Entertainment relationship Seleb Indonesia

Meski Bergelimang Harta, 9 Artis Ini Menikah Dengan Mas Kawin Sederhana, Ada Yang Cuma 2000 Rupiah!

Oleh -

Selain pesta pernikahan, mas kawin adalah hal yang penting bagi pernikahan para artis. Hal ini lantaran mas kawin atau mahar juga disimbolkan sebagai tanda dibelinya sebuah cinta sejati. Tak heran pada sebagian besar pernikahan artis populer Indonesia, mahar yang diberikan juga relatif mahal.

Mulai dari emas 500 gram, perhiasan berlian, hingga uang ratusan juta. Namun siapa sangka kalau ternyata ada juga loh artis papan dengan harta berlimpah yang menikah dengan mahar sangat sederhana. Ini dia 9 daftarnya!

1. Mas kawin Laudya Cynthia Bella nggak sampai 1 juta

Pernikahan Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran jadi topik hangat akhir pekan kemarin di sosial media. Pasalnya untuk ukuran artis top dan juga pengusah akaya raya, mas kawin yang diberikan oleh Emran terbilang sederhana. Hanya senilai 300 ringgit atau setara dengan Rp945 ribu.

Namun rupayanya Emran memiliki alasan tersendiri mengapa memberikan mas kawin dengan jumlah tersebut. Ini tak lain karena untuk wilayah Selangor, negara mengatur jumlah mas kawin yang diberikan kepada mempelai wanita sebesar 300 RM baik untuk yang berstatus janda atau belum menikah. 

2. Fairuz A Rafiq dan Sonny Septian, syarat angka 9

Hari Minggu (21/5/2017) Fairuz A Rafiq resmi melepas masa lajang dengan sang kekasih, Sonny Septian di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan. Adik Elma Theana tersebut memberikan mas kawin berupa uang tunai senilai 999.999 rupiah. Sonny memberikan mas kawin tersebut atas permintaan Fairuz, karena ia suka sekali dengan angka 9. Selain itu dalam agama Islam, angka 9 adalah lambang dari Asmaul Husna yang berjumlah 99. 

3. Nia Ramadhani dan Ardie Bakrie mas kawin yang paling murah

Menikah dengan salah satu anak pejabat sekaligus pengusaha kaya raya, siapa sangka jika ternyata mas kawin Ardie Bakrie untuk Nia Ramadhani terbilang sangat sederhana. Menggelar akad nikah di Ballroom Hotel Mulia, Jakarta pada Kamis (1/4/2010), Ardie memberikan mas kawin berupa seperangkat alat sholat dan uang tunai sebesar 2.015 rupiah. Angka 2.015 itu adalah jumlah dari tanggal, bulan dan tahun pernikahan Ardie dan Nia. Uang tersebut terdiri dari selembar uang 2.000 rupiah, sekeping uang 10 rupiah, dan 5 keping uang 1 rupiah. 

4. Ussy dan Andhika Pratama gunakan 3 mata uang

Sebagai ikatan perkawinan yang sah, Andhika Pratama memberikan mas kawin yang cukup unik kepada Ussy Sulistiawaty. Sabtu (21/1/2012) silam ia memadukan tiga mata uang, yakni dolar, real, dan rupiah untuk mas kawin akad nikahnya. “Seperangkat alat sholat, US$21, 1 Real, Rp2012 uangnya uang lama semua.” ungkap Andhika. Mengaku kesulitan mendapatkan uang lama tersebut, ayah dua anak tersebut harus mencarinya ke pasar barang antik. Jika ditotal, nominal mas kawin Andhika kepada Ussy setara dengan 290.000 rupiah. 

5. Risty Tagor dan Stuart Collin, mas kawin hasil sisa uang traveling

Menikah untuk yang kedua kali, Risty Tagor tak menginginkan mas kawin yang besar dari Stuart Collin. Ia justru meminta mas kawin yang dapat dikenang seumur hidup. Untuk itu Stuart memberikan mas kawin berupa sisa uang traveling dari berbagai negara, mulai dari dollar, yen, real, dan ringgit. Total nominal yang diberikan Stuart kepada Risty sebesar 19.415 yang sesuai dengan tanggal pernikahan mereka berdua. 

6. Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan, mas kawin paling nggak ribet

Tepat pukul 17.30 WIB Sabtu (24/8/2013) lalu, pasangan aktris – aktor Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan resmi mengikat janji suci di pulau Kelor, kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Keduanya melangsungkan pernikahan tertutup yang dihadiri 350 undangan. Demi mendapatkan Atiqah sebagai istrinya, Rio Dewanto memberikan mas kawin berupa seperangkat alat sholat dan sebuah cincin. Asik banget ya pasangan satu ini, nggak ribet tapi selalu romantis. 

7. Andien dan Ippe, mas kawin sebaga penanda ibadah

Tak hanya pernikahannya saja yang digelar secara sederhana, mas kawin yang diberikan Ippe kepada Andien juga relatif sederhana. Ikatan janji suci mereka disimbolkan dengan mas kawin berupa seperangkat alat sholat dan emas seberat 5 gram. Alat sholat diberikan Ippe supaya Andien rajin dalam beribadah. Dan 5 gram sebagai simbol shalat 5 waktu. Filosofis banget ya ternyata suami Andien ini. 

8. Raiden Soedjono memberi mas kawin Tyas Mirasih untuk simbol tanggal pernikahan. 

Tyas Mirasih menikah dengan Raiden Soedjono di Plataran Cilandak Jakarta Selatan, Sabtu (8/7/2017) siang. Dalam prosesi ijab qobul tersebut, Tyas Mirasih menerima mas kawin berupa 8 gram logam mulia. Makna dari mahar sederhana tersebut adalah angka delapan menjadi simbol tanggal tanggal bagus dalam bulan Syawal sekaligus sebagai penanda tanggal pernikahan mereka berdua. 

9. Gibran, putra Jowoki meminang Selvi dengan alat sholat. 

Sebagai publik figure, pernikahan anak Presiden Jokowi tentu menjadi sorotan masyarakat sejagad. Sebagai anak orang nomor 1 di Indonesia, banyak orang mengira jika Gibran menikahi sang kekasih dengan jumlah nominal mahar yang besar, tapi ternyata dugaan tersebut salah. Dalam prosesi ijab qobul yang berlangsung pada 11 Juni 2015, Gibran meminang istrinya dengan mas kawin seperangkat alat sholat. Sederhana sekali bukan untuk ukuran anak Presiden? 

Nggak nyangka kan kalau ternyata 9 publik figure di atas memilih untuk memakai mas kawin yang cukup sederhana meski bergelimang harta. Untuk mereka yang terpenting adalah makna. Next

Apakah Kamu Setuju?