Seleb Indonesia

4 Pejabat Indonesia Ini Terkenal Punya Sikap yang Frontal

Oleh -

Inilah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke dipimpin oleh pejabat-pejabat kepercayaan rakyat. Meski ada juga pejabat yang menyalahgunakan kepercayaan tersebut untuk meraup keuntungan pribadi. Ada juga pejabat yang menjadi sorotan, lantaran gaya memimpinnya yang dikenal frontal.

Baru-baru ini kalangan pejabat yang menjadi sorotan adalah Sigit Purnomo Said atau yang akrab disapa Pasha “Ungu”. Baru dilantik dan tampil di hadapan para bawahannya, Pasha sudah menimbulkan kontroversi. Begitu juga dengan beberapa pejabat berikut ini.

1. Sigit Purnomo Said

Bagi Pasha yang sebelumnya berkiprah di dunia hiburan, mendapat kepercayaan rakyat untuk menjabat sebagai wakil wali kota merupakan sebuah beban tersendiri. Sehingga ia ingin melakukan yang terbaik termasuk soal mendisiplinkan para pegawai yang berada di bawah pemerintahannya.

Sigit Purnomo Said [image source]
Sigit Purnomo Said [image source]
Alhasil, di kesempatan pertama dirinya berhadapan dengan sekitar 1.500 pegawai di lingkup Pemkot Palu mulai dari Balai Kota, SKPD, sampai pegawai kelurahan, Pasha mendapat kesan tersendiri dari bawahannya. Ada yang menilai vokalis Band Ungu tersebut terlalu berlebihan sampai teriak-teriak di microphone ketika menegur para pegawai yang tertawa saat dirinya memimpin upacara.

2. Basuki Tjahaja Purnama

Sebelum heboh tentang Pasha Ungu, jauh sebelumnya ada pejabat yang juga dikenal frontal dalam menyampaikan pemikirannya. Dia adalah Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok. Ahok sebelumnya adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Joko Widodo. Namun karena Joko Widodo menjabat presiden, Ahok menggantikannya sebagai Gubernur Jakarta.

Basuki Tjahaja Purnama [image source]
Basuki Tjahaja Purnama [image source]
Saking frontalnya bahkan Ahok pernah sampai menulis kata¬† “pemahaman nenek lu!” di sebuah lembar kertas ketika memeriksa RAPBD dana siluman beberapa saat yang lalu. Meski begitu, banyak masyarakat yang mendukung gaya kepemimpinan Ahok tersebut, agar tidak ada lagi pejabat-pejabat yang suka malas-malasan bahkan menyalahgunakan jabatannya.

3.  Tri Rismaharini

Tri Rismaharini tentu sadar betul bahwa dengan menjadi Wali Kota, dirinya adalah sosok panutan bukan hanya untuk anak-anaknya tapi juga seluruh warga Kota Surabaya. Selama ini wanita yang akrab disapa Ibu Risma itu terkenal sebagai sosok yang pekerja keras tegas dan jujur.

Tri Rismaharini [image source]
Tri Rismaharini [image source]
Ia tak segan-segan untuk terjun langsung ke lokasi untuk menyelesaikan berbagai masalah. Kata-kata frontal tapi benar juga terkadang keluar dari mulutnya, jika memang dipandang perlu untuk memberikan efek jera dan disiplin. Tak heran jika selama kepemimpinannya, Surabaya banyak mengalami kemajuan bahkan Ibu Risma pernah mendapat penghargaan sebagai salah satu wali kota terbaik di dunia.

4. Ganjar Pranowo

Sejak tahun 2013 yang lalu, posisi Gubernur Jawa Tengah dijabat oleh Ganjar Pranowo. Rakyat Jawa Tengah pun punya kesan tersendiri selama beberapa tahun dipimpin oleh Ganjar. Selain tegas, Ganjar juga tenar karena guyonan-guyonannya yang santai tapi terkadang frontal.

Ganjar Pranowo [image source]
Ganjar Pranowo [image source]
Misalnya saja saat ia memberikan pendapat tentang Ahok yang menurutnya punya semangat luar biasa untuk membangun Jakarta, namun terkadang bisa offside atau kebablasan. “Dia (Ahok) punya spirit untuk membangun sangat luar biasa. Walaupun rodo-rodo (kadang-kadang) offside. Biasa anak muda,” ungkap Ganjar. Itulah beberapa pejabat Indonesia yang dikenal frontal. Namun tujuan mereka semata-mata adalah untuk hal yang lebih baik. Dan yang terpenting dari seorang pemimpin adalah jujur dan amanah. Setuju kan? Next

Apakah Kamu Setuju?