Musik Seleb Indonesia

Nggak Pake Goyang Seksi, 5 Pedangdut Ini Tetap Hits Hingga Sekarang

Oleh -

Bagai sayur tanpa garam, begitu lah istilah yang langsung teringat ketika melihat penyanyi dangdut yang tak bergoyang. Malah, kini makin banyak pendatang-pendatang baru di musik dangdut yang membawa serta goyangan khas masing-masing sehingga menjadi lebih mudah diingat. Sebut saja Inul Daratista dengan goyangan ngebornya, atau Zaskia Gotik dengan goyangan itiknya.

Namun, dulu musik dangdut pernah merajai musik tanah air meski tidak dibumbui goyangan seksi. Lagu-lagu dangdut jaman dulu memiliki lirik-lirik yang puitis, atau pun menghibur. Tak seperti lagu-lagu dangdut masa kini yang sarat dengan lirik-lirik nakal, serta goyangan yang menunjukkan aurat. Yuk, kita nostalgia dengan penyanyi-penyanyi dangdut senior yang masih hits hingga kini meski tanpa goyang erotis dan pakaian mini. Siapa saja?

1. Manis dengan Kumis

Iis Dahlia
Iis Dahlia

Iis Laeliyah, nama asli dari penyanyi dangdut senior yang dikenal dengan nama panggung Iis Dahlia. Penyanyi dangdut yang kini sudah menginjak usia 44 tahun ini sudah terjun ke dunia tarik suara tanah air sejak masih duduk di kelas 4 SD. Demi cita-cita tingginya, Iis meneruskan sekolahnya SMP-nya di Bandung sambil mengikuti les vokal. Iis Dahlia merupakan salah satu  penyanyi yang mengangkat dangdut, seperti Evie Tamala dan Cici Paramida. Lewat lagu Tamu Tak Diundang, Iis akhirnya menggebrak tanah air dengan suara magis dan kumis tipis yang membuatnya semakin manis.

2. Idola Sejati Olga Syahputra

Rita Sugiarto
Rita Sugiarto

Kalau ingat dengan komedian kesayangan, Almarhum Olga Syahputra, pasti ingat juga dengan kebiasaannya yang menyanyikan lagu-lagu dari bunda Rita Sugiarto. Olga memang pernah menjadi asisten dari Bunda Rita, karena itu lah Olga sangat mengagumi dan hapal lagu-lagu dari Bunda. Bunda Rita dikenal sebagai penyanyi yang mengiringi duet dengan Rhoma Irama di banyak film sejak tahun 1976. Dengan suara Bunda Rita yang sangat kuat dan khas, rasanya bunda Rita bahkan tak perlu berdiri untuk membuat performanya menarik di atas panggung. Hingga kini, Bunda Rita masih sangat hits dan mempunyai banyak penggemar dari berbagai kalangan.

3. Bunda Dangdut Legendaris

Hetty Koes Endang
Hetty Koes Endang

Siapa yang tak mengenal Hetty Koes Endang, penyanyi yang sudah lebih dari 30 tahun malang melintang di industri musik dangdut tanah air? Bahkan, hingga kini, wajah dan suara Bunda Hetty Koes Endang masih sering terlihat karena menjadi salah satu juri di kontes pemilihan penyanyi dangdut. Bunda Hetty mulai terjun menjadi salah satu penyanyi dangdut tanah air sejak tahun 1972. Dan di tahun 1977, Bunda Hetty sudah mewakili negara tercinta kita untuk bernyanyi di Tokyo dan meraih penghargaan sebagai “Most Outstanding Performance” dengan lagu yang berjudul Damai Tapi Gersang.

4. Masih Hits dengan Jatuh Bangunnya

Kristina Dangdut
Kristina Dangdut

“Jatuh bangun aku, mengejarmuuu.” Nah, lirik ini sudah pasti langsung mengirim ingatan kita pada pedangdut kalem, Kristina. Kristina sudah aktif di dunia entertainer di bidang musik dangdut ini sejak tahun 2002. Terhitung sudah 14 tahun Kristina berhasil mempertahankan posisinya sebagai salah satu pedangdut sukses bersuara super merdu meski tanpa bergoyang. Tak hanya menyanyi, Kristina juga sempat terjun ke dunia akting. Berbagai judul sinetron berhasil dibintangi penyanyi yang juga seorang janda ini. Ibunda Kristina yang belum lama meninggal sempat menyampaikan keinginannya, yaitu melihat Kristina menikah lagi dan hidup bahagia.

5. Lestari dengan Suara Serak-serak Merdunya

Erie Suzan
Erie Suzan

Erie Suzan, sudah menjadi penyanyi dangdut senior di usianya yang baru menginjak 37 tahun. Penyanyi yang lahir di Lamongan ini dikenal bersuara serak-serak merdu yang kemudian menjadi ciri khasnya. Sebelum menjadi penyanyi dangdut, Erie Suzan merupakan penyanyi pengiring pada konser artis-artis besar seperti Anggun C. Sasmi dan Slank, loh. Erie Suzan, penyanyi dangdut ini masih aktif bernyanyi hingga sekarang. Dari single Mabuk Duit yang berhasil membesarkan namanya di tahun 1993, hingga single Muara Kasih Bunda di tahun 2015 lalu. Wow!

6. Melegenda di Dua Negara

Iyeth Bustami
Iyeth Bustami

Laksamana Raja di Laut, merupakan lagu legendaris yang digemari meski sudah didengarkan lebih dari 13 tahun merupakan salah satu lagu dangdut melayu yang berhasil disukseskan oleh Iyeth Bustami. Tak hanya melegenda di tanah air, nama Iyeth juga sangat disayangi di Malaysia. Penyanyi yang baru saja ditinggal sang ibunda kembali ke Rahmatullah ini masih aktif bernyanyi hingga kini. Iyeth juga merupakan salah satu juri dalam ajang pemilihan penyanyi dangdut berkualitas bersama dengan Hetty Koes Endang dan Inul Daratista.

Nah, para penyanyi dangdut senior di atas merupakan bukti bahwa meski tanpa goyangan erotis, penyanyi dangdut-dangdut tersebut masih bisa mempertahankan karirnya di industri musik tanah air. Hal ini bisa dijadikan pelajaran nih bagi penyanyi dangdut baru yang hanya mengandalkan goyangan daripada suara menawan. Bagaimana, setuju kan? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page