Seleb Indonesia

5 Presenter Kuis Paling Hits Era 90an

Oleh -

Di Era ’90-an, acara yang memiliki rating paling tinggi adalah program kuis. Saat itu, hampir seluruh saluran televisi memiliki program kuisnya sendiri. Tidak tanggung-tanggung, kuis-kuis tersebut tayang pada jam prime time, yang mengindikasikan tingginya antusiasme penonton.

Bersamaan dengan melejitnya program tersebut, para presenter yang menandu kuispun ikut menuai popularitas. Mereka biasanya akan diingat dengan ciri khas-nya masing-masing. Pemandu kuis juga biasanya akan diingat karena keahlian mereka dalam membuat lawakan kecil di sela-sela acara. Berikut kami rangkum daftar lima presenter paling ngetop pada era ’90-an.

1. Sony Tulung – 10 Tahun Menjiwai Famili 100

Pria bernama lengkan Sony Valentino Tulung ini terkenal karena kuis Family 100. “Survey membuktikan…” adalah jargon paling dikenal dari Sony Tulung. Kuis Family 100 sangat booming pada jamannya karena mengasah “common sense” para pesertanya.

Sony Tulung
Sony Tulung

Kuis ini dibagi dalam tiga periode. Dan Sony Tulung diberi kesempatan untuk memandu kuis ini pada tahun 1996-1998, 1999-2004 dan 2004-2005. Karier Sony dalam dunia presenting tampaknya agak redup setelah dia terkait dalam beberapa kasus kriminalitas seperti pengeroyokan dan kredit macet.

2. Helmy Yahya – Rajanya Acara Kuis

Pria kelahiran Palembang, 6 Maret 1963 ini dikenal sebagai rajanya program kuis. Dia telah memproduseri dan merancang konsep untuk banyak sekali program kuis. Hampir semua program kuis dan variety show yang dirancang Helmy menjadi acara favorit pemirsa.

Helmy Yahya
Helmy Yahya

Karena keahliannya ini, Helmi mendirikan “Helmy Yahya Broadcasting Academy” di Bandung, Surabaya dan Jakarta. Dalam lembaga kursusnya ini, Helmy berbagi ilmu untuk orang-orang yang tertarik pada bidang pertelevisian.

Kuis yang dirancang oleh Helmy memang kebanyakan adaptasi dari acara televisi luar negeri. Namun dia berhasil memberikan sentuhan tangan dinginya dan menyesuaikan program dengan selera masyarakat luas. Helmy adalah salah satu dari sedikit sekali presenter yang berhasil melewati periode ’90-an dan masih tetap populer hingga sekarang.

3. Nico Siahaan – Kuis Kata Berkait Legendaris Berkat Dirinya

Pria dengan nama lengkat Junico Bisuk Partahi Siahaan ini lahir pada 13 Jni 1969. Debut karier Nico diawali dengan kuis kata Berkait di tahun 1995 hingga 2001. Rico kemudian membawakan Impresario di RCTI pada tahun 2004-2006. Selain itu, Rico juga memandu banyak acara seperti The Master, Opini, Temukan Kata dan Are You Smarter Than A Fifth Grader?

Nico Siahaan
Nico Siahaan

Selanin di dunia presenting, Rico juga sempat menjajal kemampuan aktingnya dalam film Arisan! pada tahun 2014 Rico maju sebagai calon legislatif dapil Jawa Barat dan berhasil lolos ke Senayan.

Rico ini menjalani kariernya sebagai politisi. Dia menikah dengan seorang wanita bernama Sissy pada tahun 2003. Kini Rico memiliki dua puteri kembar dan satu puteri bungsu.

4. Dik Doang – Presenter Bola Paling Idola

Anda penggemar sepak bola pasti akrab dengan nama laki-laki eksentrik satu ini. Pada era 90-an, wajah Dik Doang akan menghiasi layar kaca untuk setiap siaran sepakbola baik lokal maupun internasional. Dik Doang juga membawakan acara FIFA World Cup pada awal tahun 2000-an.

Dik Doank
Dik Doank

Pada tahun 2004, Dik Doang Mendirikan Yayasan Dik Doank dimana anak-anak Indonesia akan dilatih untuk bermain sepak bola. Namun, kini kegiatan Dik Doank bergeser ke arah kegiatan bersifat konservasi alam dan kreaivitas di Kandang Jurang Doank. Dik Doank juga sesekali membawa acara religi di stasiun TV.

Dik Doang kini mencoba menyanyikan lagu-lagu bertema wawasan konservasi alam dan religi. Sepertinya kedua hal tersebut menjadi passion Dik Doang. Hal tersebut dilakukannya meski sempat terusik gosip tak sedap.

5. Pepeng – Kabarnya Kini Menyedihkan

Ferrasta Soebardi (57) atau lebih dikenal dengan nama Pepeng, sudah hampir enam tahun ini terbaring di ranjang kamar tidurnya. Padahal rasanya baru beberapa waktu lalu kita dihibur oleh penampilan kocaknya di kuis Jari-Jari. Siapa yang tidak ingat wajah ceria Pepeng sambil menngeluarkan jargonnya “Kuis Jarrreee jarrrreee”?

Pepeng
Pepeng

Kuis tersebut memang diadakan dalam waktu yang relatif singkat, namun sangat membeka di ingataan kita. Meski kini Pepeng harus terbaring di tempat tidur karena penyakit Multiple Skeleosis, namun Pepeng tidak pernah menyerah. Dia menjadi salah satu presenter yang terus aktif hingga kini. Dia juga sempat memiliki talk-show sendiri di sebuah stasiun televisi yang diberi judul “Ketemu Pepeng”.

Beberapa acara yang pernah dibawakannya adalah kuis jari-jari dan juga acara bincang-bincang warna-warni. Selain itu Pepeng yang pernah menjuarai lomba lawak mahasiswa tahun 78 ini bersama beberapa temannya seperti Sys NS, Krisna dan Nana Krip juga pernah membuat grup komedi yang bernama Sersan Prambors.
Itu tadi lima presenter tahun 90-an yang dapat kami rangkum. Beberapa dari mereka berhasil melenggang sukses menjadi presenter. Beberapa pindah ke jalur politik dan sebagian lainnya memilih kegiatan di luar dunia hiburan. Siapa presenter jagoan anda? (HLH)

Next

Apakah Kamu Setuju?