Seleb Indonesia

4 Novel Karya Dewi ‘Dee’ Lestari yang Sukses Difilmkan, Selalu Laris Manis

Oleh -

Siapa sih yang tak kenal dengan Dewi Lestari? Pemilik nama Dewi Lestari Simangunsong yang biasa disapa Dee Lestari ini merupakan penyanyi ternama di Indonesia. Ia pertama kali dikenal masyarakat sebagai anggota trio vokal RSD (Rida Sita Dewi). Selain menjadi penyanyi, mantan istri Marcell Siahaan ini juga seorang penulis, loh.

Dari hobi kecil, siapa sangka karya-karya dari Dee Lestari ini membuat dunia pernovelan heboh. Bagaimana tidak, hampir semua novel karyanya laris manis dan meledak di pasaran. Kerennya lagi, tak sedikit dari novelnya sukses difilmkan dan menjadi salah satu karya terbaik di negeri ini. Wah, lalu karya mana saja yang berhasil membuat nama Dee Lestari makin bersinar di dunia hiburan? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

1. Supernova, Karya Brilian yang Mengantarkan Dee Lestari Sebagai Novelis

Bagi pecinta novel, pasti tahu karya pertama dari Dee Lestari ini? Ialah Supernova yang diketahui novelnya sudah mencapai jilid ke 6. Supernova sendiri menjadi pengantar Dee Lestari sebagai novelis ternama di Indonesia. Bagaimana tidak, novel pertamanya yang rilis tahun 2001 berhasil laku sebanyak 12.000 eksemplar dalam tempo 35 hari dan terjual sampai kurang lebih 75.000 eksemplar. Tak hanya novel pertamanya, Supernova jilid 2 hingga 6 juga laku keras hingga menembus pasar internasional.

Supernova
Supernova

Selain populer banget di pecinta novel, Supernova juga membuat banyak sekali penggemar film layar lebar terpesona. Yap, di tahun 2014 lalu novel terlaris ini difilmkan. Film berjudul sama yang dibintangi oleh Herjunot Ali dan Raline Shah ini pun menyedot perhatian banyak orang. Selain tak sabar dengan jalan cerita ketika difilmkan, Supernova juga menjadi film pertama Indonesia yang mengambil tema tentang Cinta bertemu Sains. Sudah nonton kan?

2. Novel Paduan Fiksi dan Musik di RECTOVERSO

Setelah menyelesaikan novel Supernova yang ketiga, Petir pada tahun 2004, Dee sempat berhenti menulis selama beberapa tahun. Baru di tahun 2008, wanita 41 tahun ini kembali menghasilkan karya cantik berjudul Rectoverso. Tak kalah keren, novel yang berisikan paduan fiksi dan musik (11 fiksi dan 11 lagu) ini juga kembali menyajikan alur cerita unik yang menghanyutkan. Tentu saja, penggemar Dee Lestari makin terbawa oleh cerita asik dari ibu cantik satu ini.

Rectoverso
Rectoverso

Karya cantik dari Dee Lestari ini pun juga difilmkan dengan judul yang sama. Film Rectoverso sendiri merupakan film omnibus atau antologi Indonesia yang bernuansa cinta. Film yang tayang pada tahun 2013 ini terdiri dari 5 segment dan juga 5 sutradara. Sementara judul kelima segmen dalam film ini antara lain Malaikat Juga Tahu (Marcella Zalianty), Firasat (Rachel Maryam), Cicak di Dinding (Cathy Sharon), Curhat Buat Sahabat (Olga Lydia) dan Hanya Isyarat (Happy Salma).

3. Novel Cantik Dee Lestari Sebelum PETIR

Sebelum merampungkan novel Supernova ketiga, ternyata Dee Lestari sempat merilis buku fiksinya di tahun 2003 lalu. Novel tersebut berjudul Filosofi Kopi. Lewat buku ini, Dee menceritakan perjuangan seorang pria yang memiliki hobi terhadap kopi dan memaknai kopi dari sudut pandang kehidupan. Bukan hanya sukses di pasaran, novel satu ini juga mendapat penghargaan sebagai karya sastra terbaik di tahun 2006 oleh majalah tempo. Di tahun yang sama, karya Dee Lestari ini juga dinobatkan menjadi  5 Besar Khatulistiwa Award kategori fiksi.

Filosofi Kopi
Filosofi Kopi

Filosofi Kopi juga termasuk karya Dee Lestari yang di filmkan. Dengan judul yang sama, film satu ini sendiri dirilis pada tanggal 9 April 2015 kemarin. Tahun ini, Film Filosofi Kopi ke-2 pun juga siap-siap memanjakan para pecinta karya dari Dee Lestari. Film ini sendiri diperankan oleh artis-artis ternama seperti Rio Dewanto, Chicco Jericho dan Julie Estelle. Wah, kira-kira seperti apa cerita film Filosofi yang kedua ya? Penasaran kan?

4. Adu Akting Maudy Ayunda dan Adipati Dolken di Perahu Kertas

Nah, masih ingat dengan film Perahu Kertas kan? Ya, film ini dirilis pada tanggal 16 Agustus 2012 lalu dan sukses mencuri perhatian banyak orang, termasuk di kalangan anak remaja. Bagaimana tidak, film ini diperankan oleh artis-artis yang tengah naik daun seperti Maudy Ayunda dan Adipati Dolken. Kendati masih baru di dunia film layar lebar, keduanya mampu menguras emosi dan menyampaikan isi cerita dengan benar kepada penonton.

Perahu Kertas
Perahu Kertas

Ternyata film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini juga termasuk hasil adaptasi dari novel karya Dee Lestari. Novel dengan judul yang sama dengan filmnya Maudy ini sendiri diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2009 lalu. Tak jauh beda dengan novelnya, film Perahu Kertas memang sangat cantik meski beberapa cerita sedikit ditambahkan untuk membuat film satu ini makin hidup. Nah, sudah nonton film ini kan?

Novelnya laris manis di pasaran membuat Dee nampak puas. Ibu dari dua anak ini sendiri cukup senang jika novelnya diadaptasi menjadi sebuah film. Menurutnya, dengan diadaptasi menjadi sebuah film, pesan-pesan yang terkandung di novelnya diharapkan dapat lebih menyebar ke khalayak lebih luas. Well, dari semua karya Dee Lestari mana nih novel favoritmu? Next

Apakah Kamu Setuju?