Seleb Indonesia

Nostalgia dengan Pemain Misteri Gunung Merapi Yang Paling Fenomenal

Oleh -

Selain Tersanjung, sinetron era 90an yang juga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia adalah Misteri Gunung Merapi. Sinetron yang diproduksi oleh Genta Buana Pitaloka dan tayang hingga 3 series ini merupakan sinetron yang mengusung tema laga, misteri dan horor.

Hal lain yang tak bisa dilupakan dari sinetron ini adalah tokoh utama yang bernama Mak Lampir. Tokoh wanita tua yang identik dengan suara menggelegarnya ini diperankan oleh artis senior, Farida Pasha. Selain Farida, siapa lagi yang pernah bermain dalam sinetron ini? Yuk nostalgiaan dengan para pemain Misteri Gunung Merapi.

1. Farida Pasha

Tokoh sentral yang membuat sinetron ini laris dan menjadikan serial ini memperoleh rating tertinggi adalah Mak Lampir. Tokoh antagonis yang tak mudah dibunuh dan sering meresahkan masyarakat ini menjadi ikon paling fenomenal. Tak heran jika peran Mak Lampir sangat memukau, pasalnya Farida Pasha total ketika memerankan tokoh tersebut.

Farida Pasha
Farida Pasha

Wanita cantik yang kini berusia 63 tahun ini tak hanya mengubah logat bicaranya, namun juga tampil ciamik dengan dandanan nenek tua dengan rambut beruban. Selain rambutnya, Farida Pasha juga tak dapat dilupakan dengan cara dirinya tertawa. Melengking dan membuat banyak orang merinding. Sayang, kini artis senior ini tak lagi bermain dalam sinetron. Namun bakatnya tersebut diturunkan kepada cucunya, Ify Blink yang merupakan personil girl band.

2. Marcelino Sembara

Nama aktor yang berwajah oriental satu ini memang pernah menjadi lelaki idola para wanita. Ia mulai dikenal sejak memerankan tokoh Sembara di sinetron Misteri Gunung Merapi. Dalam sinetron tersebut, ia berperan sebagai seorang pria yang memiliki kesaktian sangat tinggi. Ia menjadi musuh bebuyutan Mak Lampir dan sering beradegan laga yang cukup berbahaya.

Marcelino Sembara
Marcelino Sembara [via instagram]

Berkat akting dalam sinetron tersebut, ia mulai dikenal oleh banyak orang. Tak hanya diidolakan, Marcelino juga banyak mendapatkan tawaran film yang menceritakan tentang kehidupan zaman dahulu. Sayang, setelah film genre tersebut sepi, namanya mulai menghilang dan muncul kembali pada tahun 2012 lalu.

3. Yuni Sulistyowati

Mungkin banyak orang yang sudah melupakan sosok Yuni Sulistiyowati. Yuni merupakan salah satu artis Indonesia yang pernah bermain dalam sinetron Si Entong 2006 yang lalu. Jauh sebelum bermain sebagai ibu dari tokoh Memet di sinetron si Entong, Yuni mulai dikenal oleh banyak orang setelah bermain apik dalam sinetron Misteri Gunung Merapi.

Yuni Sulistiowati
Yuni Sulistiowati [image source]

Dalam serial tersebut, Yuni menggantikan Devi Zuliaty berperan sebagai Farida. Farida sendiri merupakan sosok wanita yang dicintai oleh Sembara. Berkat akting tersebut, Yuni banjir pekerjaan dan pernah bermain dalam 5 judul sinetron sekaligus.. Wah, padahal film laga yang ia bintangi lebih berat daripada film striping di masa kini.

4. Syamsul Gondo

Aktor yang identik dengan badan gemuk dan juga kepala botak ini juga merupakan ikon dalam sinetron Misteri Gunung Merapi beberapa tahun lalu. Ia mulai dikenal di jagad hiburan juga karena bermain apik dalam sinetron kolosal yang cukup legendaris ini. Bersama Farida Pasha dan Marcelino, Syamsul Gondo memerankan tokoh Basyir.

Syamsul Gondo
Syamsul Gondo

Dari film tersebut, ia dikenal juga karena ucapan khasnya yaitu Semelekete yang cukup populer di era 90an. Tak hanya sinetron Misteri Gunung Merapi, Syamsul juga cukup populer dalam beberapa sinetron lain seperti Awas Ada Sule 2, Dewi Bintari dan Tukang Bubur Naik Haji The Series.

Well, selain 4 tokoh di atas, nama lain seperti Wulan Guritno dan Lyrna Virna juga menjadi salah satu pemain yang mendukung jalanannya sinteron Misteri Gunung Merapi. Wah kangen kan dengan sinetron kolosal satu ini. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page