Seleb Indonesia

4 Hal Yang Membuat Pak Raden Jadi Idola Anak Era 70-90an

Oleh -

Kabar duka menghiasi dunia hiburan Indonesia. Tokoh sentral di serial boneka Si Unyil telah menghadap pencipta pada Jumat malam kemarin. Pak Suyadi atau pemeran Pak Raden ini meninggal di usianya yang ke 82 tahun di rumah sakit Pelni Petamburan, Jakarta Selatan.

Mengingat kontribusinya dalam mendidik anak bangsa, beliau sangat di idolakan oleh anak-anak di era 70 hingga 90-an. Bahkan ketika sudah meninggal dunia, banyak tangisan dari para penggemarnya. Lalu apa yang membuat Pak Raden jadi idola anak era 70-90an?

1. Seniman Yang Kreatif

Seniman yang lahir di Puger, Jember pada tanggal 28 November 1932 ini merupakan lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung. Setelah lulus di tahun 1960, Pak Raden meneruskan belajar animasi di Les Cineastes Associes dan Les Films Martin-Boschet, Prancis hingga tahun 1963.

Seniman Yang Kreatif
Seniman Yang Kreatif [Image Source]
Kembali ke Indonesia, Pak Raden yang sudah berbakat dari kecil mengolah kreativitasnya dan menuangkan dalam tayangan Si Unyil. Mengusung tema edukasi, acara yang muncul pertama kali di stasiun televisi TVRI ini banyak diminati oleh anak-anak era itu. Bahkan menjadi salah satu acara favorit anak setiap Minggu.

2. Kumis Baplang Yang Unik

Jika mengingat Pak Raden, hal pertama yang diingat adalah kumis baplang dan juga belanko di kepalanya. Tak hanya belanko, Pak Raden juga identik dengan pakaian beskap yang beliau pakai. Tak hanya di serial film, gaya pakaiannya tersebut juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kumis Baplang Yang Unik
Kumis Baplang Yang Unik [Image Source]
Meski Pak Raden terlihat memiliki perawakan menakutkan dengan kumisnya yang unik, sebenarnya beliau adalah pribadi yang sangat humoris dan menyenangkan. Ia juga banyak menginpirasi anak muda untuk bersemangat belajar walaupun dalam bentuk gambar atau lukisan.

3. Pendongeng Yang Handal

Selain menjadi pencipta tokoh Si Unyil dan teman-temannya, Pak Raden juga merupakan seniman lukis dan juga pendongeng. Cerita-ceritanya yang lucu dan menarik membuat anak-anak mengagumi sosok guru bangsa satu ini. Selain serial Si Unyil, Pak Raden juga pernah membawakan beberapa dongeng rakyat.

Dengan mimik wajahnya yang lucu, anak-anak yang mendengarkan dongengnya bisa tertawa terbahak-bahak hingga tegang menantikan cerita. Sehingga ketika kabar berpulangnya Pak Raden membuat para penggemar yang mengidolakannya sangat berduka.

4. Karya-Karya Yang Melegenda

Seperti yang diungkapkan oleh beberapa kalangan artis Indonesia. Mereka sangat terpukul karena kehilangan sosok yang bertalenta dan membuat dunia anak lebih berwarna. Tak hanya Siunyil saja karya Pak Raden yang legendaris, film animasi Timun Mas pada tahun 1975 juga menjadi sebuah mahakarya.

Karya-Karya Yang Melegenda
Karya-Karya Yang Melegenda [Image Source]
Tak hanya berkutat dengan film, beberapa gambar pada buku pelajaran Bahasa Indonesia “Ini Budi” merupakan karya dari kakek asal Jawa Timur ini. Belum lagi karya-karya lukisannya yang mempunyai cerita tersendiri dalam pembuatanya, sehingga namanya dikenal seluruh anak Indonesia.

This slideshow requires JavaScript.

Pulangnya Pak Raden ke pangkuan yang maha kuasa sudah menjadi garisan takdir sendiri. Melihat dedikasinya kepada anak bangsa, seharusnya kita bangga punya bapak seperti beliau. Selamat jalan Pak Raden dan semoga karya-karyamu menjadi penerang menuju ke surganya Allah. Amiin. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page