Holywood

Mengenang 18 Tahun Kepergian Putri Diana

Oleh -

Sejak tahun 1997 tanggal 31 Agustus akan menjadi hari berduka bagi masyarakat Inggris, dimana mereka akan mengenang tragedi yang merenggut nyawa Putri Diana. Istri pertama Pangeran Charles itu meninggal dunia karena kecelakaan mobil di terowongan Pont de L’Alma di Paris bersama dengan Dodi Al-Fayed dan sopir Henri Paul.

Kejadian tersebut hingga kini masih menyimpan misteri yang belum terpecahkan. Mulai dari rumor kehamilan, hingga teori konspirasi yang menyebut Putri Diana mati karena dibunuh agen Inggris. Tapi semua itu tak bisa menutupi jejak kehidupan Putri Diana yang dikenal baik hati dan dermawan. Dan berikut selebupdate rangkum 5 hal yang perlu kalian tahu tentang Putri dari Wales ini.

1. Pernikahan Putri Diana & Pangeran Charles Jadi Pernikahan Paling Meriah.

Sebelumnya Pangeran Charles diduga akan menikah dengan kakak Putri Diana, Putri Sarah. Namun berjalannya waktu Putri Diana dipilih sebagai pendamping Pangeran dari Wales tersebut. Pernikahan yang dilangsungkan pada 29 Juli 1981 merubah nama Putri Diana dengan gelar Princess of Wales.

Pernikahan Putri Diana & Pangeran Charles Jadi Pernikahan Paling Meriah [image source]
Pernikahan Putri Diana & Pangeran Charles Jadi Pernikahan Paling Meriah [image source]
Pernikahan kerajaan ini disaksikan oleh penonton televisi global sekitar 750 juta orang sementara 600 ribu orang berbaris di jalanan untuk melihat sekilas pasangan ini menuju altar Gereja. Jumlah ini masih belum terkalahkan hingga kini, bahkan dengan kemeriahan pernikahan Pangeran William dengan Kate Middleton tahun 2011 sekalipun.

2. Dikenal Sebagai Putri Berhati Emas.

Setelah bergelar putri, Diana banyak melakukan berbagai kegiatan amal. Ia banyak melakukan kunjungan di sekolah, rumah sakit, panti asuhan hingga tempat-tempat yang membutuhkan. Putri Diana juga ikut kampanye perlindungan hewan, kesadaran terhadap penyakit AIDS dan menentang keras penggunaan senjata tak manusiawi. Putri Diana bahkan menjadi petinggi untuk beberapa organisasi amal di seluruh dunia.

Dikenal Sebagai Putri Berhati Emas. [image source]
Dikenal Sebagai Putri Berhati Emas. [image source]
Berkat sepak terjangnya di dunia sosial, Putri Diana mendapat banyak cinta tak hanya dari warga Inggris saja namun juga berbagai negara yang melihat kemurahan hatinya.

3. Obyek Paling Diburu Media Seluruh Dunia Selama Menjadi Putri Inggris.

Bisa dibilang Putri Diana merupakan orang paling disayang oleh masyarakat Inggris pada abad ke-20. Para mediapun begitu mencintai ibu Pangeran William dan Pangeran Harry ini. Selain karena kecantikan dan kegiatan amalnya, Putri Diana juga menjadi sorotan karena kehidupan rumah tangganya yang cukup rumit.

Obyek Paling Diburu Media Seluruh Dunia Selama Menjadi Putri Inggris [image source]
Obyek Paling Diburu Media Seluruh Dunia Selama Menjadi Putri Inggris [image source]
Putri Diana dan Pangeran Charles mengumumkan perpisahan mereka di tahun 1992. Beberapa rumor menyebutkan kehadiran Camillia, cinta pertama Pangeran Charles-lah yang membuat rumah tangga kerajaan itu tak mampu bertahan selamanya. Popularitas Putri Diana belum juga meredup setelah berpisah dengan pewaris tahta kerajaan Inggris itu. Namanya masih bertengger sebagai fashion icon dan kiblat kecantikan para wanita. Bahkan popularitasnya terus meningkat setelah kematiannya di tahun 1997.

4. Kematian Kontroversional.

Selisih 33 hari dari ulang tahun pernikahan yang ke 16, Putri Diana tewas akibat kecelakaan mobil di terowongan Pont de l’Alma di Paris pada 31 Agustus 1997. Kematiannya yang begitu tiba-tiba menjadi kehilangan besar bagi rakyat Inggris terutama keluarga kerajaan. Ribuan karangan bunga, kartu ucapan bela sungkawa, lilin sampai berbagai bukti turut berduka diletakkan di dekat istana Kensington.

Kematian Kontroversional [image source]
Kematian Kontroversional [image source]
Kematian inipun kemudian membawa banyak teori tentang penyebab kecelakaan tersebut. Rumor pun bermunculan, jika Putri Diana bukan murni meninggal karena kecelakaan melainkan dibunuh untuk menutupi aib kerajaan Inggris. Pasalnya Dodi, sutradara yang dikabarkan dekat dengannya, sempat membenarkan jika Putri Diana memang tengah hamil. Dan mencegah hal itu diketahui publik, diduga IM6 membuat rencana untuk membunuh Putri dari Wales itu.

5. Banyak Pertunjukkan Mengambil Cerita Kehidupan Putri Diana.

Bahkan setelah 18 tahun kepergiaan Princess of Wales, masih banyak media dan seniman yang mengangkat kisah Putri Diana ke panggung hiburan. Jika sebelumnya beberapa buku dan film dokumenter memperlihatkan jalan kehidupan Putri Diana Spencer itu. Tahun 2013 lalu, aktris Naomi Watts mengambil peran sebagai Putri Diana di film berjudul ‘Diana’.

Banyak Pertunjukkan Mengambil Cerita Kehidupan Putri Diana [image source]
Banyak Pertunjukkan Mengambil Cerita Kehidupan Putri Diana [image source]
Film yang berisi perjalanan hidup Putri Diana di tahun-tahun terakhir hidupnya ini direkomendasikan sebagai tontonan wajib. Sayangnya banyak catatan yang mencela film ini kurang menyentuh dan sesuai dengan karakter aslinya. Khususnya pada akting Naomi Watts yang tak berhasil membawa karakternya se-elegan karakter Putri Diana yang asli.

Kebaikan hati Putri Diana memang terus melekat di hati para pengagumnya. Dan 18 tahun kepergiannya, dunia akan tetap mengenang jasa baik dan kedermawanan Princess of Wales ini. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page