Entertainment Film Seleb Indonesia

8 Fakta Perbedaan Film Ayat Ayat Cinta 2 dan Prekuelnya

Oleh -

Setelah berhasil meraih kesuksesan dalam menyuguhkan film Ayat Ayat Cinta, MD Pictures kembali menghasilkan sekuel film berjudul Ayat Ayat Cinta 2. Memang 10 tahun terakhir, Ayat Ayat Cinta berada di posisi ke-8 film dengan peraihan penonton terbanyak di Indonesia. Berjumlah lebih dari 3,6 juta penonton, Ayat Ayat Cinta juga menjadi film religi Indonesia nomor satu dengan penonton terbanyak.

Dengan suksesnya film Ayat Ayat Cinta yang pertama, membuat banyak penggemarnya penasaran akan sekuel filmnya. Walau sama-sama menceritakan tentang kisah Fahri, kedua film ini memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Diakui sendiri oleh sang pemeran utama yaitu Fedi Nuril, terdapat perbedaan-perbedaan yang ada pada film Ayat Ayat Cinta 2 (AAC 2) dan yang pertama. Nah, apa saja sih perbedaan-perbedaan itu? Yuk simak rangkuman berikut!

1. Aktris Pemeran Utama Berbeda

Seperti yang terlihat di posternya, tak ada wajah Rianti Cartwright yang pernah memerankan sosok Aisha di AAC yang pertama. Setelah menghilang tanpa kabar, sosok Aisha tergantikan oleh 3 karakter lain. Ketidakberadaan Rianti digantikan dengan munculnya 3 wanita cantik yaitu Chelsea Islan, Dewi Sandra dan Tatjana Saphira yang beradu peran dengan sang pemeran utama, Fedi Nuril.

2. Karakter-Karakter Baru

Terdapat karakter-karakter yang tentunya berbeda dengan film AAC pertama, seperti sosok Hulusi yang merupakan asisten Fahri diperankan oleh Pandji Pragiwaksono atau Misbah yang diperankan oleh Arie Untung. Selain itu, ada karakter-karakter yang diperankan oleh artis-artis senior Indonesia seperti Mathias Muchus, Dewi Irawan dan lainnya.

3. Lokasi Syuting Tak Lagi di Mesir

Ya, jika sebelumnya menceritakan kisah Fahri yang kuliah di kota Mesir, kali ini menceritakan Fahri yang berada di Edinburg, Skotlandia. Selain lokasi syuting yang berbeda, di film AAC 2 ini lebih menyorot Islamophobia di Eropa. Menceritakan Fahri yang tetap membantu tetangga-tetanganya walau berbeda agama.

4. Kisah Fahri Soal Jodoh

Menceritakan 7 tahun setelah kisah Fahri di AAC pertama, kini sosok Fahri lebih dewasa dan matang. Berbeda dengan 7 tahun lalu saat ia masih menjadi mahasiswa di Kairo, Mesir, di film AAC 2 ini Fahri telah berporfesi sebagai Profesor yang mengajar di Edinburg, Skotlandia.

6. AAC 2 Penuh Tantangan Bagi Dewi Sandra

Dewi Sandra berperan sebagai sosok Sabina yaitu seorang perempuan bercadar yang misterius. Berbanding terbalik dengan kepribadian Dewi yang sebenarnya ceplas-ceplos, Dewi harus berlatih keras untuk masuk dalam karakternya. Terlebih, ia harus berbicara dengan matanya yang harus ia latih habis-habisan agar bisa mengekspresikan berbagai ekspresi dari matanya.

7. Pengisi Soundtrack yang Hebat

Soundtrack lagu yang mengiringi berjalannya film AAC selalu dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi hebat Indonesia. Jika Rossa, Sherina, Ungu dan lainnya mengisi soundtrack lagu pada AAC pertama, kini Rossa kembali mengisi soundtrack lagu. Yang berbeda, ada Krisdayanti, Isyana Sarasvati, Raisa hingga Payung Teduh juga ikut mengisi soundtrack lagu AAC 2. Wah, perpaduan lagu-lagu dengan suara indah para penyanyi hebat ini pasti bisa membuat kita lebih menikmati saat menonton film AAC 2 ya.

8. Berganti Tangan Sutradara

Keahlian tangan Hanung Bramantyo sebagai sutradara memang mampu membawa kesuksesan untuk film AAC yang pertama. Tetapi pada ia tak lagi terlibat sebagai sutradara di film AAC 2. Manoj Punjabi sebagai produser film AAC 2 mempercayakan film ini pada tangan ahli Guntur Soejardjanto sebagai sutradara. Diyakini memiliki visi yang sama untuk membuat sekuel film AAC 2, Gunturlah yang menggarap film AAC 2.

Nah, itu tadi adalah fakta-fakta perbedaan film Ayat Ayat Cinta 2 dan pertamanya. Makin penasaran kan dengan film Ayat Ayat Cinta 2? Yuk tonton filmnya di bioskop! Next

Apakah Kamu Setuju?

next page