Seleb Indonesia

Hadapi Persaingan Industri Musik, Erwin Gutawa : Menjaga Kualitas Itu Nomor Satu

Oleh -
Erwin Gutawa via metrotvnews
Erwin Gutawa via metrotvnews

Erwin Gutawa dan sang putri, Gita Gutawa memproduseri album baru berjudul Di Atas Rata-Rata 2. Album tersebut diisi oleh para musisi muda berbakat yang berusia antara 10 hingga 14 tahun. Sembilan dari 10 lagu di album itu merupakan lagu baru. Tema lagu yang dipilih dianggap representatif terhadap dunia anak dan problematikanya.

Namun, industri musik memiliki tantangannya tersendiri bagi musisi yang berkecimpung di dalamnya. Untuk itu, ketika bekerja sama dengan tujuh anak di generasi kedua program Di Atas Rata-Rata, Erwin tidak ingin terburu-buru dalam mengerjakan album. Secara perlahan Erwin mengajak diskusi orang tua anak didiknya tentang apa yang akan mereka kerjakan.

Erwin menyeleksi langsung anak-anak tersebut. Dia juga menjadi mentor dari sisi musik dan memberi wejangan mengenai cara menghadapi persaingan di industri musik. Dia berpesan kepada anak didiknya untuk memegang kualitas saat memasuki dunia musik. Selain itu, dia juga mendatangkan presenter Hughes.

“Saya tanamkan kepada anak kalau sesuatu itu nggak ada yang instan dan kualitas menjadi panglima. Industri musik banyak tantangan, as long as menjaga kualitas adalah nomor satu, itu akan menjaga karir. Kalau kita menomorsatukan kualitas, yang lainnya menjadi bumbu,” kata Erwin Gutawa di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Selasa (29/9).

Erwin juga membekali mereka bagaimana harus bersikap ketika berada di studio, bagaimana bertemu dengan pemusik yang akan mengiringi mereka bernyanyi dan juga cara bernyanyi dalam kelompok. “Memang perlu pembekalan. Manner di studio terhadap musisi, manner menghadapi publik, ada Hughes yang mengajar. Mereka dikasih tips bersikap,” terangnya.

Di Atas Rata-Rata 2 terdiri atas Rafi, Lyodra, Kafin, Shaquilla, Oliv, Ola, dan Nada. Mereka semua memiliki karakter masing-masing dalam bermusik, mulai dari penguasaan instrumen sampai spesialisasi cara menyanyi. Dari segi genre musik, masing-masing anak mempunyai karakter kuat, mulai dari musik klasik, jazz, pop, hingga melayu. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page