inspirasi LifeStyle

Kenalan Sama Kartini Muljadi, Satu-Satunya Wanita Terkaya Di Indonesia, Yuk!

Oleh -

Pada tanggal 21 April, Indonesia memperingati keringat dan kerja keras RA. Kartini yang memperjuangkan hak-hak untuk perempua. Kartini menganggap, bahwa setiap manusia mempunyai hak yang sama untuk belajar dan berkarya. Dan berkat perjuangan keras dari Kartini lah, para wanita di jaman ini bisa bebas berkreasi, berkarya, dan belajar setinggi-tingginya.

Hal ini juga bisa terlihat dari sosok Kartini yang lainnya. Kartini Muljadi, seorang pekerja keras, tekun ini ternyata sangat kaya raya. Jangan salah, kekayaan Kartini Muljadi bukanlah hasil dari warisan atau menang lotre, namun hasil dari tiap tetes keringatnya. Bagaimana sih profil dari Kartini kita yang ini, sih?

1. Sekolah Setinggi-Tingginya

Kartini Muljadi
Kartini Muljadi (via Image Source)

Kartini Muljadi sempat bersekolah khusus di Kebumen. Wanita yang lahir 17 Mei 1930 ini juga pernah mengambil kuliah di Surabaya dan Yogyakarta seblum akhirnya pindah ke Jakarta. Di Jakarta Kartini kembali mengambil dua jurusan sekaligus, yaitu Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan di Universitas Indonesia. Meski disibukkan dengan kuliahnya di dua tempat, Kartini Muljadi masih menyempatkan diri untuk bergabung denganĀ Perhimpunan Sosial Tjandra Naya, yaitu organisasi yang membantu pengadaan pendidikan dan kesehatan untuk masyarakat yang kurang mampu.

2. Hakim Wanita Pertama

Kartini Muljadi dan Putrinya, Dian Muljadi
Kartini Muljadi dan Putrinya, Dian Muljadi (via Image Source)

Setelah menyandang gelar hukumnya, Kartini memutuskan untuk berkarir di bidang kehakiman. Ia diangkat menjadi hakim setelah hakim-hakim Belanda yang menjabat di Indonesia mengundurkan diri. Namun, setelah ditinggal meninggal oleh sang suami, Kartini harus rela mundur dan mencari karir lain karena pendapatannya sebagai PNS tidak mencukupi kebutuhan keluarganya.

3. Beranikan Diri Jadi Notaris

Kartini Muljadi Now
Kartini Muljadi Now

Berbekal pengalaman dan keberanian, Kartini memberanikan diri mengambil ujian negara untuk menjadi notaris. Keberaniannya pun meloloskannya menjadi notaris. Kerja keras, dispilin, dan komitmen yang dijalankan Kartini selama bekerja membuatnya menjadi notaris papan atas. Lewat karir luar biasanya ini, Kartini berada di puncak kesuksesan. Kartini pun menjadi salah satu notaris yang dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar. Kartini juga sempat memberi kuliah tentang Hukum Perdata di berbagai fakultas Hukum di Jakarta.

4. Pensiun dan Belajar Bisnis

Keluarga Besar Kartini Muljadi
Keluarga Besar Kartini Muljadi (via Instagram)

Pada tahun 1990, Kartini memutuskan untuk pensiun dini dan membuka kantor pengacara dan konsultan hukum sendiri. Berkat sepak terjang yang baik selama menjabat sebagai hakim dan notaris, kantor pengacara miliknya pun berkembang pesat. Kantor pengacara yang diberi nama Muljadi & Rekan dipercaya untuk menangani perusahaan besar nasional dan multi nasional. Tak hanya itu, saat perekonomian Indonesia sedang terpuruk, Kartini aktif memberikan bantuan hukum agar sektor perbankan tidak semakin buruk dalam menghadapi moneter.

5. Wanita Paling Kaya Di Indonesia Versi Forbes

Forbes Kartini Muljadi
Forbes Kartini Muljadi (via Image Source)

Kesuksesan Kartini tidak dicapainya sendirian. Ia dan kedua anaknya saling bahu-membahu dalam membesarkan perusahaan keluarga. Masing-masing anak dari Kartini Muljadi juga sudah mendirikan perusahaan sendiri-sendiri. Kekayaan keluarga ini menjadikan Kartini masuk dalam deretan 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Hebatnya, Kartini merupakan satu-satunya wanita yang berada dalam deretan tersebut. Kekayaan Kartini dan keluarga per tahun 2015 mencapai $715 juta, atau lebih dari 9 Triliun Rupiah. Wow! Next

Apakah Kamu Setuju?

[infinitsingle]