Seleb Indonesia

Niatnya Menghibur, Lelucon 6 Stand Up Comedy Ini Malah Bawa Petaka

Oleh -

Rajin ketawa itu selain bikin awet muda juga hidup jadi lebih berwarna. Nggak heran stand up komedi saat ini makin digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Sayangnya nggak semua guyonan yang dilontarkan oleh para komika ini bisa diterima masyarakat luas.

Niatnya mau nyindir masyarakatnya, malah dituding menghina agama. Ada pula yang niatnya mengungkapkan pendapat pribadi malah dikira menghina kelompok tertentu. Seperti para komika berikut ini misalnya. Maksud hati mau bikin orang ketawa, mereka malah kena petaka karena leluconnya sendiri.

1. Joshua Suherman

Baru-baru ini video lelucon Jojo menjadi viral dan dihujat banyak orang karena dianggap melecehkan agama Islam. Dalam materi leluconnya Jojo menjelaskan mengapa Anisa lebih terkenal ketimbang Cherly.

Menurutnya Anisa jauh lebih terkenal dari pada Cherly sebagai member Cherybelle karena ia beragama Islam. Di Indoensia mayoritas pasti jauh lebih unggul. Cuitannya ini dicium oleh Forum Umat Islam Bersatu dan membuatnya dilaporkan ke pihak yang berwajib pada hari Selasa (9/1/2018) dengan dugaan penistaan agama.

2. Ge Pamungkas

Karena kasus Jojo, Ge Pamungkas juga ikut terseret. Ia membahas soal banjir di Jakarta yang berbunyi “Dulu nih, Jakarta banjir. Apa coba itu, weh, netizen itu, ini gara-gara (Ahok). Giliran banjir yang terjadi saat ini, ini adalah cobaan dari Allah SWT.”

Ditambah lagi ia juga mengutip sebuah ayat yang berbunyi “Sesungguhnya Allah memberikan cobaan terhadap hamba yang dicintaNya’. Cintai apaan?” Karena inilah Ge Pamungkas juga terancam akan dipolisikan. Kabarnya akan ada LSM lain yang akan mengurus pelaporan Ge Pamungkas.

3. Uus

Uus pernah bikin geger lantaran cuitannya yang dinilai menghina Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab. Ia mengunggah foto spanduk yang dibawa oleh peserta ‘Aksi Bela Ulama’ disertai dengan komentar “Shampo untuk Rizieq, viralkan! Bantu Rizieq beli shampo,Aku kira pulo doang yang gadung. Ternyata ulama juga ada,”

“Emang Rizieq Ulama? *boooooom*,” tambahnya. Gara-gara kasus ini Uus memperoleh petisi dari netizen yang meminta agar ia tak lagi diijinkan untuk tampil di TV. Sebagai publik figure, Uus dinilai tidak bisa memberi contoh baik. Akhirnya ia diberhentikan dari acara Inbox dan OVJ.

4. Ernest Prakasa

Siapa sangka kalau ternyata pentolan Komika ini juga pernah dihujat banyak orang. Tahun 2016 lalu Pandji pernah melontarkan sebuah cuitan yang berbunyi “FPI jangan pernah dibubarkan dan harus tetap ada. Biar kita tau kalo orang yang gak sekolah jadinya kayak apa”.

Meskipun berniat untuk mengecam tindakan FPI ketika aksi massa yang tidak seperti orang terpelajar, Pandji akhirnya minta maaf. Ia mengakui jika tak seharunya ia nggak menyamakan orang nggak sekolah dengan FPI

6. Kemal

Petaka yang menimpa Kemal terjadi pada tahun 2016. Ulah isengnya yang diupload di video Youtube membuatnya harus menerima petisi kecaman berjudul ‘Tolak lelucon yang menjadikan ukuran BH anak sebagai target’.

Dalam video tersebut Kemal mengaku sebagai mahasiswa kedokteran yang sedang survei ukuran bra cewek untuk bahan penelitian. Karena banyak dapat jawaban ‘tidak tahu’, ia malah menasehati cewek-cewek tersebut agar menjaga payudaranya dengan baik. Inilah yang membuat banyak cewek geram.

Nah, dari kejadian-kejadian di atas ada baiknya kita selalu memikirkan setiap konsekuensi yang bisa terjadi karena ucapan kita, bukan? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page