banyak program televisi luar yang dijiplak. Meski acara yang dicontek tersebut sukses di negaranya, nyatanya belum tentu begitu di Indonesia. Yuk, lihat program televisi apa saja sih yang ternyata meniru dari acara luar negeri?

1. Lipsync Battle

Lipsync Battle vs Lipsync Combat
Lipsync Battle vs Lipsync Combat

Lipsync Battle merupakan acara televisi komedi musikal di Amerika yang tayang perdana pada bulan April tahun 2015 lalu. Acara ini menampilkan dua artis yang akan bertanding dalam menirukan suatu lagu, lengkap dengan gayanya. Acara ini sukses besar dan mempunyai rating tertinggi di televisi Amerika yang menyiarkannya. Kesuksesan inilah yang ingin ditiru oleh Net Tv. Sejak Mei 2015, Net menayangkan acara Lipsync Combat Indonesia yang mempunyai konsep sama persis dengan Lipsync Battle Amerika. Namun, meski begitu, acara ini tetap dinilai menghibur kok bagi penonton televisi.

2. Reality Show Kehidupan Sehari-hari Artis

Keeping Up with Kardashians vs The Hermansyah
Keeping Up with Kardashians vs The Hermansyah

Keeping Up With Kardhasians merupakan reality show yang menayangkan tentang kehidupan sehari-hari kakak adik Kardashians juga Jenner ini. Acara ini pun mendulang sukses bagi keluarga sosialita Kardashians dan Jenner. Kendall dan Kylie Jenner sampai dibuatkan reality show sendiri karena dua sister ini sedang berada di puncak popularitas. Di Indonesia pun akhirnya banyak artis yang rela kehidupan sehari-harinya diekspose dan dijadikan sebuah acara. Contohnya saja kehidupan pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, juga The Hermansyah dari Anang dan Ashanty. Sebelumnya juga ada Safeea, anak Ahmad Dhani. Kini, makin banyak artis yang membuat vlog berisikan kehidupan sehari-harinya, loh.

3. Bermain Bersama dengan Para Artis

Running Man vs Mission X
Running Man vs Mission X

Korea merupakan salah satu negara yang memiliki industri hiburan terdepan. Penyanyi dan film dari negara ini pun hampir selalu laris, tak hanya di ASIA, namun hingga ke seluruh dunia. Setelah menularkan demam boyband dan girlband ke Indonesia, Korea rupanya juga membuat banyak program televisi yang menarik. Salah satunya adalah Running Man. Acara ini menampilkan host yang terbagi dalam Tim 1 dan Tim 2 yang akan bertanding dalam permainan. Bintang tamu artis pun diundang datang untuk ikut bermain dan  meramaikan. Acara yang sudah tayang sejak 2010 ini kemudian dibuat versi Indonesia, Mission X yang dipandu oleh Aming, juga Trio Bajaj.

4. Jadi Super Daddy dalam Sehari

The Return of Superman vs Super Papa Indonesia
The Return of Superman vs Super Papa Indonesia

Satu lagi program acara Korea Selatan yang konsepnya ditiru oleh Indonesia. The Return of Superman, yaitu acara yang menayangkan kelucuan seorang selebritis yang kerepotan mengurus anak-anaknya saat sang istri tak berada di sisinya. Tayangan ini mendapat sambutan meriah karena para penggemar juga bisa melihat lucunya anak-anak para artis tersebut. Kini, konsep acara ini pun sudah ditiru oleh televisi Indonesia. Global TV menayangkan acara yang diberi label ‘Super Papa’. Acara Super Papa ini dinilai sangat mirip dengan ide dari program The Return of Superman dari Korea Selatan.

5. Talk Show yang Dibanjiri Banyak Hadiah

The Ellen Show vs Sarah Sechan
The Ellen Show vs Sarah Sechan

Hollywood memiliki banyak sekali talk show yang sukses. Talk show tersebut memiliki ciri khas masing-masing yang diharapkan bisa menarik perhatian penonton. Contohnya saja Ellen Show, yang dibawakan dengan gaya santai dan dibanjiri banyak hadiah dari sponsor. Rupanya, acara ini pun sudah ada di televisi lokal kita, yang dibawakan oleh mantan VJ MTV, Sarah Sechan dalam program yang bernama sama. Acara Sarah Sechan ini pun juga menawarkan banyak hadiah dari pihak sponsor untuk penonton dan bintang tamu yang datang, loh.

6. Bernyanyi Dalam Mobil Bersama Artis

Carpool Amerika vs Carpool Indonesia
Carpool Amerika vs Carpool Indonesia

Carpool Karaoke adalah acara reality show yang bernyanyi di dalam mobil bersama dengan bintang tamu artis yang ikut meramaikan. Acara yang dipandu oleh James Corden ini sangat sukses dengan mengundang  Justin Bieber, Adele, bahkan The First Lady, Michelle Obama. Acara ini pun sudah ada di televisi lokal, Carpool Karaoke Indonesia. Dalam acara Carpool Indonesia dipandu oleh host yang berbeda-beda. Memang masih berbeda jauh, sih. Tapi acara ini tetap menghibur di samping sinetron-sinetron yang ada.

Well, mungkin sekarang ini Indonesia belum terlalu kreatif. Paling tidak, acara televisi tak hanya sinetron. Semoga ini hanya awal mula majunya pertelevisian Indonesia. Setuju, kan? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page