Seleb Indonesia

Hati-hati, 5 Artis Ini Namanya Pernah Dipakai untuk Penipuan

Oleh -

Salah satu keuntungan menjadi public figure, khususnya artis adalah popularitas yang didapat. Dikenal di mana-mana kadang memang menguntungkan dan memudahkan. Khususnya bagi artis yang berbisnis. Dengan menggunakan nama besar keartisannya, bisnis si artis sudah mendapat perhatian tanpa perlu melakukan promosi yang macam-macam.

Namun, ternyata tak hanya menjadi keuntungan, nama besar keartisan ternyata juga bisa membawa kerugian bagi si artis. Tak sedikit pihak tak bertanggung jawab yang namanya dicatut untuk bisa lebih menjaring calon korban, lalu menipunya. Ini dia sederetan artis yang namanya pernah digunakan berbagai pihak untuk melakukan penipuan. Siapa saja, ya?

1. Manfaatkan Nama Artis yang Sedang Sakit

Yana Zein
Yana Zein

Masih segar di ingatan, nama Yana Zein tiba-tiba ramai diperbincangkan. Yap, ternyata senasib dengan Julia Perez juga Ria Irawan, pemain sinetron kawakan, Yana Zein juga harus menghadapi kenyataan bahwa dirinya mengidap kanker. Dropnya kesehatan Yana Zein membuat para artis menjadi tergerak hatinya. Artis-artis yang pernah bermain bersama dalam satu judul sinetron pun ramai-ramai mengumumkan kabar Yana, dan memohon bantuan karena memang aktris satu ini sudah kehabisan dana. Rupanya ada pihak yang mengambil keuntungan dari kondisi tak mengenakkan ini. Banyak bermunculan akun-akun palsu yang meminta sumbangan untuk Yana, dan menyertakan nomor rekening yang lain. Jahat banget, ya.

2. Si Cantik yang Jual Tas untuk Amal

Penipuan pakai nama Sandra Dewi
Penipuan pakai nama Sandra Dewi

Si cantik pengantin baru, Sandra Dewi ini juga mengalami hal yang tak jauh beda. Ada akun facebook palsu yang menggunakan namanya untuk berjualan tas. Dengen memajang tas dengan brand Hermes, akun yang mengatas namakan Sandra Dewi tersebut menyatakan bahwa penjualan tas sebesar 15 juta rupiah tersebut akan disumbangkan pada Julia Perez. Cici Sandra Dewi langsung mengklarifikasi hal tersebut lewat sosial medianya. Sandra Dewi juga menghimbau kepada para followernya agar lebih hati-hati dan tak mudah percaya kepada akun-akun yang mengatasnamakan dirinya, juga nama artis-artis lainnya.

3. Namanya Dicatut dan Minta Sumbangan

Yuni Shara
Yuni Shara

Penyanyi cantik berwajah mungil, Yuni Shara juga sempat mengalami hal tak mengenakkan yang serupa. Nama dan fotonya digunakan untuk meminta  sumbangan. Penipu tersebut membuat akun Facebook dengan nama dan foto dari Yuni Shara. Akun tersebut pun menyapa wanita-wanita Indonesia yang bekerja di luar negeri. Dengan dalih meminta sumbangan untuk anak-anak, penipu tersebut meminta uang dikirim lewat Western Union. Awalnya akun tersebut banyak mendapat respon, bahkan ada yang menawarkan akan mengadakan lelang jam dan tas, yang hasilnya akan disumbangkan. Beruntung Yuni Shara langsung mengklarifikasi bahwa dirinya tak memiliki akun Facebook, juga Twitter, sehingga tak ada lagi korban yang lain.

4. Ngeri, Nama Artis Ini Disalahgunakan Pedofil

Melaney Ricardo
Melaney Ricardo

Melanie Ricardo harus berurusan dengan seseorang yang lebih buruk dari penipu. Tak hanya sekali, namanya digunakan untuk membuat akun Facebook dan mengadakan Kuis yang meminta orang-orang mengirimkan foto anak-anak mereka yang telanjang, dengan iming-iming hadiah sebanyak 800 juta rupiah. Pelaku ini dinilai sebagai pedofil, yaitu seseorang yang memiliki kelainan seksual. Sempat memberi peringatan pada teman-teman yang memiliki anak kecil, rupanya penipu masih belum kapok dan muncul dengan akun baru. Melanie pun mengambil tindakan tegas dan melaporkan admin dari akun yang menggunakan namanya tersebut.

5. Gunakan Nama dan Fotonya Untuk Cari Jodoh

Lilis Karlina
Lilis Karlina

Pecinta musik dangdut pasti nggak asing dengan nama Lilis Karlina. Baru-baru ini, Lilis mengaku mendapat laporan dari beberapa temannya tentang akun Facebook yang menggunakan namanya. Lucunya, bukan melakukan penipuan masalah materi, namun lebih ke mencari jodoh. ¬†“Kayak di facebook dia pakai foto sama nama aku. Dia mintain nomor telepon di inbox. Yaudah pas dapat, dia langsung WhatsApp tuh mereka. Dia telepon untuk ngajakin ketemu, ngajakin pacaran dan malah kadang ngajakin nikah,” jelas Lilis Karlina. Meski begitu, Lilis tetap merasa khawatir jika sampai ada yang dirugikan secara materi dengan memakai namanya. Lilis memang sudah mengumpulkan bukti-bukti, namun belum berencana untuk melaporkan pemilik akun.

Nah, sudah lihat kan, ternyata kita semua harus hati-hati pada permintaan sumbangan atau akun yang menggunakan artis. Coba cek centang birunya, deh. Bagaimana, apa kamu salah satu korbannya? Next

Apakah Kamu Setuju?