Holywood

Porsche Menolak Gugatan Putri Paul Walker

Oleh -
Paul Walker via okezone
Paul Walker via okezone

Putri Paul Walker, Meadown Rain Walker belum lama ini melayangkan sebuah gugatan pada Porsche atas kematian ayahnya yang mengalami kecelakaan di mobil Porsche Carrera GT pada 30 November 2013 lalu. Produsen mobil sport asal Jerman itu pun langsung menolak tuntutannya tersebut.

Remaja berusia 16 tahun itu menggugat Porsche karena mobil yang dinaiki ayahnya tidak dilengkapi fitur keselamatan memadai sebagaimana digunakan pada model Porsche lainnya.

Gugatan yang dilayangkan pada Senin, 28 September 2015 itu berisi bahwa Porsche Carrera GT model 2005 seharusnya sudah dilengkapi dengan fitur electronic stability control yang dapat menstabilkan kendaraan dalam kondisi darurat.

Menanggapi hal tersebut, Porsche Cars North America yang diwakili Calvin Kim menjelaskan bahwa gugatan itu tidak spesifik. Dia tetap berpegang pada hasil investigasi yang dilakukan oleh pihak berwenang. Dia meyakini pengadilan tetap akan menggunakan hasil penyelidikan otoritas terkait sebagai patokan dalam memutus perkara ini. Hasil penelitian mengatakan bahwa pengemudi (Roger Rodas) sangat ceroboh.

“Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kami sangat sedih dan menyesal tiap kali ada yang terluka dalam mobil Porsche. Tetapi kami percaya, dalam hal ini laporan dari otoritas terkait sudah jelas bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh cara pengemudi yang ceroboh dan kecepatan yang berlebihan,” kata Calvin Kim, perwakilan dari Porsche.

Setelah diselidiki oleh pihak berwenang, Porsche Carrera GT yang dinaiki Paul Walker melaju dengan kecepatan 128 kpj hingga 149 kpj, sedangkan batas kecepatannya hanya 72 kpj. Tapi hasil ini berbeda dengan penyelidikan pengacara keluarga Walker, Jeff Milam. Menurutnya,  kendaraan itu hanya melaju 101 kpj hingga 114 kpj. Tapi ketika kecelakaan itu terjadi, fitur kontrol kestabilan dan perlindungan penumpang saat mobil terguling tidak berfungsi.

Selain itu, produsen mobil tersebut dinilai gagal menginstal tangki bahan bakar hingga tidak mampu mencegah kebakaran di saat mobil mengalami kecelakaan. Gugatan ini berbanding terbalik dengan hasil penyelidikan pihak berwenang. Kepolisian menyebutkan bahwa Porsch Carrea GT tersebut sudah memenuhi standarisasi keamanan yang baik. Paul Walker tewas bersama Rodas dalam kecelakaan di California, Amerika Serikat pada 30 November 2013. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page