Seleb Indonesia

Nostalgia dengan Pemeran Jin dan Jun, Sinetron Hits Era 90an

Oleh -

Berbeda dengan era sekarang yang kebanyakan bertemakan CINTA, era 1990an hingga awal tahun 2000an kita sering menyaksikan sinetron yang lucu dan kocak. Sinetron yang mengangkat hubungan manusia dan makhluk ghaib namun dibalut dengan unsur komedi. Salah satunya, Jin dan Jun yang tayang weekly di salah satu stasiun televisi.

Sinetron Jin dan Jun ini mengisahkan tentang petualangan manusia bersama jin yang ditemukan dalam sebuah botol di Laut Kidul. Beberapa dari kalian mungkin masih ingat betul bagaimana kocaknya Jun dan Jin saat berpetualang. Sambil flashback dengan hiburan kita di masa lalu, yuk nostalgia bareng para pemain Jin dan Jun!

1. Sahrul Gunawan (Jun)

Jin dan Jun merupakan sinetron pertama Sahrul Gunawan sebagai pemeran utama. Pria kelahiran Bogor, 23 Mei 1976 ini berperan sebagai Junaidi atau Jun yang menemukan botol berisikan Jin di sela-sela batu karang.

Sahrul Gunawan sebagai Jun [via instagram]
Sahrul Gunawan sebagai Jun [via instagram]
Sukses memainkan Jin dan Jun, Sahrul Gunawan pun lantas banjir tawaran syuting. Beberapa judul sinetron pun berhasil dimainkannya hingga berhasil tembus nominasi dan meraih pernghargaan bergensi. Ia merupakan satu-satunya pemain Jin dan Jun yang masih eksis hingga sekarang meski sudah tidak se-giat dulu lagi.

2. M Amien (Om Jin)

Sinetron garapan Multivision Plus ini juga menghadirkan tokoh M Amien yang berperan sebagai Om Jin. Setelah dibebaskan oleh Jun dari botol, Om Jin pun mengabdi pada Jun. Ia sering menemani Jun saat melakukan berbagai petualangan kocak.

Alm. M Amien sebagai Om Jin [image source]
Alm. M Amien sebagai Om Jin [image source]
Namun sayang, setelah berhasil menghibur jutaan penonton, M Amien seakan sudah dilupakan media dan banyak orang. Ia tak memiliki pekerjaan tetap sehingga sehari-harinya hanya ‘sibuk’ berkeliling di sekitar kawasan Rawa Belong. Kabar meninggalnya M Amien tahun 2013 lalu bahkan luput dari pemberitaan.

3. Misye Arsita (Ibu Jun)

Tak mau ketinggalan, aktris dan pedangdut senior Misye Arsita juga terlibat dalam sinetron Jin dan Jun. Ia berperan sebagai ibunda Jun. Selera humor Misye Arsita yang tinggi membuat mantan Srimulat tersebut sangat cocok untuk ikut andil dalam sinetron komedi.

Misye Arsita sebagai ibu Jun [image source]
Misye Arsita sebagai ibu Jun [image source]
Akan tetapi, kelucuan Misye Arsita kini hanya tinggal kenangan. Setelah cukup lama sakit karena adanya benjolan di ketiak atau TBC kelenjar dan menjalani perawatan di salah satu rumah sakit, aktris asal Kediri Jawa Timur tersebut menghembuskan nafas terakhirnya Kamis, 5 November 2015.

4. Mira Asmara (Kakak Jun)

Pesinetron Mira Asmara juga populer setelah membintangi Jin dan Jun. Dalam sinetron yang tayang tahun 1996 hingga 2001 tersebut, Mira Asmara berperan sebagai kakak Junaidi. Namun setelah itu, Mira Asmara pun mulai jarang terlihat di layar kaca.

Mira Asmara sebagai kakak Jun [image source]
Mira Asmara sebagai kakak Jun [image source]
Vakum dari dunia hiburan, nampaknya Mira Asmara tengah fokus merawat ketiga anaknya serta menjalankan bisnisnya. Bersama dengan beberapa rekannya, Mira Asmara mengembangkan klinik kecantikan. Mira sempat merasa kesulitan menjalankan bisnis tersebut lantaran ia sendiri bukanlah tipe yang suka dandan.

5. Fuad Baraja (Ayah Jun)

Sinetron Jin dan Jun juga berhasil mengangkat nama Fuad Baraja. Sosok yang dikenal dengan panggilan Om Fuad yang berperan sebagai ayah Jun merupakan salah satu tokoh yang enggan beranjak dari ingatan.

Fuad Baraja sebagai ayah Jun [image source]
Fuad Baraja sebagai ayah Jun [image source]
Tak menua. Begitulah kata yang sangat tepat untuk menggambarkan sosok Om Fuad. Setelah sukses memerankan ayah Jun, Om Fuad ternyata beralih profesi menjadi penulis. Buku pertama yang diluncurkan pun tentang merokok yang berjudul “Hari Gini Masih Ngerokok… Apa Kata Dunia?!”

Selain Jin dan Jun, masih banyak sinetron komedi lainnya yang tak kalah menghibur. Seperti Jinny Oh Jinny dan Tuyul dan Mbak Yul yang biasanya tayang di jam prime. Wah, jadi kangen masa kecil. Kalian juga kan? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page