Seleb Indonesia

35 Tahun Berkarir, Meriam Bellina Masih Cantik dan Laris Manis

Oleh -

Perfilman di tahun 80-a memang sedang di puncak. Deretan film dengan berbagai genre, romansa, maupun horor menjadi hiburan yang ditunggu-tunggu. Meski masih didominasi oleh film horor erotis khas Suzanna, namun cerita-cerita cinta ala Ryan Hidayat dan Nike Ardilla juga sukses besar. Selain Ryan Hidayat dengan Lupus-nya, ada juga Catatan Si Boy yang mendulang sukses.

Meriam Bellina merupakan aktris wanita blasteran super cantik yang sudah hits dalam dunia perfilman di tahun 80-an. Wajahnya yang campuran Jawa, Jerman, Sunda dan Belanda membuat kecantikannya sangat mencuri perhatian. Selain cantik, akting Meriam Bellina sudah terbukti bukan karbitan. Tak terasa, telah 35 tahun Meriam Bellina berkarya di dunia hiburan tanah air. Yuk, intip cerita lengkapnya.

1. Tinggalkan Sekolah, Gagal Jadi Pramugari

Merriam Bellina mengawali karirnya dengan mengikuti pemilihan Gadis Sampul. Sebelum terjun ke dunia hiburan, Meriam Bellina muda sempat bercita-cita ingin menjadi seorang Pramugari. Namun, cita-cita tersebut pudar setelah Meriam Bellina memutuskan untuk fokus ke karir keartisannya yang baru ditekuninya. Demi karirnya, Meriam Bellina sampai meninggalkan sekolahnya di bangku kelas 2 SMAK, di Bandung. Wah, Meriam Bellina rupanya tak pernah main-main jika sudah memutuskan sesuatu, ya.

2. Si Vera yang Seksi di Catatan Si Boy

Meriam Bellina akhirnya membintangi film perdananya yang berjudul Perawan-perawan sebagai Poppy saat usianya masih 16 tahun. Aktingnya yang apik membuatnya dilirik banyak sutradara dan ingin mengajak Meriam Bellina juga bermain dalam filmnya. Alhasil, di tahun 1984, Meriam Bellina menyabet Piala Citra pertamanya lewat perannya dalam Cinta di Balik Noda, mengalahkan Christine Hakim, Lidya Kandau, juga Jenni Rachman. Di tahun 1987, Meriam semakin menggebrak dengan perannya sebagai Vera, si seksi dalam Catatan si Boy. Keberaniannya dalam peran seksi dan panas, membuatnya masuk dalam deretan artis yang disebut Bom Seks Indonesia. Adegan panasnya dalam salah satu film ada yang terpaksa dihapus karena dinilai terlalu vulgar.

3. Disebut Sebagai ‘Magma Perfilman Indonesia’

Arifin C. Noer, seorang sutradara film dan teater senior menjuluki Meriam Bellina dengan sebutan ‘Magma Perfilman Indonesia’. Hal ini dikarenakan Meriam Bellina menjadi aktris pendatang baru muda yang berhasil memanaskan industri perfilman Indonesia. Di usianya yang masih sangat belia, ia sudah menyabet gelar Aktris Terbaik. Dalam setahun, Meriam Bellina bisa membintangi 6 judul film yang semuanya sukses dan masuk nominasi Festival Film Indonesia. Hingga tahun 2000-an, akting Meriam Bellina masih sangat diakui. Karena perannya dalam Get Married, Meriam Bellina membawa pulang penghargaan sebagai Aktris Pendukung Terbaik di tahun 2007.

4. Skandal Percintaan yang Rumit

Sayangnya, mulusnya karir Meriam Bellina tak sejalan dengan indahnya kisah kehidupan percintaannya. Meriam Bellina sudah menyandang status janda sebanyak dua kali. Aktris yang kini sudah menginjak usia 51 tahun ini melahirkan dua anak dari perkawinan keduanya dengan seorang sutradara, Adisoerya Abdi. Sejak jadi janda untuk yang kedua kalinya, Meriam Bellina memang belum melepas masa lajangnya dengan menikah lagi. Tak menikah, bukan berarti aktris yang masih cantik ini sendiri saja. Meriam Bellina sempat berpacaran dengan pengacara super kondang, Hotman Paris. Sayangnya, hubungan percintaan ini harus diakhiri saat Meriam Bellina mengajukan laporan penganiayaan yang dilakukan kekasihnya itu.

5. 35 Tahun Berkiprah dan Tetap Laris Manis

Kini, terhitung sudah 35 tahun Meriam Bellina berkiprah di dunia perfilman Indonesia. Sudah tak terhitung berapa judul film yang berhasil dibintangi ibu dari Nigel Philo Abdy dan Abel Poetra Abdy ini. Lewat sinetron pun, akting Meriam Bellina yang kini kerap menjadi sosok antagonis, selalu berhasil mencuri perhatian. Dalam sinetron kekinian, seperti 7 Manusia Harimau, juga Anak Jalanan, sosok Meriam Bellina masih sangat bisa menghibur. Apalagi jika harus menggunakan logat Sunda dalam adegannya, wah Meriam Bellina memang juaranya.

Well, 35 tahun tidak bisa dibilang waktu yang singkat untuk seorang aktris bertahan dalam dunia hiburan yang selalu diramaikan pendatang baru ini. Namun, Meriam Bellina rupanya terbukti tak mampu disingkirkan begitu saja. Masih cantik, dan aktingnya masih oke binggo. Bagaimana, setuju kan? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page