Seleb Indonesia

MEMBANGGAKAN! Ini Lho Deretan Film / Anak Bangsa yang Masuk Nominasi Ajang Bergengsi

Oleh -

Joey Alexander membuat rakyat Indonesia bangga banget dengan permainan pianonya di panggung Grammy Awards beberapa waktu lalu. Bahkan Taylor Swift sang ratu pop sampai standing applause lho! Indonesia memang memiliki banyak potensi baik dari segi manusia ataupun hasil karyanya. Jadi jangan pesimis pada kemampuan anak bangsa sendiri.

Nggak hanya Joey, ternyata banyak banget film ataupun entertainer asli Indonesia yang meraih prestasi membanggakan. Mulai dari masuk nominasi hingga dipuji-puji oleh pengamat di luar negeri. Penasaran kan pastinya? Ini dia:

Film Sejarah Indonesia Masuk Nominasi Piala Oscar

Film The Look of Silence atau ‘Senyap’, karya sutradara Joshua Oppenheimer, ternyata merupakan film yang diangkat dari cerita sejarah Indonesia. Khususnya tentang pembantaian pada G30S/PKI yang terjadi sekitar 1965-an. Film ini dibuat atas sudut pandang dari sudut pandang keluarga dari korban yang terbunuh pada peristiwa tersebut.

The Look Of Silence
The Look Of Silence

Dengan karakter ‘Adi Rukun’ yang diceritakan sebagai peran utama ini adalah seorang adik bungsu yang sedang mencari pembunuh kakaknya. Film yang masuk dalam nominasi Oscar ini ternyata sudah menyabet banyak penghargaan sebelumnya. Film ini telah mengantongi 5 penghargaan di Festival Film Internasional Venezia 2014 juga mendapat penghargaan ‘Best Feature‘ pada ajang IDA Documentary Award 2015.

Pianis Kecil yang Bikin Artis Hollywood Terkesima

Percaya nggak, Joey Alexander ini masih berumur 12 tahun lho! Hal ini menjadikan Joey nominasi termuda di Grammy tahun 2016. Dan menjadi nominasi termuda ke-enam di sepanjang sejarah Grammy Awards. Wow, ini bukan prestasi yang biasa-biasa saja. Joey sendiri mulai jatuh cinta dan bermain piano saat masih berusia 6 tahun. Bagi Joey, bermusik jazz adalah cara dia mengungkapkan kebahagiaan dan rasa syukurnya.

Joey Alexander
Joey Alexander

Tidak hanya masuk dalam nominasi, Joey Alexander bahkan tampil di ajang paling bergengsi untuk industri musik dunia yang dihelat pada tanggal 15 Februari 2016, di Los Angeles itu. Penampilan ciamiknya, mendapat standing applause dari hampir seluruh tamu yang hadir pada malam itu. Bruno Mars, dan Taylor Swift terlihat sangat terpukau dengan penampilan  dari Joey Alexander. Pianis Jazz legendaris, Herbie Hancock juga tampak memberikan tepuk tangan sebagai pengakuan bakat dari Joey ini.

Film Action Indonesia yang Jadi Box Office di Amerika

Kamu hobi nonton film ‘impor’ dari Hollywood? Apalagi yang action dengan adegan yang menegangkan? Kali ini, terjadi sebaliknya. Film asli Indonesia yaitu The Raid, jadi box office di negeri paman sam tersebut. Iko Uwais dan Joe Taslim berhasil membuat penggemar layar lebar di sana tergila-gila dengan aksi mereka di depan kamera.

Iko Uwais
Iko Uwais [image source]
Film yang menonjolkan beladiri asli Indonesia yakni Pencak Silat ini diputar di 875 bioskop di AS. Selain di AS, film ini juga diputar dibeberapa negara lainnya. The Raid telah menyabet 3 penghargaan bergengsi dunia, antara lain Cadillacs People’s Choice Award, Toronto International Film Festival 2011 dan The Best Film sekaligus Audience Award- Jameson Dublin International Film Festival. Keren maksimal!

Aktris Senior Boyong Piala Bergengsi

Jauh sebelum kita semua bisa mengungkapkan rasa bangga di sosial media seperti sekarang, Christine Hakim sudah membuat Indonesia harum namanya. Tahun 1998, aktris senior yang kemampuan aktingnya nggak perlu diragukan lagi. Melalui perannya di film Daun di Atas Bantal, Christiane Hakim memenangkan pemeran wanita terbaik pada Asia Pacific International Film Festival.

Christine Hakim
Christine Hakim

Beliau memang menjadi contoh bagaimana seorang artis harus profesional dan membuktikan kualitas mereka. Nggak hanya bermodal wajah cakep atau sensasi belaka. Hingga hari ini, Christine Hakim masih menjadi panutan aktris di seluruh Indonesia bahkan mungkin asia dan dunia.

Membuktikan kemampuan bukan dengan memamerkannya tapi dengan profesionalisme. Joey Alexander hingga Christine Hakim adalah sedikit dari banyaknya anak bangsa yang membuat karya membanggakan hingga diakui oleh dunia. Setuju? Next

Apakah Kamu Setuju?