January 5, 2024

Kalian yang lahir pada tahun 90-an pasti masih ingat banyaknya penyanyi cilik waktu itu. Dengan gaya yang imut-imut dan lirik yang menceritakan kisah anak-anak. Tidak seperti sekarang, jarang banget bahkan hampir tidak ada penyanyi cilik dengan gaya yang memang masih anak-anak dan lirik lagu yang “wajar”. Kebanyakan anak-anak jaman sekarang lebih sering ikut menyanyikan lagu dari penyanyi dewasa dan bertema percintaan. Seiring berjalannya waktu, penyanyi-penyanyi cilik tahun 90-an pastinya sudah semakin beranjak dewasa. Bahkan sudah nggak sedikit lagi yang sudah punya keluarga lho. Yuk kita simak transformasi penyanyi-penyanyi cilik tahun 90-an!

1. Joshua Suherman

Pasti nggak asing deh dengan lirik lagu “diobok-obok airnya diobok-obok” yang dibawakan Joshua tahun 1999. Sebelum lagu “diobok-obok” yang berjudul Air keluar, Joshua sudah beberapa kali merilis album seperti Cit Cit Cuit pada tahun 1995. Selain penyanyi cilik, wajah Jojo, panggilan akrab Joshua, sering wira-wiri di layar kaca televisi Indonesia. Masih ingat sinetron Anak Ajaib? Yap! Selain terkenal berperan sebagai robot, lagu pengantar pembuka sinetron Anak Ajaib yang dibawakan Joshua dengan sedikit medhok itu juga tenar dikalangan anak-anak pada waktu itu. Selain di layar kaca, Joshua juga melebarkan sayapnya di layar lebar dengan film pertamanya Joshua Oh Joshua, berperan menjadi anak yang hilang dan dicari kedua orangtuanya.

Setelah dewasa, Joshua bersama beberapa selebriti mantan penyanyi cilik merilis lagu Selamatkan Lagu Anak di akun Youtube Save Lagu Anak. Selain itu, Joshua juga masih konsisten di dunia akting. Beberapa judul film masih membawa nama Joshua, seperti Gila Jiwa the Movie. Selain masih ada di dunia perfilman, Joshua juga menjadi presenter, komedian, bintang iklan dan juga punya akun Youtube pribadi. Akun Youtube yang dikelola Joshua lebih memfokuskan pada kehidupan sehari-hari dan terkadang tentang kelucuan-kelucuan dia saat melakukan Stand-Up Comedy. Sstt, sekarang Joshua lagi demen K-Pop loh. Joshua sampai rela berburu merchandise di Seoul, Korea Selatan!

2. Tasya Kamila

Seperti Joshua, Tasya Kamila juga dikenang dengan lirik lagu yang pernah ia bawakan, “libur telah tiba, libur telah tiba, Hore!”. Nama cewek kelahiran 22 November 1992 ini dikenal sejak merilis album pertamanya Libur Telah Tiba pada tahun 2000. Setelah merilis album pertamanya, tahun-tahun berikutnya Tasya juga merilis album-album yang selalu diminati oleh anak-anak pada jamannya. Ketika memasuki masa remaja, selebriti bernama lengkap Shafa Tasya Kamila ini masih merilis album. Album remaja pertamanya yang berjudul Beranjak Dewasa dirilis tahun 2012 ketika Tasya hampir memasuki kepala dua. Beberapa judul sinetron, film dan sitkom pun pernah dibintanginya seperti sinetron berjudul Tasya. Dari sinetron bertema petualangan ini, Tasya bersama 3 boneka yang bisa “hidup” itu meninggalkan kenangan yang berharga bagi anak-anak pada tahun 90-an.

Beberapa tahun berlalu, kini Tasya bukan lagi penyanyi cilik yang menggemaskan melainkan selebriti yang cantik dan cerdas. Pada tahun 2010 Tasya menempuh pendidikan jenjang S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Setelah itu, Tasya melanjutkan kuliah S2 School of International and Public Affairs (SIPA), Columbia University, New York melalui beasiswa LPDP. Beberapa kegiatannya di New York ia rekam dan unggah di akun Youtube pribadinya. Bahkan Tasya memberikan tips-tips agar bisa mendapatkan beasiswa seperti dirinya. Sudah cantik, bersuara merdu, cerdas, baik hati pula mau berbagi!

3. Tina Toon

Mantan penyanyi cilik dengan nama lahir Agustina Hermanto ini lebih dikenal dengan nama panggungnya yaitu Tina Toon. Kesuksesan Tina Toon berawal ketika ia merilis album Bolo-Bolo pada tahun 1999 yang langsung laku di pasaran. Setelah itu, Tina Toon terus mengeluarkan album setiap tahunnya sampai pada album Arti Bolo-Bolo di tahun 2003. Tina membawa suara indahnya di layar lebar yaitu film Tina Toon dan Lenong Bocah yang sesekali memperlihatkan goyangan leher khas Tina. Dalam film pertamanya, Tina menjadi gadis kecil miskin yang nantinya akan sukses menjadi penyanyi.

Sama seperti Tasya, ketika Tina Toon memasuki umur 15 tahun ia merilis album berjudul I Love Music. Tina Toon juga pernah menjadi anggota girlband Indonesia dengan nama panggung Tina With D’Girls dengan 5 orang anggota lainnya. Ketika sudah remaja pun, wajah Tina masih ada di layar kaca dengan film berjudul Cinta Dalam Kardus, berperan menjadi salah satu dari 21 mantan Raditya Dika. Penampilan Tina Toon jelas terlihat berbeda. Jika dulu Tina khas dikenal dengan pipi tembem yang lucu, kini Tina adalah perempuan yang ramping semampai. Mengintip akun Youtube Tina Toon, dia memang diet dan membagikan resep-resep dietnya di akun Youtube tersebut. Selain membagi resep diet, Tina juga mengunggah penampilan Tina ketika membawakan lagu-lagu sewaktu ia kecil. Di sela aktifitasnya, selebriti kelahiran tahun 1993 ini masih mementingkan pendidikan dengan meraih S2 Magister Ilmu Hukum Universitas Tarumanegara. Tina mendapatkan IPK yang bagus saat baru lulus awal tahun 2017 kemarin.

4. Sherina Munaf

Nama penyanyi yang dikenal dengan lagu Andai Aku Besar Nanti ini pasti masih melekat diingatan kalian yang lahir di tahun 90-an.  Album yang dirilis pada tahun 1999 ini mengawali karir Sherina dalam industri musik, mengantarkannya pada album-album yang dirilisnya di tahun-tahun berikutnya. Bahkan Sherina pernah berkolaborasi dengan vocal grup ternama Westlife dengan lagu berjudul I Have a Dream. Dunia akting juga pernah dirambah olehnya melalui film Petualangan Sherina. Film ini merupakan film anak legendaris bertema musikal yang menceritakan petualangan Sherina dan Derby Romero. Lagu-lagu yang dibawakan Sherina dalam film tersebut masuk album berjudul Petualangan Sherina.

Sherina masih berkecimpungan di industri musik setelah tidak lagi menjadi penyanyi cilik. Selain merilis single-single bertajuk cinta, Sherina juga mengisi soundtrack film Ayat Ayat Cinta dan Laskar Pelangi. Satu kebanggaan bertambah dari penyanyi lulusan Sekolah Bahasa Jepang, Kudan, ini. Sherina dipercaya menyanyikan sebuah lagu untuk TVC yang dikerjakan oleh Studio Ghibli dan disiarkan di Jepang. Suara Sherina melantun indah dalam lagu berbahasa Jepang dengan judul Niwa No Chigusa atau The Last Rose of Summer. Tidak berhenti sampai disitu, Sherina ternyata ingin kembali ke dunia perfilman. Setelah vakum selama 17 tahun sejak film Petualangan Sherina, penyanyi kelahiran tahun 1999 ini akan terlibat dalam remake film Wiro Sableng yang diperkirakan akan tayang tahun 2018 kelak.

5. Maissy

Pramaisshela Arinda Daryono dikenal sebagai penyanyi cilik dengan nama panggun Maissy. Mantan penyanyi cilik kelahiran 23 Maret 1990 ini telah mengeluarkan banyak album, seperti Anak Indonesia dan Si Kuman Nakal. Nama Maissy semakin dikenal dengan albumnya Ci Luk Baa yang sangat digemari anak-anak. Penyanyi top pada jamannya ini melebarkan sayapnya dengan menjadi host di acara bernama Ci Luk Baa. Dalam acara tersebut, Maissy memperlihatkan pada penonton tentang kegiatannya sehari-hari. Karirnya sebagai host Ci Luk Baa bertahan hingga 5 tahun sejak 1997. Maissy dulunya juga pernah membintangi sinetron berjudul Melati Putih yang tayang pada tahun 2003. Soundtrack sinetron tersebut diambil dari salah satu lagu Maissy yaitu Melati Putih.

Setelah lama tidak muncul di layar kaca Indonesia, Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini ternyata sudah menikah dengan Riky Febriansyah Saleh pada 31 Januari 2014 lalu.  Dengan Riki, yang dulunya teman satu kampusnya, Maissy telah dikaruniai anak. Tidak seperti mantan penyanyi cilik yang sudah disebutkan tadi, Maissy kini lebih fokus pada karirnya sebagai dokter dan menjadi istri sekaligus ibu.

6. Trio Kwek Kwek

Vokal grup beranggotakan dua orang perempuan dan satu orang laki-laki ini booming namanya sebagai penyanyi cilik tahun 90-an. Suara apik Leony Vitria Hartanti, Dhea Ananda dan Alfandy berhasil menyedot perhatian anak-anak pada waktu itu. Lagu-lagu yang diciptakan oleh pencipta lagu anak Papa T. Bob, selalu disukai dan dinikmati. Total ada 6 album utama yang telah dirilis atas nama Trio Kwek Kwek mulai dari tahun 1993 sampai 2001. Sayangnya, pada tahun 2001 Trio Kwek Kwek bubar karena umur anggotanya yang semakin beranjak dewasa. Kini ketiga anggota Trio Kwek Kwek fokus pada karirnya masing-masing.

Dhea Ananda masih aktif di dunia hiburan Indonesia dengan bermain di berbagai judul film dan sinetron. Selebriti kelahiran tahun 1986 ini telah menikah dengan Ariel Harsya (Nidji) pada 9 Agustus 2009 silam. Leony yang pernah berperan di sinetron Anak Ajaib juga masih aktif nampang di pertelevisian Indonesia dengan berderet-deret judul sinetron dan film. Dhea dan Leony kini berkolaborasi bersama Joshua dan mantan penyanyi-penyayi cilik lainnya di Selamatkan Lagu Anak. Berbeda dengan Leony  dan Dhea, saat ini Alfandy jarang dijumpai di layar kaca Indonesia. Alfandy sendiri sekarang lebih memfokuskan diri pada karirnya sebagai Ahli Spesialis Saraf. Pada tahun 2016 lalu, ketiga anggota Trio Kwek Kwek melakukan reuni kecil-kecilan yang menimbulkan kerinduan pada penggemar Trio Kwek Kwek.

7. Sulis

Tidak seperti keenam penyanyi cilik yang sudah disebutkan tadi, Sulistyowati atau dikenal dengan nama Sulis adalah penyanyi cilik yang menyanyikan lagu anak bertema religius. Nama Sulis langsung dikenal masyarakat luas setelah duet bersama Hadad Alwi, membawakan lagu shalawat Nabi. Sudah lebih dari sepuluh album dihasilkan Sulis, bahkan ketika Sulis beranjak remaja. Sulis pernah berperan dalam sinetron Cinta 2020 pada tahun 2006 dan film Baik-Baik Sayang bersama Wali Band pada tahun 2011.

Setelah lama tidak muncul di pertelevisian Indonesia, ternyata Sulis sudah menikah dengan pria bernama Alfin Febryan pada 2014 lalu. Perempuan kelahiran tahun 1990 ini sekarang sedang mengurusi sekolah dan mendirikan butik hijab. Di sela-sela kesibukannya, Sulis mengaku masih bernyanyi, seperti yang dilansir dari tribunnews.com.

Mereka adalah sebagian dari mantan penyanyi cilik tahun 90-an. Jadi kangen mendengarkan lagu anak yang ceria dan penuh suka cita. Nah, siapa penyanyi cilik yang paling membekas dihati kalian?..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *