Holywood

Pendarahan Pita Suara , Karir Penyanyi Dunia Ini Pasang Surut

Oleh -

Suara atau bunyi vokal, dihasilkan oleh getaran pita suara dalam kerongkongan. Namun apa jadinya jika pita suara ini mengalami kerusakan? Alhasil produksi suarapun terganggu bahkan jika sampai pita suara pecah bisa-bisa suara berubah jadi serak atau parahnya, hilang sama sekali!

Beberapa kasus pendarahan pita suara lebih sering dialami oleh penyanyi lho! Karena kegiatan menghasilkan suara yang lebih ekstrem dibanding manusia biasa. Dan berikut sederet penyanyi dunia yang pernah mengalami pendarahan pita suara. Akibatnya karir mereka jadi pasang surut!

1. Meghan Trainor

Penyanyi muda yang melejit lewat tembang ‘All About That Bass’ ini baru saja dikabarkan membatalkan tur konser akibat pendarahan pada pita suaranya. Meghan Trainor kembali absen manggung untuk menjalani operasi pita suara dan mengambil waktu untuk rehat sejenak dari kegiatan bernyanyinya.

Meghan Trainor [image source]
Meghan Trainor [image source]
Pembatalan tur konser sebelumnya ia lakukan di bulan Juli lalu. Meghan menjalani serangkaian operasi untuk memperbaiki kondisi pita suaranya. Namun, penyakit batuk yang diderita memperburuk keadaan Meghan sampai harus kembali absen di bulan Agustus ini. Meghan pun harus berhenti bernyanyi sampai pita suaranya benar-benar pulih.

2. Sam Smith

Meraih empat piala Grammy di tahun 2014, ternyata memaksa Sam harus beristirahat selama setahun penuh. Pasalnya prestasi dan kesibukkan menyanyi di tahun 2014 ini berdampak pada pendarahan pita suara yang ditemukan beberapa waktu lalu. Sam Smith yang sedang menjalani tur konser di beberapa kota pun harus membatalkan sisa agendanya.

Sam Smith [image source]
Sam Smith [image source]
Bulan April lalu, secara resmi Sam mengumumkan akan beristirahat penuh dari aktivitas menyanyi. Ia bahkan dilarang untuk berbicara untuk mempercepat kesembuhan pita suaranya. Sam Smith bahkan telah menjalani operasi laser untuk mendapatkan suara merdunya kembali lho!

3. Adele

Adele, penyanyi bersuara emas ini juga sempat menjalani operasi pita suara di Boston, Amerika Serikat di tahun 2011 lalu. Adele menjalani operasi mikro untuk menghentikan pendarahan yang terjadi di pita suaranya. Kondisi yang dialami Adele akibat pembuluh darah yang tidak stabil sehingga bisa mengakibatkan pita suaranya pecah.

Adele [image source]
Adele [image source]
Dan mengikuti saran dokter, pelantun tembang ‘Skyfall’ inipun harus beristirahat total selama sisa tahun 2011 untuk mendapatkan suaranya kembali. Ia pun terpaksa membatalkan sisa tur-nya di Amerika Serikat.

4. Nathan Stykes

Salah satu anggota boyband Inggris The Wanted, Nathan Stykes juga pernah mengalami masalah dengan suaranya. Nathan disebut mengalami pendarahan pita suara dan harus menjalani operasi di tahun 2013.

Nathan-Skyes [image source]
Nathan-Skyes [image source]
Pasca operasi, Nathan mengaku masih memiliki sedikit masalah terutama dengan suaranya yang terdengar parau. Akibatnya, Nathan harus absen dari agenda manggung bersama The Wanted di sisa tahun 2013. Managemen The Wanted pun tak bisa berbuat banyak kecuali menghilangkan bagian Nathan di beberapa penampilan live.

5. Arina Grande

Penyanyi bertubuh mungil, Ariana Grande juga memiliki masalah yang sama di tahun 2013. Saat ia menjadi sorotan publik Ariana malah harus istirahat total karena masalah pendarahan pita suara. Walaupun agenda promosi sudah dijadwalkan, namun Ariana diminta untuk mengistirahatkan suaranya.

Ariana-Grande [image source]
Ariana-Grande [image source]
Tak ingin pendarahannya semakin parah, penyanyi berusia 21 tahun ini terpaksa membatalkan beberapa jadwal menyanyinya. Ia pun sempat pamit pada penggemar lewat akun twitternya dan meminta dukungan melewati istirahat vokal tersebut.

Itu tadi 5 penyanyi dunia yang pernah mengalami pendarahan pita suara. Suara memang jadi modal utama seorang penyanyi, tanpa suara merdu karir bermusiknya tentu akan hancur total. Bagaimana menurutmu? Next

Apakah Kamu Setuju?