Seleb Indonesia

Nostalgia Para Pemain Lenong Rumpi Yang Populer Tahun 90an

Oleh -

Tidakkah Anda merasa rindu dengan tayangan televisi tahun 90an? Tak bisa dipungkiri jika dibanding tayangan masa kini, program-program tahun 90an menyuguhkan hal yang lebih menarik dan kreatif. Salah satunya adalah drama komedi yang bertajuk Lenong Rumpi besutan Sutradara Yazman Yazid.

Sukses dengan Lenong Rumpi 1, Yazman Yazid dengan didukung oleh para pemain Lenong Rumpi merilis kembali film Leong Rumpi 2. Tak hanya itu, kelompok komedian tersebut juga dipercaya mengisi acara tetap di salah satu TV nasional. Berikut ini adalah beberapa nama pemain Lenong Rumpi yang populer.

1. Harry de Fretes

Pria kelahiran Hannover, 24 September 1967 tersebut adalah orang yang merintis terbentuknya Lenong Rumpi pada tahun 1991. Sejak perannya di drama tersebut, nama Boim yang ia perankan lebih melekat pada dirinya. Aktor berbadan tambun itu memang jarang tampil lagi di layar kaca saat ini. Tapi ia mengaku masih ingin membintangi sejumlah film layar lebar.

Harry de Fretes
Harry de Fretes [image source]
Beberapa judul film yang pernah ia bintangi di antaranya yaitu Lenong Rumpi II (1992), Ngebut Kawin (2010) dan Crazy Love (2013). Sedangkan untuk sinetron, Harry juga membintangi beberapa judul yaitu Calon Bini (2011), Tikus Kucing Mencari Cinta Lagi (2012), 3 Semprul Mengejar Surga (2013) dan Emak Ijah Pengen Ke Mekah. Sekitar tahun 1996 silam bersama dengan Eno Sigit Harry de Fretes mengeluarkan single berjudul Jatuh Cinta. Sayang, lagu tersebut tak terlalu laku di pasaran tapi soal akting jangan ditanya lagi, Harry jagonya.

2. Debby Sahertian

Debby Sahertian juga mulai populer dan mendapatkan tempat di hati para penonton sejak ia bergabung dengan Lenong Rumpi. Bersama teman-temannya ia menampilkan komedi-komedi khas Betawi yang saat itu menjadi tren anak muda. Bahkan ia juga tetap menemani Lenong Rumpi mulai dari hanya kelompok komedi panggung, hingga merambah ke layar lebar dan acara televisi.

Debby Sahertian
Debby Sahertian [via instagram]
Debby memang mengaku sangat menggemari lenong sejak kecil. Beruntung, berkat peran dalam Lenong Rumpi, Debby dikenal luas dan dipercaya membintangi beberapa judul sinetron seperti Keluarga Van Danoe, Saling Silang, Pesta Besar, Hitam dan Putih, Gengsi Gede-Gedean dan Rocker Geto Loch. Saat ini Debby tengah sibuk dengan profesinya sebagai seorang sutradara.

3. Ira Wibowo

Ira wibowo adalah artis yang sudah menekuni dunia akting sejak tahun 1984 lewat filmnya yang berjudul Pencuri Cinta jauh sebelum Lenong Rumpi digagas oleh Harry de Frates. Bergabung dalam film Lenong Rumpi membuat namanya kian melejit tawaran untuk bermain film terus saja datang kepadanya. Sampai saat ini, Ira Wibowo setidaknya telah membintangi lebih dari 35 judul film.

Ira Wibowo
Ira Wibowo [via instagram]
Peranya yang cukup terkenal dalam film Lenong Rumpi 2 adalah saat ia menjadi anak dari Boim (Harry de Frates) dan terlibat percintaan dengan anak dari karakter Marlena. Selain Ira Wibowo, film tersebut juga dibintangi Titi Dwijayati dan Debby Sahertian.

4. Ade Juwita

Ade Juwita memang berbadan kekar tapi setiap kali tampil di layar kaca ia selalu muncul dengan gaya feminim seperti perempuan. Dalam film Lenong Rumpi 2, Ade memerankan karakter juwita, tukang sayur yang bekerja di salon milik Marlena (Debby Sahertian). Setelah perannya dalam Lenong Rumpi namanya kian tenggelam dan jarang sekali tampil di layar kaca.

Ade Juwita
Ade Juwita [image source]
Kini gaya centil Ade hanya tinggal kenangan, karena laki-laki yang berasal dari Papua tersebut telah meinggal dunia. Ade meninggal Jumat pagi tadi tanggal 06 November 2015 karena penyakit maag kronis dan kelenjar getah bening.

Itulah empat pemeran Lenong Rumpi yang sempat populer di tahun 90an. Meninggalnya salah satu pemeran Lenong Rumpi yaitu Ade Juwita tentu membuat teman-teman serta para penggemarnya merasa kehilangan. Tanpa Ade, Lenong Rumpi pasti akan berbeda. Selamat Jalan Ade Juwita, semoga engkau tenang di sana. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page