Entertainment inspirasi Lentera LifeStyle tips trik

Bubah Alfian, MUA Indonesia Terlaris dan Kesayangan Artis Papan Atas yang Berangkat dari Jualan Laptop

Oleh -

Menjadi publik figur pastinya harus menggunakan make up dalam banyak kesempatan, seperti menghadiri talk show, melakukan konser, hingga menjalani syuting iklan. Merias wajah publik figur tak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Banyak selebriti yang menginginkan jasa rias wajah seorang profesional untuk menghasilkan image yang diinginkannya. Salah satu make up artist yang banyak dicari selebriti adalah Bubah Alfian.

Pria bernama asli Zakharia Mahfudi Alfiansyah ini menjadi make up artist atau MUA langganan para selebriti Indonesia. Bukan hanya dalam negeri saja, ia juga mendapatkan banyak kesempatan merias hingga ke dunia Internasional. Pria asal Jember ini memiliki kesuksesan yang luar biasa sebagai MUA, tetapi ia selalu ramah dan murah senyum. Untuk meraih kesuksesan, pastinya ia harus merintis karir mulai dari bawah. Mau tahu bagaimana perjalanan karir seorang Bubah Alfian sebagai MUAS? Yuk kita simak!

1. Bercita-cita jadi dokter kemudian bertolak ke perias wajah

Awalnya, ketika Bubah lulus SMA, ia mengaku ingin menjadi dokter. Tetapi karena takut dan tak kuat melihat darah, akhirnya Bubah disarankan Ibunya untuk les salon di Jember, khususnya tata rias rambut. Mama Bubah menyarankan anaknya mengikuti les salon tersebut karena melihat Bubah memiliki bakat di bidang tata rias.

Bubah mengaku, untuk memutuskan menjadi make up artist ia tak pernah mengenyam pendidikan formal mengenai tata rias wajah. Pria berkacamata ini mulai terjun ke bidang tata rias pada akhir tahun 2006. Setelah mengikuti les salon, Bubah mengikuti acara bertajuk Jember Fashion Carnaval di mana ia bisa mendapatkan banyak ilmu tentang make up. Setelah itu ia memutuskan untuk kursus private di beberapa make up artist. Pada tahun 2009, dua salon telah sukses ia bangun di Jember.

2. Perjalanan yang tak mudah tetapi disyukuri

Setelah mendapatkan ilmu-ilmu mengenai make up, Bubah berhijrah ke Jakarta pada tahun 2011 untuk mengikuti beberapa lomba make up. Ia memenangkan banyak perlombaan dan uang hasil kemenangannya itu ia gunakan untuk menjadi modal hidup di Ibu Kota. Selain uang hasil perlombaan, Bubah juga menjual laptopnya untuk bekal di Jakarta. Bubah meniti karirnya mulai dari nol, di mana ia rela harus tinggal di kos-kosan yang berukuran kecil tanpa kipas angin dan dengan kasur yang sudah tak nyaman dipakai.

Tetapi, rasa syukur Bubah dan kemauannya untuk meraih mimpi lebih besar dan kuat sehingga ia bersungguh-sungguh mempelajari banyak hal sendiri. Mulai dari mencari sampai menemukan ilmu dan teknik baru dalam merias. Hasil tak menghianati proses, akhirnya Bubah berkecimpung di banyak majalah Indonesia untuk merias wajah dan rambut. Ia sudah merias banyak selebriti, seperti Raisa, Pevita Pearce, Nadya Hutagalung dan masih banyak deretan selebriti lainnya, bahkan selebriti Indonesia yang berhasil go international seperti Cinta Laura dan Agnez Mo. Tahun 2012 hingga 2013 merupakan tahun yang sibuk baginya, di mana ia hanya bisa libur 4 hari dalam satu tahun dan bekerja hampir 20 jam perhari. Karena selain merias wajah dan rambut, Bubah juga mengerjakan baju.

3. Merambah ke dunia Internasional

Dirasa mengerjakan beberapa hal sekaligus masih belum bisa ia lakukan dengan baik, Bubah akhirnya benar-benar fokus pada make up. Setelah ia kerja keras di Jakarta, Bubah mendapatkan kesempatan merias model American Next Top Model season 20 yang diadakan di Bali. Bukan hanya satu, tetapi seluruh model beserta jurinya. Rasa senang, haru dan bangga pasti menyelimuti hati Bubah. Setelah kerja kerasnya, ia bahkan bisa menjadi juri tamu di The Amazing Race USA yang saat itu peserta mendapatkan tantangan mengenai make up.

Tak hanya berhasil merias model luar negeri hingga menjadi juri, Bubah juga memenangkan penghargaan kategori Make Up Artist Favorite di Beauty Voyage Awards 2016. Selain mendapatkan hadiah-hadiah yang luar biasa, penghargaan tersebut sangat berpengaruh pada karir Bubah. Klien yang menginginkan jasa rias wajah Bubah semakin bertambah banyak.

4. Memiliki tips dan trik hingga sesukses sekarang

Sebagai make up artist, Bubah memiliki tips dan trik tersendiri dalam merias. Ia akan mengajak ngobrol kliennya untuk mengenal lebih dalam karakteristik dan kemauan klien kemudian memastikan untuk acara apa dan busana yang akan dikenakan klien tersebut. Setelah itu Bubah baru bisa mengira-ira tata rias wajah dan rambut seperti apa yang akan cocok untuk kliennya. Ia mengatakan bahwa satu teknik make up tidak selalu bisa diaplikasikan ke setiap karakter wajah klien.

Selain tips dan trik untuk merias, ia juga memiliki tips untuk dirinya hingga bisa menjadi sesukses sekarang. Mencintai pekerjaan adalah hal yang harus dilakukan, karena ketika menjalani pekerjaan dengan hati inspirasi-inspirasi akan lebih mudah muncul. Selalu bersyukur dan tak boleh mengeluh merupakan hal utama baginya yang selalu ia pegang teguh hingga sekarang. Tak heran jika kesuksesannya tak membuatnya sombong dan tetap ramah.

Walau sudah menjadi orang sukses, Bubah masih mengingat perjalanannya meniti karir mulai dari bawah hingga menjadi MUA terlaris sehingga ia tetap menjadi orang yang ramah dan rendah hati. Wah, patut ditiru nih! Next

Apakah Kamu Setuju?