Entertainment inspirasi inspirasi Lentera Seleb Indonesia

Perjalanan Karir Choky Sitohang, Mulai dari Penyiar Radio Sampai Jadi Caleg

Oleh -

Sudah bukan hal baru lagi jika kita menemui wajah artis Tanah Air sebagai wakil rakyat. Begitu pula dengan wajah Choky Sitohang yang sebentar lagi akan terpampang mewakili salah satu partai politik di Indonesia.

Choky dikenal sebagai presenter kondang dengan wajah tampan yang sering memandu berbagai acara di televisi. Sebelum maju pada pemilihan legislatif tahun politik 2019, Choky telah membangun karir yang panjang. Yuk, intip perjalanan karir Choky Sitohang sebelum akhirnya memutuskan menjadi calon legislatif!

1. Public Speaking Terasah Melalui Radio

Menjadi presenter, tak diragukan lagi kemampuan Choky dalam bidang public speaking. Bakat public speaking-nya mulai terasah saat ia menjadi penyiar radio pada akhir tahun 1999 silam. Ia bertahan menjadi penyiar radio di kota Bandung selama hampir 3 tahun.

2. Punya Empati Lebih Tinggi Sejak Menjadi Jurnalis

Berpindah dari Bandung ke Jakarta, Choky kemudian berprofesi sebagai jurnalis untuk liputan politik, hukum dan sosial. Menjadi seorang jurnalis sejak tahun 2002, Choky dihadapkan pada banyak peristiwa yang sedikit banyak memberikan pelajaran hidup baginya. Meliput sekaligus membantu korban bencana, membuat empati Choky terhadap masyarakat lebih tinggi.

3. Menjadi Presenter Kondang Berkat Bakat dan Usaha

Tergerak hatinya setelah melihat para presenter senior tahun 80-an, Choky mencoba keberuntungannya untuk menjadi presenter. Menjadi presenter seterkenal sekarang, tentu tak mudah bagi Choky yang harus melalui proses casting dan persaingan yang ketat. Tapi, bakat yang dimiliki dan usaha yang dilakukan Choky tak pernah membohonginya, kini ia menjadi salah satu presenter kondang di Indonesia.

4. Lebarkan Sayap Menjadi Pebisnis Kuliner

Demi kehidupan masa depan yang lebih baik, Choky menginvestasikan uangnya untuk bisnis kuliner. Memilih kuliner dari kota sang istri, Melissa Aryani, yaitu Palembang, Choky dan Melissa membuka bisnis pempek sejak 2017 lalu. Bernama Pempek Embool 153, Choky telah memiliki beberapa cabang. Ia meyakini, pempek asal Palembang diminati banyak orang dari berbagai kalangan.

5. Buka Sekolah Public Speaking

Sebelum melebarkan sayapnya dalam dunia bisnis kuliner, Choky rupanya telah membuka sekolah non-formal khusus public speaking satu tahun sebelumnya. Sekolah yang telah menjadi mimpinya sejak beberapa tahun sebelum akhirnya berhasil diwujudkannya itu bernama Choky Sitohang Speaking Incorporation (ChoSSI). Meski telah merekrut master di bidang komunikasi, Choky juga ikut turun langsung mengajar anak didiknya.

6. Terjun ke Dunia Politik

Setelah berhasil menjalani karir dalam berbagai bidang, kini Choky memutuskan untuk terjun ke dunia politik untuk menjadi calon legislatif. Bukan tanpa basis yang jelas, Choky memang memiliki basis politik sebelumnya. Selain pernah menjadi jurnalis di bidang politik, hukum dan sosial seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Choky juga telah menempuh pendidikan jurusan Komunikasi Politik.

7. Sudah Pernah Mendapat Tawaran Sebelumnya

Punya basis politik, tak heran jika sebelumnya Choky pernah mendapat tawaran untuk bergabung dalam salah satu partai politik beberapa tahun lalu. Namun, saat itu Choky menolak tawaran tersebut karena merasa belum waktunya. Kala itu ia tengah fokus karir di dunia entertainment dan mengembangkan bisnisnya.
Nah, itu tadi merupakan perjalanan karir Choky Sitohang sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi caleg. Tak ada salahnya jika para artis terjun ke dunia politik. Seperti kata pria kelahiran tahun 1982 ini, menjadi publik figur yang terlibat di dunia politik menunjukkan kepedulian mereka pada politik Indonesia. Siapa pun itu, jika terpilih menjadi wakil rakyat, semoga bisa menjadi wakil yang berkomitmen ya. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page