LifeStyle tips trik

7 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan saat Berpuasa agar Tubuh Tetap Segar dan Bugar

Oleh -

Saat berpuasa, tubuh terasa lebih lemas dan mudah mengantuk dari hari biasa karena tidak dimasuki cairan dan makananan kurang lebih selama 14 jam. Keterbatasan ini kemudian menjadi alasan bagi sebagian orang untuk tidak melakukan olahraga agar tidak merasa haus dan lapar.

Padahal, tubuh kita butuh berolahraga agar terjaga kesehatannya. Untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa, kamu bisa berolahraga dengan intensitas 40 sampai 50% lebih sedikit dibanding biasanya dengan durasi 20 sampai 30 menit agar tidak mudah terkena dehidrasi. Berikut ini beberapa pilihan olahraga ringan yang tidak terlalu menguras tenaga sehingga bisa kamu lakukan selama berpuasa.

1. Jogging keliling komplek atau Treadmill Ringan di dalam rumah

Jalan santai keliling komplek atau jogging serta treadmill ringan di dalam rumah jika tersedia alatnya, bisa jadi pilihan bagi yang ingin tetap menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa dengan berolahraga. Tak perlu terlalu menguras tenaga sampai berkeringat, cukup lakukan dengan santai asalkan seluruh tubuhmu bisa bergerak. Dengan melakukan kegiatan ini kamu bisa melancarkan peredaran darah dan meningkatkan stamina.

2. Bersepeda

Bersepeda juga menjadi salah satu pilihan olahraga ringan yang bisa dilakukan saat berpuasa. Selain santai, bersepeda juga bisa membuatmu merasa lebih fresh karena dilakukan sembari jalan-jalan melihat pemandangan sekitar. Lakukan kegiatan ini selama 45 menit untuk membakar 300 hingga 350 kalori dalam tubuh.

3. Yoga

Gerakan sederhana yang tidak terlalu menguras tenaga dan bisa dilakukan di dalam ruangan membuat yoga menjadi salah satu pilihan olahraga ringan yang tepat dilakukan saat berpuasa. Meski tidak membuat tubuh berkeringat banyak, tapi olahraga yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Selain memperlancar peredaran darah, yoga mampu membakar kalori, memperindah bentuk tubuh, dan membuat perasaan lebih rileks.

4. Senam

Selain yoga, senam dengan gerakan ringan juga bisa kamu lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa. Dengan diiringi irama lagu yang ceria, selain mampu membakar kalori dan memperlancar aliran darah, olahraga yang satu ini juga bisa membuatmu semakin bersemangat menjalani hari.

5. Angkat beban

Olahraga lainnya yang cukup ringan dan cocok dilakukan saat berpuasa adalah angkat beban. Kegiatan ini bisa kamu lakukan di dalam ruangan dengan menggunakan beban kecil. Meski terlihat sederhana, angkat beban bermanfaat untuk melatih otot serta melatih pernafasan.

6. Bowling

Bagi penyuka game atau permainan, mungkin olahraga satu ini bisa jadi alternatif paling mengasyikkan. Karena saat melakukan bowling kita seperti sedang bermain dengan target menjatuhkan pin yang berdiri tegak. Selain mengasyikkan, olahraga ini bermanfaat untuk melatih kekuatan otot tangan serta keseimbangan.

7. Tenis Meja

Olahraga sekaligus permainan yang juga mengasyikkan untuk dilakukan saat berpuasa adalah bermain tenis meja. Selain bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga tenis meja juga mampu melatih ketangkasanmu. Ajaklah beberapa teman untuk turut bermain agar olahraga terasa semakin seru, tapi jangan sampai lupa waktu.

Dalam melakukan beberapa olahraga ringan seperti di atas saat berpuasa, kamu juga perlu memperhatikan waktu pelaksanaan yang tepat agar tubuh tidak lelah dan terkena dehidrasi. Beberapa pilihan waktu yang dianjurkan oleh dokter adalah, 30 sampai 60 menit menjelang berbuka, usai sholat tarawih, dan menjelang sahur. Selamat mencoba! Next

Apakah Kamu Setuju?