Seleb Indonesia

WOW! 30 Tahun Berkarir, Iis Dahlia Masih Secantik Awal Tampil di Layar Kaca

Oleh -

Dangdut, memang tak bisa dipisahkan dari blantika musik tanah air. Dangdut bahkan menjadi salah satu musik yang menunjukkan identitas tanah air. Tak hanya di dalam negeri, musik dangdut bahkan disukai oleh banyak negara-negara luar. Dan Indonesia punya banyak deretan penyanyi dangdut keren yang berhasil membawa nama harum bangsa hingga ke luar negeri.

Iis Dahlia, merupakan salah satu penyanyi dangdut senior tanah air yang berhasil bertahan hingga bertahun-tahun karir bernyanyinya. Tak seperti penyanyi dangdut yang punya ciri khas, Iis Dahlia bahkan hampir tak pernah terlihat bergoyang, lho. Namun, Iis terbukti mampu bersaing dengan para penyanyi yang berlomba-lomba dengan goyangan seksinya. Hampir 30 tahun berkarir, yuk, intip perjalanan karir seorang Iis Dahlia.

1. Dari Panggung 17 Agustus-an

Iis Dahlia pernah ditipu saat ingin jadi artis
Iis Dahlia pernah ditipu saat ingin jadi artis

Iis Dahlia dilahirkan dengan nama Iis Laeliyah, di Indramayu, tanggal 29 Mei, tepat 42 tahun yang lalu. Kegemaran Iis pada musik dan bernyanyi sudah terlihat dari sejak kecil. Iis pun rajin mengikuti berbagai pentas di lingkungan rumahnya. Saat masih duduk di kelas 4 SD pun, Iis sudah memeriahkan pentas 17 Agustus, atau acara perkawinan dengan iringan organ tunggal, lho. Orang tua Iis melihat bakat dan kemauan dari Iis, sehingga membawanya untuk melanjutkan sekolah SMP di Bandung. Tak hanya sekolah, di Bandung Iis juga mengikuti les vokal di HAPMI (Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia).

2. Demi Cita-cita, Hijrah Ke Jakarta

Iis Dahlia saat muda, dengan Meggy Z
Iis Dahlia saat muda, dengan Meggy Z

Namun, hanya bertahan satu tahun, Iis lantas memutuskan untuk hijrah ke Jakarta. Iis langsung mendapatkan job pertamanya sebagai penyanyi di Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, juga Monas. Saat itu, Iis hanya mendapat honor sebesar 90 ribu rupiah. Kesempatan kemudian menghampiri Iis. Ia diundang untuk menjadi seorang bintang tamu di acara Lenong yang disiarkan oleh TVRI, satu-satunya televisi Indonesia. Ternyata, kesempatan ini membuat Iis dilirik oleh produser sebuah perusahaan rekaman, yaitu Akurama Record. Bukan dangdut, awalnya Iis dipercaya untuk menyanyikan lagu-lagu Mandarin yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

3. Sempat Ditipu Saat Ditawari Jadi Artis

Album lawas Iis Dahlia
Album lawas Iis Dahlia

Perjalanan karir seorang Iis Laeliyah bukan mulus-mulus saja. Iis pernah ditawari membayar sebesar 800 ribu rupiah, untuk bisa tampil di Wajah Baru, sebuah acara yang memperkenalkan artis baru dan ditayangkan di TVRI. Namun, ternyata Iis ditipu, sedang jumlah itu sangat besar nilainya di tahun 80-an. Jangan salah, hal ini tak membuat Iis patah arang. Akhirnya, Iis bisa tampil di Wajah Baru dengan cara yang lain. Dan dari acara ini lah Iis kemudian mendapat tawaran kontrak untuk membuat 6 album sekaligus. Sempat ragu, akhirnya Iis menandatangani kontrak tersebut.

4. Jadi Penyanyi Dangdut Wanita Terbaik

Cantiknya Iis Dahlia
Cantiknya Iis Dahlia

Keputusan Iis ternyata tak salah. Iis sempat ragu karena ia ditawari untuk membuat album bergenre dangdut, sedang selama ini ia bernyanyi dengan lagu-lagu berwarna pop. Namun, nyatanya ia telah membuat keputusan yang benar. Iis kemudian mengganti namanya dengan nama panggung, yaitu Iis Dahlia, yang menggambarkan wangi dan mekarnya bunga dahlia. Meski album pertama tak berhasil, Iis langsung menebus kesuksesannya lewat album ke dua. Lagunya yang bertajuk Tamu Tak Diundang laris manis, hingga masuk dalam Museum Rekor Indonesia. Di tahun 1997, saat ajang Anugerah Dangdut Indonesia pertama kali digelar, nama Iis Dahlia berhasil menyabet gelar, Penyanyi Dangdut Wanita Terbaik. Iis pun disebut sebagai salah satu pedangdut yang menaikkan kelas musik dangdut karena penampilannya yang selalu sopan.

5. Keluarga dan Karir

Keluarga bahagia Iis Dahlia
Keluarga bahagia Iis Dahlia

Iis Dahlia pernah menikah dengan seorang  duda yang juga pengusaha, Dadang Indrajaya. Sayangnya, pernikahan pertama Iis ini tak bisa bertahan meski mereka sudah dikaruniai seorang putri cantik yang diberi nama, Salshadilla Juwita. Namun, Iis kembali menemukan belahan jiwanya pada sosok pilot tampan, Satrio Dewandono. Dari pernikahan keduanya, Iis dikaruniai satu lagi anak yang kemudian diberi nama, Devano Danendra. Kini, Iis terlihat mengajak anak pertamanya, Salshadilla, yang ternyata juga bersuara indah, untuk ikut terjun ke dunia hiburan.

Baca Juga: 35 Tahun Berkarir, Meriam Bellina Masih Cantik dan Laris Manis

Well, Iis Dahlia membuktikan bahwa tanpa goyangan seksi dan erotis pun, dangdut masih sangat bisa dinikmati, kok. Penyanyi memang harus menonjolkan bakat bernyanyinya, bukan keseksiannya. Setuju, kan? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page