Entertainment Seleb Indonesia

5 Cerita Haters Tercyduk Akibat Tidak Hati-Hati Komen, Berujung Merengek Minta Maaf

Oleh -

Media sosial memang sebaiknya digunakan secara bijak. Mulai dari menulis status, mengunggah foto mau pun berkomentar dalam media sosial harus dilakukan dengan hati-hati. Pengguna media sosial memiliki tanggung jawab penuh dalam penggunaannya. Salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram, bukan hanya dari kalangan masyarakat biasa tetapi juga selebriti. Tak jarang para selebriti membagikan momen-momen mereka di Instagram, mulai dari karya hingga kehidupan pribadi mereka.

Tak sedikit penggemar yang turut berbahagia dan mendukung karya mau pun kehidupan pribadi idolanya. Tetapi, masih ada saja warganet yang mengomentari postingan selebriti dengan kata-kata negatif yang tak jarang membuat sakit hati banyak pihak. Ada selebriti yang menganggap komentar-komentar buruk warganet bagai angin lalu, tetapi banyak juga yang menjadi geram karena sudah tak tahan dengan julidnya komentar haters. Beberapa selebriti sampai ada yang membawa ke jalur hukum dan membuat para haters bertekuk lutut memohon ampun. Haters siapa saja sih yang berhasil diciduk dan merengek mohon ampun? Yuk kita simak rangkumannya!

1. Haters Cinta Kuya, @talithaaww: Mentang-mentang anak artis

Baru-baru ini kasus cyberbullying atau intimidasi melalui dunia maya dialami oleh anak Uya Kuya, Cinta Rahmania Putri Khairunnisha. Berawal dari Cinta yang mengadakan giveaway sebuah tiket fanmeeting boyband ternama asal Korea Selatan, salah satu warganet kemudian meninggalkan komentar dengan kata-kata kasarnya. Seseorang dengan akun @talithaaww mengatakan bahwa Cinta bisa mendapatkan tiket fanmeeting tersebut dikarenakan ia adalah anak seorang selebriti. Berhasil terpengaruh, banyak warganet yang turut merisak Cinta melalui komentar-komentar negatif di Instagram.

Sebagai seorang Ayah yang anaknya telah dirisak, Uya meminta haters tersebut untuk meminta maaf pada Cinta dan mengancam akan mengurus ke jalur hukum jika tidak ada iktikad baik darinya. Akhirnya, haters tersebut meminta maaf secara terbuka melalui video yang kemudian diunggah di akun Instagram pribadi Uya. Dalam videonya ia memohon maaf pada Cinta, Uya dan keluarga besar mereka atas perbuatannya yang tak senonoh dan berjanji tak akan mengganggu Cinta lagi. Uya mengutarakan bahwa atas keinginan anaknya, dirinya kemudian menerima permohonan maaf pemilik akun @talithaaww tersebut.

2. Haters Nikita Mirzani, minta maaf tak jadi ‘ditembak’

Nikita Mirzani adalah salah satu selebriti yang banyak mendapatkan komentar negatif dari warganet. Tak jarang komentar-komentar tersebut datang karena sensasi yang dibuat Ibu dua anak ini. Perempuan yang akrab disapa Niki ini sempat mengaku bahwa dirinya senang kalau punya haters, lantaran seperti punya hiburan setiap malam saat ia membaca komentar pedas satu per satu. Tak sedikit komentar pedas itu justru membuatnya tertawa. Walau begitu, sepertinya Niki sudah gerah dengan komentar haters yang terus menerus datang, ia kemudian mengumpulkan foto-foto hatersnya yang kemudian diunggah di akun Instagramnya dan mengancam mendatangi rumah para haters.

Para haters tersebut melontarkan komentar-komentar berkaitan dengan unggahan Niki di Instagram-nya tentang penyambutan Raja Salman oleh Presiden Joko Widodo dan Basuki Tjahja Purnama, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dalam unggahannya, ia memberikan caption dengan menyebut salah satu tokoh besar FPI, Habib Rizieq. Merasa tidak terima, warganet mulai mengomentari Niki yang kemudian membuat Niki kesal sendiri. Ada 7 haters terpilih yang diancam akan ‘dibedil’ atau ‘ditembak’ ketika bertemu. Tak lama setelah ancaman tersebut, Niki kembali mengunggah sebuah foto capture-an percakapannya dengan salah satu dari 7 haters tersebut. Dalam percakapan tersebut, pemilik akun @ira.rae berkali-kali mengucapkan kata maaf pada Niki dan mengaku sebenarnya ia adalah fans berat Niki. Haters tersebut juga sempat mengatakan untuk Niki agar tidak menghina ulama, kemudian Niki menanyakan di mana letak dari unggahannya yang menghina ulama. Dirinya juga sempat menyebutkan bahwa ia punya anak yang baru lahir, untuk meminta belas kasih pada Niki. Kemudian dalam unggahan foto percakapan itu, Niki menambahkan caption memberitahukan bahwa ‘penembakan’ tak akan terjadi karena sudah banyak yang meminta maaf atas kelakuan mereka.

3. Haters Fadlan Muhammad, 2 tahun sebar fitnah akhirnya tercyduk

Rumah tangga Fadlan Muhammad dan Lyra Virna juga sempat terkena campur aduk haters. Keduanya difitnah dan nama baik mereka dicemari oleh komentar-komentar buruk seorang haters. Bukan hanya satu dua kali, tetapi berkali-kali tanpa henti. Walau sudah di-block di Instagram Fadlan, haters tersebut kembali menyebar fitnah di akun Instagram Lyra. Tak berhenti sampai di situ, sudah di-block di akun kedua pasangan itu, haters tersebut masih menyebar fitnah di akun Instagram lainnya. Dua tahun menahan kesabaran akan komentar fitnah seorang haters, Fadlan geram kemudian membuat sayembara melalui sebuah unggahan di akun Instagramnya untuk menemukan sebuah akun bernama @hartasty. Tak tanggung-tanggung, presenter ini memberi imbalan kepada siapa yang berhasil menemukan pemilik akun tersebut sebesar 5 juta Rupiah!

Tak lama setelah sayembara tersebut, Fadlan mengumumkan bahwa dirinya telah menemukan dan menyimpan data-data pemilik akun @hartasty. Tidak langsung mengambil jalur hukum, Fadlan memberikan kesempatan pada haters tersebut untuk meminta maaf. Jika tidak ada niatan baik dari haters tersebut, Fadlan akan melanjutkan ke kepolisian. Beberapa hari setelah pengumuman tersebut, pemilik akun @hartasty tersebut akhirnya meminta maaf dan berharap agar dirinya kelak akan menjadi pribadi yang lebih baik. Sesuai perkataannya, Fadlan menerima permintaan maaf haters tersebut dan tidak mengambil jalur hukum. Tak sedikit warganet yang memuji tindakan baik Fadlan terhadap haters tersebut.

4. Haters Chika Jessica, diboyong dari Jambi sampai Jakarta

Bermula dari unggahan foto saat Umroh, akun Chika Jessica diserang dengan hinaan oleh seorang haters. Dengan kata kasar, haters dengan akun @anthonugroho tersebut mengatakan kenapa Chika Umroh jika dirinya masih kumpul kebo dengan Deddy Corbuzier. Komentar tersebut membuat bukan hanya Chika dan Deddy naik pitam, tetapi juga keluarga besar terutama Ibunda Chika marah besar. Bagaimana tidak, anak perempuannya dituduh sebagai seorang Pekerja Seks Komersial (PSK) juga. Untuk menemukan Antho, Deddy bersama timnya mencari tahu informasi mengenai Antho dan berhasil menemukannya setelah melakukan pencarian selama 3 hari. Diketahui, Antho merupakan duda satu anak yang berdomisili di Jambi. Dengan bantuan kepolisian Jambi, Antho diringkus dan diterbangkan dari Jambi ke Jakarta.

Di Jakarta, Antho melakukan mediasi dengan Deddy dan Chika. Dalam mediasi tersebut Antho menyampaikan permintaan maafnya karena sudah dengan sengaja melukai hati Deddy dan Chika. Ia mengaku bahwa sebenarnya tidak begitu paham dengan Instagram sehingga menganggap komentar-komentarnya itu hanya main-main. Melakukan hal tersebut, Antho tak menyadari bahwa ia telah menyakiti banyak pihak dan bisa digugat. Selain meminta maaf, Antho juga berjanji tak akan mengulangi kesalahannya lagi dan tidak akan membuat akun media sosial lagi. Deddy menangkap Antho yang telah memfitnah dirinya dan Chika itu agar Antho jera dan menjadi pelajaran bagi warganet lain agar tak melakukan hal serupa.

5. Haters Tyas Mirasih, dimaafkan tapi tetap akan dicari

Nama Tyas Mirasih sempat disangkutpautkan dalam pembicaraan mengenai prostitusi online. Hal ini menyebabkan salah satu warganet memberikan komentar-komentar negatif di akun Instagram Tyas. Haters tersebut tak hanya menghujat, haters tersebut juga meminta Tyas untuk segera tobat. Jengkel dengan kata-kata pemilik akun dengan nama @meriaulfah itu, di akun Instagramnya Tyas mengunggah capture-an komentar-komentar dari @meriaulfah beserta dengan fotonya. Dengan unggahan Tyas tersebut, dirinya menyiratkan akan mengurus ke jalur hukum perkara haters tersebut. Tak sedikit warganet yang mendukung Tyas untuk melaporkan kelakuan haters tersebut ke polisi dan mengurus ke jalur hukum.

Mengetahui nama dan fotonya sudah terpampang di Instagram Tyas dan terancam akan diperkarakan, pemilik akun @meriaulfah tersebut panik dan segera meminta maaf atas kelakuannya. Ia mengaku hanya spontan dalam melontarkan komentarnya dan berjanji tak akan mengulangi kesalahannya juga tak akan mengurusi urusan Tyas lagi. Awalnya Tyas tak langsung memaafkan @meriaulfah dan menegur hatersnya tersebut dengan pertanyaan-pertanyaan darinya. Setelah @meriaulfah meminta maaf lagi, Tyas telah menerima permintaan maafnya tetapi ia masih akan tetap mencari pemilik akun yang telah menghujatnya tersebut.

Itulah kenapa sebagai pengguna media sosial, kita harus berhati-hati dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam menggunakan media sosial. Semoga terciduknya para fans blunder tersebut bisa menjadi contoh bagi warganet yang lain agar tidak melakukan kesalahan serupa seperti mereka ya. Next

Apakah Kamu Setuju?