Seleb Indonesia

Hebat! Sudah 30 Tahun Jadi Lady Rocker, Nicky Astria Tetap Membakar Semangat

Oleh -

Generasi 80-an pasti bangga bisa menikmati lahirnya penyanyi wanita pop rock sekaliber Nicky Astria. Di tahun-tahun tersebut, blantika musik tanah air masih diramaikan dengan band-band rock yang didominasi oleh laki-laki. Namun, munculnya sosok Nicky Astria mampu memberi kesegaran dalam musik Indonesia. Meski sudah lebih dari 30 tahun berlalu, rasanya belum ada yang mampu menyaingi Lady Rocker yang satu ini.

Sejak awal kemunculannya, yaitu tahun 1983, Nicky Astria langsung mencuri perhatian dari masyarakat Indonesia. Lengkingan suara yang kuat dan membakar semangat khas Nicky Astria, ternyata tak bisa ditandingi penyanyi manapun. Yuk, intip perjalanan karir Nicky Astria yang melegenda ini.

1. Mojang Bandung yang Tak Sengaja Ditemukan Rocker

Nicky Astria Muda
Nicky Astria Muda

Bernama lengkap Nicky Nastitie Karya Dewi, lebih dikenal dengan nama Nicky Astria ini merupakan mojang cantik yang berasal dari Bandung. Nicky dilahirkan pada tanggal 18 Oktober 1967, dan besar di Kota Kembang tersebut. Bakat menyanyi Nicky secara tak sengaja ditemukan oleh gitaris rocker, Ian Antono pada sebuah pentas seni sekolah SMA di Bandung. Ian Antono langsung mengenali bakat Nicky. Bagi Ian Antono, Nicky Astria merupakan penyanyi pop rock wanita terhebat yang dimiliki oleh Indonesia.

2. Menelurkan 25 Album, Sah Lady Rocker

Album-album Nicky Astria
Album-album Nicky Astria

Album pertama milik Nicky Astria memang belum bisa dibilang berhasil. Namun, album ketiga Nicky Astria yang bertajuk Jarum Neraka langsung meledak di pasaran. Berawal dari situ, nama dan suara Nicky Astria langsung menggelegar dan memberi warna segar dalam industri musik tanah air. Jika bagi Ian Antono, Nicky disebut sebagai penyanyi pop rock terbaik yang dimiliki tanah air, maka Bruce Emond dari Jakarta Post menyebut Nicky sebagai salah satu bintang musik terbesar Indonesia di era 80-an. Bagaimana tidak, sudah lebih dari 25 album yang berhasil dirilis oleh si pemilik suara terkuat ini.

3. Pernah Menikah Sebanyak Tiga Kali

Nicky Astria dan anak
Nicky Astria dan anak

Sukses dalam karir dan disebut sebagai lady rocker pertama yang dimiliki Indonesia, tak berarti jalan hidup Nicky Astria mulus-mulus saja. Kesuksesan tak mengikuti Nicky hingga kehidupan pribadinya. Pernikahan pertama dan kedua Nicky Astria harus berakhir di meja hijau dengan putusan perceraian. Saat menggugat cerai suami dari pernikahan pertamanya, Nicky bahkan harus berurusan dengan polisi. Bercerai dua kali membuat Nicky Astria mendekatkan diri dengan Tuhan dan sering menghadiri pengajian. Siapa sangka, Nicky bisa bertemu dengan jodoh lagi. Untuk ketiga kalinya, Nicky Astria menikah. Alhamdulillah, hingga kini rumah tangga Nicky dan suami baik-baik saja.

4. Vakum Karena Menikmati Jadi Ibu

Nicky Astria saat tampil dengan penyanyi lain
Nicky Astria saat tampil dengan penyanyi lain

Jika anak pertama dan kedua sering ditinggal karena aktifitas keartisannya, untuk yang ketiga ini, Nicky ingin lebih meluangkan waktu. Untuk ini, Nicky Astria sampai rela melepas karir bernyanyinya. Anak ketiga, hasil dari pernikahannya dengan suami terakhir, yaitu Gunanta Afrima diakui Nicky benar-benar lengket dengannya. Selain mengurus anak, Nicky pun ternyata menikmati kesibukannya mengurus rumah tangga, seperti menyiapkan makanan untuk suami. Tak hanya itu, Nicky Astria juga mengurus bisnis bersama dengan keluarga besarnya. Kabarnya, bisnis keluarga ini pun tak jauh dari dunia musik.

5. Lady Rocker yang Tak Tergantikan

Nicky Astria, Lady Rocker Sepanjang Masa
Nicky Astria, Lady Rocker Sepanjang Masa

Meski sudah mengaku vakum, diakui Nicky, tawaran bernyanyi terus berdatangan. Tak hanya itu, Nicky masih terus ditawari untuk menelurkan album baru. Namun, Nicky menyatakan bahwa sekarang ini giliran anak-anak muda berbakat yang diberi kesempatan untuk membuat album. Tapi, untuk sesekali manggung, Nicky masih sangat bersemangat. Saat berduet dengan Syahrini pun, Nicky Astria masih mampu membakar panggung dengan lengkingan suaranya.

Banyak finalis dalam ajang pencarian bakat yang dinilai mempunyai karakter suara seperti Lady Rocker kita, Nicky Astria. Namun, rupanya belum ada yang sanggup menyamai kuatnya dan magisnya suara milik Nicky Astria. Kangen juga ya menikmati suara dari Neng Nicky Astria. Kamu juga, kan? Next

Apakah Kamu Setuju?