Musik

5 Pedangdut Legendaris yang Karya dan Kemampuannya Masih Belum Terkalahkan

Oleh -

Terlepas dari segala stigma yang melekat pada dangdut, kita harus sangat bangga lho pada jenis musik satu ini. Alasannya tak lain karena dangdut adalah musik asli Indonesia. Meskipun pada perkembangannya dipengaruhi banyak hal. Berbicara soal perkembangan dangdut, makin ke sini musik khas berirama gendang itu semakin dikenal di dunia.

Tentu musik dangdut bisa sebesar ini tidak dengan sendirinya melainkan ada sebuah usaha keras di baliknya. Dan para musisi zaman dulu lah yang memungkinkan dangdut bisa begitu. Karya dan pamor mereka sangat berjasa membuat musik ini dikenal. Begitu fenomenalnya mereka, sampai-sampai musisi dangdut zaman sekarang pun masih belum bisa melampauinya.

Lalu, siapa-siapa saja para musisi dangdut yang bisa dikatakan berjasa bagi musik berirama melayu ini? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

1. Muhammad Mashabi

Muhammad Mashabi
Muhammad Mashabi

Para penikmat dangdut sekarang pasti jarang mendengar nama Muhammad Mashabi. Padahal beliau ini bisa dikatakan sebagai perintisnya dangdut. Mashabi sendiri terkenal di tahun 50-60an dengan musik dangdutnya yang lebih modern, setelah sebelumnya beliau merombak musik Melayu yang saklek dan kaku. Beberapa karyanya cukup dikenal lho bahkan sangat familiar di telinga kita, misalnya Renungkanlah, Kecewa yang dipopulerkan Iis Dahlia, serta Ratapan Anak Tiri. Meskipun hanya sebentar sekali mengurusi dangdut karena beliau meninggal muda, tapi sumbangsihnya tetap tak tergantikan.

2. Husein Bawafie

Salah satu karya Husein Bawafie
Salah satu karya Husein Bawafie

Sangat sedikit informasi tentang Husein Bawafie, padahal beliau ini juga bisa dianggap sebagai perintis dangdut. Bersama Mashabi dkk, Bawafie sukses membawa dangdut ke arah yang lebih modern lagi. Terutama soal musik serta lirik-lirik yang lebih dinamis. Soal karya, beliau ini juga luar biasa lho. Tercatat setidaknya ada 200an lagu yang beliau sudah ciptakan. Husein Bawafie sendiri juga memimpin sebuah orkes melayu di mana beberapa penyanyinya sangat fenomenal, macam Elvy Sukaesih serta Ellya Khadam.

3. Rhoma Irama

Rhoma Irama
Rhoma Irama

Sebutan maestro dangdut yang melekat pada Rhoma Irama jelas bukan tanpa alasan. Ya, sosok satu ini memang sukses membawa dangdut versi lama ala Mashabi dkk, ke model yang lebih baru. Di masanya lah instrumen modern macam gitar listrik dimasukkan. Berbicara soal karya, jelas Bang Haji sangat berjasa besar. Beliau ini sudah membuat hampir sekitar seribuan lagu yang terbagi menjadi banyak album. Rata-rata lagunya juga masih sering dibawakan sampai sekarang. Atas karyanya, Bang Haji juga sudah sering sekali mendapatkan penghargaan, termasuk dari luar negeri.

4. Elvy Sukaesih

Elvy Sukaesih
Elvy Sukaesih

Berbicara musisi dangdut wanita paling fenomenal, jelas jawabannya adalah Elvy Sukaesih. Sumbangsih wanita asal Sumedang ini juga luar biasa kalau dilihat dari karya dan kiprahnya. Makanya, tak heran kalau kemudian beliau dijuluki sebagai Ratu Dangdut. Beberapa karyanya masih menggema sampai hari ini, semisal Gadis atau Janda, Gula-Gula, sampai Cubit-Cubitan. Tak hanya sebagai musisi dangdut, beliau ini juga main film. Jumlahnya sendiri cukup banyak, ada lebih dari 10 judul. Luar biasa ya?

5. Rita Sugiarto

Rita Sugiarto dan Rhoma Irama
Rita Sugiarto dan Rhoma Irama

Rita Sugiarto selalu jadi contoh penyanyi dangdut yang sempurna dan mumpuni. Tidak bermaksud untuk melebih-lebihkan nih, tapi dari sisi musikalitas vokal soal dangdut beliau ini memang juara. Dan ajaibnya, suara khas beliau ini tak pernah berubah, serak, atau sebagainya. Buktinya setiap kali jadi coach atau juri di sebuah ajang pencarian bakat bernyanyi dangdut, suara penembang Zaenal ini masih sama seperti puluhan tahun lalu. Masih soal suara, di masa sekarang ini belum ada yang bisa mengalahkan hebatnya vokal beliau. Bahkan juara ajang nyanyi sekali pun.

Sebenarnya masih banyak tokoh dangdut lainnya, namun beberapa nama yang disebut tadi bisa dianggap memberikan sumbangsih besar bagi dangdut. Khususnya Bang Haji Rhoma Irama yang sukses membuat dangdut memiliki kemasan yang lebih modern serta mengenalkan musik ini sampai manca. Rasa-rasanya, musisi sekarang belum bisa menyamai beliau-beliau ini. Next

Apakah Kamu Setuju?