Seleb Indonesia

Deretan Penyanyi Dangdut yang Berasal dari Luar Negeri

Oleh -

Dangdut sudah bukan lagi musik kampungan. Seiring dengan berjalannya waktu, musik yang sebagian berasal dari Hindustan, Melayu, dan Arab tersebut mulai kembali menguasai hiburan tanah air. Terbukti dengan banyaknya saluran televisi yang menyajikan program pencarian insan yang bakat dalam menyanyikan lagu dangdut.

Tak hanya populer di kalangan masyarakat Indonesia, orang luar negeri pun mengaku bangga bisa membawakan musik dangdut. Meski masih belepotan saat mengucapkan kata dalam Bahasa Indonesia, namun mereka tetap pede bernyanyi dengan diiringi musik yang khas dengan kendang tersebut. Simak yuk!

1. Alina Saraswati (Rusia)

Cantik, tinggi, dan mempesona. Siapa sangka jika artis dan model asal Rusia, Alina Salimgareeva atau Alina Saraswati ternyata penyuka musik dangdut. Saking sukanya, Alina bahkan rela mengembangkan profesinya menjadi penyanyi dangdut dengan meluncurkan single perdana “Pengen Kawin” bulan April lalu.

Alina Saraswati
Alina Saraswati

Aku lulusan Bashkir Economic College of Law Rusia tersebut, ia menjadi penyanyi dangdut lantaran suka joget dan tidak bisa menahan untuk bergoyang saat mendengarkan musik. Butuh waktu setahun, Alina belajar melatih diri menyanyikan lagu-lagu dangdut Indonesia hingga keluarlah single koplo yang dikombinasikan dengan musik upbeat. Ditambah lagi, Alina mengenakan busana kebaya saat tampil di atas panggung.

2. Arreal Tilghman (Amerika)

Dilihat dari gaya dan penampilannya, Arreal Tilghman nampak seperti rapper yang suka membawakan musik nge-beat. Akan tetapi, Arreal bukan berasal dari aliran musik rap melainkan seorang penyanyi se-aliran Didi Kempot. Arreal merupakan warga negara Amerika Serikat pertama yang menyanyikan lagu dangdut setelah terpilih sebagai juara di ajang kompetisi “Dangdut in America”.

Arreal Tilghman
Arreal Tilghman

Di mata Arreal Tilghman, dangdut merupakan musik yang istimewa. Ia bahkan sempat tinggal di Indonesia tahun 2008 lalu dalam rangka membuat album dangdut debutnya yang akan diluncurkan di Amerika Serikat dan Indonesia. Arreal bahkan dicatat sebagai rekor baru oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). Salah satu lagunya dalam Bahasa Indonesia berjudul Duhai Kekasih.

3. Hwang Woo Joong (Korea)

Hwang Woo Joong sempat menghebohkan jagat hiburan tanah air. Pasalnya, pria asal Korea Selatan tersebut membuat gebrakan dengan merilis single dan klip dangdut yang jenaka berjudul Mama Papa. Tak hanya menyanyi lagu dangdut, Hwang Woo Joong bahkan mengubah namanya menjadi Ricky Ujung yang memperkenalkan goyang ujung.

Hwang Woo Joong atau Ricky Ujung
Hwang Woo Joong atau Ricky Ujung

Beda dengan Arreal Tilghman, sosok yang mengaku mengidolakan Rhoma Irama tersebut membuat klip di negara asalnya dengan konsep gila-gilaan seperti ‘Gangnam Style’ . Single yang dirilisnya pun kental dengan nuansa dangdut modern. Ditambah lagi, liriknya diubah dengan kata-kata yang lucu dan ringan yang membuat pendengarnya tertawa geli.

4. Juminem Pierre (Perancis)

Apakah Kamu Setuju?

next page