Seleb Indonesia

KEREN! 4 Musisi Indonesia Ini Berhasil Jadi Idola di Korea Selatan

Oleh -

Harus diakui jika musik Korea saat ini tengah menyerang berbagai negara, termasuk Indonesia. Yup! Beberapa tahun belakangan musik Kpop memang makin meluas, bahkan seolah mulai mengambil alih perhatian dari musik pop barat!

Tak terkecuali bagi Indonesia, musik dalam negeri seolah terpinggirkan dengan adanya ekspansi industri musik Korea yang mulai meluas. Hal inipun diperburuk dengan kurangnya promosi dan media yang mau mengangkat musik anak negeri untuk dikenal di negaranya sendiri

Tapi tahukah kalian jika ternyata banyak musik Indonesia yang mendapat banyak penggemar di negeri gingseng ini? Yup, Korea Selatan ternyata sudah banyak mengenal musisi dalam negeri dan menjadi penggemarnya. Ingin tahu siapa saja musisi Indonesia yang berhasil mencuri hati di Korea Selatan? Baca lengkap ulasan berikut ini yuk!

1. MoccA

And yes! Yang pertama ada band asal Bandung yang telah lama lalu lalang di dunia musik Indonesia, MoccA. Band yang mengusung musik swing, bossa nova, pop dan jazz ini nyatanya tak hanya terkenal di Indonesia saja lho! MoccA yang debut di tahun 2002 ini telah berhasil memikat banyak pecinta musik di berbagai negara. Seperti Malaysia, Jepang hingga Korea Selatan.

Musik bernuansa retro yang mereka usung memang bikin nagih untuk didengarkan. Terlebih dengan banyak single yang dibuat dalam bahasa Inggris membuat MoccA cepat terkenal di luar negeri. Band yang beranggotakan Arina, Riko, Toma dan Indra ini bahkan sempat diundang oleh televisi Korea Selatan untuk perform di sana lho! Dan sedikit informasi, lagu-lagu milik MoccA bahkan banyak diputar sebagai backsound berbagai program acara di layar kaca negeri gingseng tersebut.

2. RAN

Selain MoccA, grup musik RAN ternyata juga memiliki penggemar di Korea Selatan lho! Bahkan lagu-lagu karya grup musik beranggotakan Rayi, Asta dan Nino itu beberapa kali di cover oleh penduduk asli negeri gingseng itu. Mereka pun sempat mengubah lirik berbahasa Indonesia dalam lagu ‘Dekat di Hati’ dengan bahasa Korea.

Sedikit informasi, saat boyband 2PM datang ke Indonesia mereka memilih lagu berjudul ‘Dekat di Hati’ milik Ran untuk dinyanyikan dalam konser yang mereka gelar. Selain itu, penyanyi asal Korea Selatan yang tengah sibuk di Indonesia, ERU pun mengagumi karya musisi asal Jakarta itu lho! Ia bahkan mengungkapkan ingin bekerja sama untuk membuat lagu dengan RAN di masa mendatang.

3. Dewa

Meski telah bubar di tahun 2011 lalu, nama grup band Dewa sepertinya masih melekat dalam hati para penggemar. Band yang digawangi oleh Ahmad Dhani Cs itu memang sudah menghasilkan puluhan lagu yang easy listening dan nagih untuk terus didendangkan. Tak heran jika lagu-lagu tersebut pun masih tetap abadi dan sulit untuk dilupakan begitu saja.

Karir mereka yang melesat di tahun 90 hingga 2000-an pun membuat mereka dikenal tak hanya di kalangan masyarakat Indonesia namun juga di kancah Internasional. Sepanjang tahun 2003 hingga 2005, Dewa telah beberapa kali diundang untuk mengadakan konser di Jepang, Amerika Serikat, Australia dan tak ketinggalan Korea Selatan. Jadi tak heran jika di negeri gingseng tersebut lagu Dewa kerap dinyanyikan oleh penduduk asli Korea Selatan.

4. Raisa

Wajah cantik dan suara merdu yang mengalun memang tak membuat sosok Raisa terkenal hanya di Indonesia. Pelantun tembang ‘Could It Be’ ini memang telah mendapat tempat di hati berbagai negara termasuk Korea Selatan. Musik-musik sendu yang menjadi andalannya pun kerap di cover oleh penggemar dari Korea Selatan lho!

Raisa memang penyanyi solo wanita yang tengah melejit beberapa tahun terakhir. Namun hal ini tak menghalanginya mendapat banyak prestasi di industri musik! Namanya pun berhasil menyabet berbagai piala bergengsi baik di dalam maupun luar negeri. Raisa pun pernah menyabet piala sebagai artis terbaik di ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) di tahun 2014 lalu!

Begitu bangga melihat musisi berbakat di atas terkenal dan mendapat banyak cinta di negeri orang. Semoga semakin banyak karya-karya anak bangsa yang dicintai di dunia internasional dan membanggakan Indonesia ya. Bagaimana menurutmu? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page