Film Seleb Indonesia

Siapa Saja Jadi Bintang di Festival Film Indonesia 2016? Yuk, Simak Deretannya

Oleh -

Sebagai insan perfilman, Festival Film Indonesia merupakan ajang penghargaan yang paling ditunggu-tunggu. Festival Film Indonesia merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman Indonesia. Ajang penghargaan yang satu ini awalnya digelar pada tahun 1955, dan baru rutin diadakan sejak tahun 1973. Namun, di tahun 1992 Festival Film Indonesia sempat ditiadakan hingga akhirnya kembali digelar di tahun 2004.

Festival Film Indonesia 2016 merupakan ajang yang ke 38 dan mengangkat tema Restorasi. Ajang ini sebelumnya sempat direncanakan akan digelar di Papua. Namun, menimbang besarnya biaya yang diperlukan, maka ajang ini memilih Jakarta sebagai lokasi acara. Festival Film Indonesia 2016 digelar pada tanggal 6 November 2016 di Taman Ismail Marzuki dan dibawakan oleh Pandji, didampingi Ernest. Lantas, siapa saja yang jadi bintang di dalam acara Festival Film Indonesia 2016 kemarin?

1. Raja Film Indonesia

Reza Rahardian sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik
Reza Rahardian sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik

Rasanya sudah bukan rahasia kalau Reza Rahardian berhasil mensukseskan setiap film yang dibintanginya. Untuk urusan berakting, kemampuan Reza sudah tak perlu dipertanyakan. Kali ini, Reza Rahardian kembali membawa pulang Piala Citra sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2016 untuk perannya sebagai Boss di My Stupid Boss, yang dimainkannya dengan Bunga Citra Lestari.

2. Tawa Bahagia Cut Mini

Cut Mini sebagai Pemeran Wanita Utama Terbaik
Cut Mini sebagai Pemeran Wanita Utama Terbaik

Nama Cut Mini mulai benar-benar dikenal luas saat berhasil berperan apik dalam film layar lebar Arisan. Setelah itu, tawaran bermain film dengan tuntutan bermain berbagai karakter pun diterimanya. Rupanya, perannya dalam film Athirah sebagai ibu dari Jusuf Kalla berhasil mengantarkan Cut Mini membawa pulang Piala Citra sebagi Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2016.

3. Sempat Ingin Berhenti Main Film

Alex Abbad sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik
Alex Abbad sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik

Aktor berdarah Arab yang satu ini, Alex Abbad sama sekali tak menyangka bahwa dirinya akan membawa pulang satu Piala Citra yang diidamkan oleh semua insan perfilman di tanah air. Alex Abbad mengawali karirnya sebagi VJ MTV yang kemudian juga jatuh cinta dengan dunia peran. Alex mengaku dirinya sempat berniat untuk berhenti berakting. Untung saja niat untuk berhenti berakting tak jadi dilanjutkannya. Alex berhasil menyabet posisi sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik atas perannya sebagai suami Bunga Citra Lestari dalam film My Stupid Boss.

4. Memang Jagonya Bikin Lagu

Melly dan Anto Hoed sebagai Penata Musik Terbaik
Melly dan Anto Hoed sebagai Penata Musik Terbaik

Sudah bukan rahasia lagi kalau lagu yang lahir dari tangan seorang Melly Goeslaw akan menjadi karya yang hits dan berumur panjang. Banyak lagu-lagu karya Melly, baik yang diciptakannya untuk seorang penyanyi, maupun untuk sebuah film, tetap diputar meski sudah berumur puluhan tahun. Kali ini, Melly dan Anto Hoed berhasil membawa pulang Piala Citra karena terpilih sebagai Penata Musik Terbaik karena lagu-lagu yang diciptakan untuk film Ada Apa Dengan Cinta 2.

5. Akhirnya, Jadi Sutradara Terbaik Se-Indonesia

Riri Reza sebagai Sutradara Terbaik
Riri Reza sebagai Sutradara Terbaik

Akhirnya, setelah sekian lama, Riri Reza berhasil kembali terpilih sebagai Sutradara Terbaik. Seperti yang diketahui, sebelumnya Riri membawa pulang Piala Citra kategori Sutradara Terbaik di tahun 2005. Tahun ini, lewat karyanya mengabadikan kehidupan seorang Jusuf Kalla dalam sebuah film berjudul Athirah, Riri Reza kembali menjadi Sutradara terbaik dalam Festival Film Indonesia 2016.

6. Penghargaan Seumur Hidup

Christine Hakim sebagai Lifetime Achievment
Christine Hakim sebagai Lifetime Achievment

Rasanya sudah tak terhitung film-film yang berhasil disukseskan oleh aktris senior yang masih cantik di usianya yang sudah mencapai 59 tahun ini. Christine Hakim sudah bermain film sejak tahun 1973, dan langsung menyabet predikat sebagai Aktris Terbaik lewat film pertamanya, Cinta Pertama. Dan hingga kini, sudah 43 tahun Christine Hakim mendukung perfilman Indonesia. Dengan ini, Festival Film Indonesia menghadiahi Christine Hakim sebuah Piala Citra dengan Lifetime Achievment.

Baca Juga: Ini Dia 5 Film Indonesia yang Bercerita Tentang Indahnya Persahabatan. Wajib Tonton!

Festival Film Indonesia 2016, memutuskan bahwa Athirah, yang bercerita tentang kehidupan masa kecil Jusuf Kalla ini menjadi Film Terbaik. Wah, selamat untuk para pemenang, ya. Dan yang pasti tonton terus Film Indonesia! Setuju, kan? Next

Apakah Kamu Setuju?