Musik Seleb Indonesia

Bukan Cinta-cintaan, 5 Musisi Muda Ini Sebar Pesan Positif Lewat Lagunya

Oleh -

Blantika musik tanah air diramaikan oleh banyak musisi muda yang masih meledak-ledak. Karya-karya dari para musisi muda ini tak akan jauh dari masalah percintaan. Yap, di samping karena umur belia yang masih penasaran akan cinta, tema ini lah yang memang ramai di pasaran. Namun, rupanya tak semua musisi muda cenderung berkarya tentang cinta.

Deretan musisi muda di bawah ini rupanya memiliki nyali lebih dengan membuat lagu yang jauh dari tema cinta. Lewat karya musiknya, para musisi muda ini ingin menyampaikan pesan-pesan positif. Musik memang bahasa yang lebih mudah diterima. Hal ini lah yang menjadi alasan musisi-musisi muda di bawah ini untuk sebar pesan baik lewat lagu. Siapa saja sih?

1. Berpesan Lewat Album Perdananya

Eva Celia
Eva Celia

Eva Celia sudah terlihat mewarisi darah seni dari sang ayah, Indra Lesmana. Kini, gadis Indra Lesmana yang sudah tumbuh dewasa ini mulai terlihat sering mendampingi sang ayah untuk nge-jazz bareng. Akhirnya, album perdana dari putri sulung Sophia Latjuba ini pun rilis. Bertajuk And So It Begins, lagu-lagu didalamnya dipastikan akan berisi pesan-pesan yang memang ingin disampaikan oleh Eva Celia. “Dari sekian banyak cerita atau kejadian tentang kekecewaan dan kekerasan, kuingin mengembalikan ke benang merah di mana kita seharusnya ada di sana, yaitu cinta yang meliputi sikap menerima, kesabaran dan kebaikan. Bagaimana kita bisa melatih unsur-unsur tersebut di tengah kehidupan yang kita jalani sehari-hari,” ungkapnya.

2. Macet Juga Bisa Jadi Inspirasi, Loh

Maudya Ayunda
Maudya Ayunda

Maudy Ayunda jelas termasuk dalam daftar artis muda yang sangat berbakat. Setelah menyelesaikan pendidikannya dan lulus tepat waktu dari Oxford, Maudy Ayunda kini resmi kembali pada dunia hiburan. Selain dikenal sebagai model dan aktris, Maudy Ayunda juga seorang penyanyi. Tak hanya menyanyi, Maudy bahkan menciptakan sendiri lagu-lagunya. Salah satu lagu gubahannya adalah Jakarta Ramai. “Melalui lagu Jakarta Ramai, Maudy Ayunda ingin menyampaikan pesan positif kepada masyarakat di kota besar agar tidak hanya diam menjalani keseharian. “Apakah kita sudah mencapai mimpi-mimpi kita atau justru lebih jauh dari jalur yang kita inginkan”? ujar si cantik ini.

3. Ajak Anak-anak Lain untuk Bernyanyi dan Berpesan Positif

Gita Gutawa
Gita Gutawa

Gita Gutawa bekerja sama dengan sang maestro, sekaligus ayahnya, Erwin Gutawa dalam menciptakan album Di Atas Rata-rata (DARR). Lagu-lagu dalam album ini tak hanya dinyanyikan Gita, namun anak-anak lain yang dinilai mempunyai bakat di atas rata-rata. Tak hanya itu, lagu-lagu dalam album ini kesemuanya mempunyai pesan positif yang sangat berguna bagi yang lain. Misalnya saja lagu bertajuk Stop Bully, mengajak yang lain agar tak menghina orang lain. Dan pada lagu Bersama, membawa pesan untuk berprestasi bersama dan meyakinkan dunia. Kesuksesan album ini membuat Erwin dan Gita Gutawa merilis DARR 2.

4. Tak Ada yang Mustahil Jika Mau, kata RAN

RAN
RAN

Pada tahun 2013 lalu, band RAN yang beranggotakan Rayi, Asta, dan Nino, ini berhasil menggandeng Tulus dan menciptakan lagu yang berisikan pesan positif untuk umat manusia lainnya. Kita Bisa dipilih untuk menjadi judul proyek bersama antara RAN dan Tulus ini. Kita Bisa menceritakan bagaimana cinta, saling menghormati, dan tenggang rasa mampu membuat kita meraih mimpi. Selain itu, lagu ini juga tentang optimisme dan bahagia. “Lagu ini tentang optimisme. Kita harus bersyukur dengan apa yang kita punya, maka bahagia akan lebih mudah” ujar Tulus. Menurut Nino RAN, “Kita bisa untuk selalu bahagia asalkan kita percaya”. 

5. Pengalaman dari Korban Bully, Nih

Tulus
Tulus

Punya pengalaman buruk di masa lalu tak lantas membuat Tulus menjadi seorang yang murung dan merasa rendah diri. Sebaliknya, pengalaman buruknya tersebut diubahnya menjadi dorongan positif. Tulus mengaku pernah dibully dan dipanggil dengan sebutan ‘Gajah’, karena berbadan besar dan lamban. Hal ini pun sempat membuat Tulus dan kesal. Namun, seiring berjalannya waktu, ia tahu bahwa Gajah merupakan hewan yang pintar. Semua itu kemudian disulapnya menjadi lirik lagu dalam judul ‘Gajah’. Kau temanku, kau doakan aku. Punya otak cerdas dan aku harus tangguh. Bila jatuh gajah lain membantu tubuhmu di situasi, rela jadi temanku” begitulah potongan liriknya.

Nah, selain cinta-cintaan ternyata banyak juga kok hal yang bisa dituangkan dalam musik. Selain berkarya, musisi-musisi muda di atas juga tak lupa menyebarkan pesan positif. Hebat! Bagaimana, yang mana nih musisi favorit kamu? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page