Entertainment inspirasi inspirasi Lentera Seleb Indonesia

Selalu Ketawa, Lika-liku Pilu Dede Sunandar Ini Tak Banyak Diketahui Orang

Oleh -

Jika menyebut nama Dede Sunandar, pasti banyak yang sudah tak asing lagi dengannya. Ya, ia adalah salah satu komedian yang kerap riwa riwi di televisi. Bukan hanya komedian, ia juga menjadi aktor yang membintangi film dan sinetron.

Sudah menjadi artis terkenal, ternyata sebelumnya Dede punya lika-liku kehidupan yang tak mulus. Siapa sangka, Dede merupakan seseorang yang berangkat dari nol hingga menjadi sesukses sekarang. Berikut adalah kisah Dede Sunandar sebelum akhirnya menjadi artis terkenal.

1. Pernah putus sekolah

Dede sempat putus sekolah saat ia menduduki bangku SMP. Kala itu, ia tak memiliki sepeda motor sehingga menggunakan angkutan umum untuk ke sekolah. Akan tetapi, ia sering mendapat olokan dari teman-temannya hingga kesedihannya pun tak tertahankan.

Ayahnya, rela menjual empang yang dimilikinya agar Dede tak perlu malu diolok lagi, tapi Dede justru menolak tawaran Ayahnya. Saat itulah, ia memutuskan untuk berhenti sekolah. Beberapa tahun kemudian, ia memutuskan untuk ikut paket C sehingga ia menjadi lulusan SMP.

2. Awal karir

Tinggal di Ibu Kota, Dede bekerja sehari-hari sebagai petugas kebersihan di salah satu televisi swasta dengan gaji sebesar 700 ribu rupiah. Tak sekedar menyapu dan membersihkan lokasi, Dede dan teman-temannya mengumpulkan kardus, kertas, gelas plastik yang sudah tak terpakai lalu dijual kembali untuk menambah pemasukan.

3. Pertama kali masuk TV

Siapa sangka, keberuntungan memihak pada Dede. Ia ditawari untuk tampil di depan TV menjadi peran figuran menjadi tukang es doger di salah satu acara komedi. Mendapat gaji yang tak seberapa, yaitu 100 ribu rupiah, Dede tetap bersyukur. Ia pun tak lupa membagi gaji tersebut kepada salah satu teman baiknya yang menggantikannya menjadi petugas kebersihan saat ia tampil di TV.

4. Melakukan banyak pekerjaan, mulai dari pencuci piring hingga pengirim surat

Walau sudah pernah mendapat kesempatan masuk TV, tapi tak berarti kehidupan Dede menjadi mulus. Dede memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan sebagai petugas kebersihan dan menjajal banyak pekerjaan. Mulai dari pengirim surat, pencuci piring, hingga menjadi koki di sebuah rumah makan Jepang.

5. Sukses jadi artis terkenal

Setelah jatuh bangun mencoba berbagai macam pekerjaan, Dede dijadikan sebagai asisten komedian Sule. Tak hanya menjadi asisten pribadi saja, Sule juga kerap mengajak Dede untuk mengisi acara komedian. Setelah itu, wajah Dede kerap riwa riwi di layar kaca menghibur para penonton. Tak hanya itu, ia pun dipercaya menjadi pemeran utama di sinetron berjudul Super Dede beradu akting dengan banyak artis lain. Tentu, ini merupakan pencapaian yang besar setelah ia sempat melalui hidup dari bawah.

6. Sempat ditentang menjadi artis

Sebelum menjadi artis tenar seperti sekarang, Dede pernah tak mendapat izin sang Ibu untuk menjadi artis. Ibu Dede meminta Dede untuk tetap bekerja menjadi petugas kebersihan dari pada menjadi artis karena gaji yang didapat lebih pasti. Tapi, Dede ingin menjajal keberuntungannya menjadi artis, hingga akhirnya ia benar-benar menjadi seorang artis terkenal.

7. Mencapai mimpi

Setelah menjadi artis, Dede akhirnya bisa mencapai salah satu keinginan yang telah ia simpan selama ini. Hal itu adalah membeli sepeda motor yang ia impi-impikan sejak dulu dengan uangnya sendiri. Motor impiannya ia sayang dan dirawat penuh kasih sayang. Tak hanya itu, ia pun juga bisa memberangkatkan Ibunya beribadah Umroh, yang juga merupakan mimpinya sebagai seorang anak.

8. Pernah menikah hanya sebentar

Ternyata, tak hanya karir Dede yang berlika-liku tetapi juga kehidupan asmaranya. Sebelum menikah dengan istrinya, Karen Hertatum, Dede sudah pernah menikah. Saat berumur 19 tahun, Dede menikah dengan seorang perempuan asal Bandung. Kala itu, orang tua Dede tak mengetahui tentang pernikahannya ini. Hingga akhirnya, pernikahan Dede harus kandas setelah dua minggu ia jalani bersama. Hal itu dikarenakan Ibu mertua Dede yang memintanya untuk menceraikan sang anak karena masalah keuangan.

9. Menikah kedua kalinya

Pernikahan yang singkat tak membuat Dede trauma akan membangun rumah tangga lagi. Ia bertemu dengan jodohnya yang kini telah menjadi istri tercinta. Sayangnya, Dede pun harus menghadapi isu miring yang menerpa rumah tangganya bersama Karen. Ia disebut pernah melakukan KDRT kepada sang istri hingga digugat cerai.

Berhasil membicarakan dengan baik-baik, gugatan cerai Dede telah dicabut dan ia tidak lagi merasakan pahitnya perceraian. Setelah masalah yang menimpa biduk rumah tangga mereka, Dede dan Karen makin sering menunjukkan kemesraan mereka. Bahkan, kini keduanya telah dikaruniai anak kedua yang makin menyemarakkan pernikahan mereka.

Tidak ada yang tahu bagaimana takdir seseorang ke depannya, seperti itulah Dede Sunandar. Siapa yang akan menyangka, seorang Dede Sunandar yang berangkat dari seorang petugas kebersihan menjadi artis terkenal. Nah, kita patut mencontoh Dede yang tak kenal menyerah walau perjalanan hidupnya tak mulus. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page