Seleb Indonesia

Isyana Sarasvati, Musisi Berbakat Yang Memulai Karir Dari Youtube

Oleh -

Musik Indonesia mulai kedatangan wajah baru yang penuh bakat dan kualitas musik yang tak bisa dianggap remeh. Dengan kehadiran Raisa, Tulus dan Kunto Aji, kini ketambahan lagi satu penyanyi dengan suara unik, Isyana Sarasvati.

Namanya mulai diperhitungkan dengan single yang ia luncurkan di tahun 2014 berjudul ‘Keep Being You’. Namun penyanyi cantik kelahiran 1993 ini ternyata sudah memulai bermain musik sejak usianya baru 7 tahun lho!

1. Sejak Anak-Anak Sudah Menyukai Dunia Musik

Kedua orang tua Isyana, Sapta Dwikardana dan sang ibu Luana Marpanda sepertinya tahu jika bakat musik akan mengalir dalam nadi putri bungsunya. Mereka pun menyematkan nama Sarasvati yang memiliki arti sebagai dewi ilmu pengetahuan, kesenian, kebijaksanaan dan inspirasi. Dan benar adanya, Isyana kini dikenal sebagai musisi serba bisa.

Isyana Sarasvati [Via Instagram]
Isyana Sarasvati [Via Instagram]
Awalnya, Isyana lebih fokus pada musik klasik. Ia bahkan pernah menjadi penyanyi opera di Singapura. Namun saat memilih menyanyi sebagai profesi ia sedikit mengubah gaya bernyanyinya. Namun tak dipungkiri jika masih ada sentuhan klasik dalam musik yang ia bawakan. Lihat performance Isyana di ‘International junior Original Concert’ di sini.

2. Tak Hanya Bernyanyi Tapi Juga Bakat Main Musik

Disebut sebagai penyanyi berbakat, Isyana Sarasvati memiliki keahlian yang komplit sebagai musisi. Ia mampu memainkan berbagai alat musik dari piano, flute hingga saksofon. Dari sana ia mampu menciptakan lagu yang ia bawakan sendiri.

Mahasiswa lulusan Nanyang Academy of Fine Arts Singapura ini mengaku lebih nyaman ketika membawakan lagu hasil karyanya. Soal proses membuat lagu, Isyana tak kesulitan asalkan ia sedang mood. “Aku mendapat inspirasi membuat lagu dari pengalaman pribadi, kadang juga mengambil dari kisah orang lain atau malah membuat imajinasi tentang kehidupan yang aku inginkan,” ungkap dara 21 tahun ini.

3. Memulai Karir Dari Youtube

Setelah lulus SMA Isyana melanjutkan studinya di Nanyang Academy of Fine Arts Singapura yang kemudian berlanjut ke Royal College of Music di Inggris. Latar belakang pendidikan yang ditempuh membuat kualitas musiknya tak diragukan lagi.

Dan disela kesibukan kuliah, Isyana rajin membuat cover lagu-lagu bersama teman-temannya. Dengan ciri khas suaranya dan kreatifitas cover lagu yang unik membuat namanya jadi populer di kalangan pengguna akun youtube. Bahkan tak jarang Isyana dipuji karena membuat lagu yang dibawkan menjadi lebih enak didengar. Isyana sering membuat cover lagu barat dengan nuansa Indonesia di dalamnya. Berduet dengan Rayhan Maditra lagu dari Naughty Boy berjudul ‘La La La’ berhasil ia nyanyikan jadi Indonesia banget.

4. Debut Sebagai Penyanyi Profesional

Musik klasik ternyata mengantarkan Isyana untuk debut sebagai penyanyi profesional. Dengan merilis single digital ‘Keep Being You’ di tahun 2014, Isyana berhasil masuk nominasi Female Artist of the year & Breakthrough Artist of the Year di ‘NET. 2.0 Indonesian Choice Awards’ tahun 2015.

Terbilang sukses dengan single pertamanya, Isyana kembali meluncurkan lagu digital berjudul ‘Tetap Dalam Jiwa’ pada Juni 2015 lalu. Kontraknya di bawah label Sony Musik Indonesia digadang akan mampu membawa Isyana menjadi musisi tenar di Indonesia.

5. Tak Ingin Disamakan Dengan Raisa

Cantik, bersuara merdu dan memulai karir dari youtube membuat Isyana disama-samakan dengan pelantun tembang ‘Could It Be’, Raisa. Banyak penggemar yang membanding-bandingkan kualitas keduanya baik dari segi fisik maupun kualitas musik.

Isyana Sarasvati tak ingin disamakan dengan Raisa [Via Instagram]
Isyana Sarasvati tak ingin disamakan dengan Raisa [Via Instagram]
Namun menanggapi hal tersebut dara 21 tahun ini mengungkapkan jika dirinya jelas berbeda dengan seniornya tersebut. “Aku bersyukur disamakan dengan seorang Raisa, tapi aku berharap masyarakat bisa melihatku dengan latar musik dan suara yang sepenuhnya berbeda dengannya,” Ungkap Isyana dalam sebuah wawancara.

Tonton video lagu ‘Keep Being You’ di sini:

Isyana Sarasvati memang terbukti memiliki bakat alami sebagai seorang musisi. Ditambah dengan latar belakang pendidikan yang membantunya untuk tampil sempurna di dunia hiburan Indonesia. Semoga makin banyak penyanyi pendatang baru berkualitas yang dapat memajukan musik tanah air kita ya! Next

Apakah Kamu Setuju?

next page