Seleb Indonesia

Selain Gatot Brajamusti, 6 Guru Spiritual Artis Ini Terkenal Banget

Oleh -

Guru spiritual, salah satu profesi yang bakalan hits banget dibicarakan oleh banyak orang. Sudah tahu kan apa itu guru spiritual? Well, guru spiritual ini diartikan banyak orang sebagai guru agama yang membimbing akhlak seseorang. Makin ke sini, tak sedikit dari banyak malah mengartikan guru spiritual adalah sosok ‘pegangan’ baik urusan karier maupun hal lain yang berkaitan dengan duniawi.

Ternyata, bukan hanya orang biasa saja yang memiliki guru spiritual. Namun, banyak juga artis-artis Indonesia yang memiliki guru spiritual untuk mengajarkannya tentang agama. Karena kedekatannya dengan para artis, tak sedikit orang yang berprofesi sebagai guru ini terkenal loh. Seperti beberapa orang di bawah ini.

1. Eyang Subur, Guru Spiritual Artis Era 80-90an

Eyang Subur
Eyang Subur

Well, siapa sih yang tak kenal dengan guru spiritual satu ini? Yap, nama Eyang Subur sudah dikenal sejak era tahun 80-an. Mantan penjahit ini diyakini memiliki kekuatan untuk membimbing para artis di masa itu. Saking terkenalnya, banyak sekali artis yang mau berguru kepadanya. Sebut saja Topan dan Lesus yang sempat terkenal hingga era tahun 90an. Sayang, kesuksesan Subur terusik dengan pernyataan Adi Bing Slamet beberapa waktu lalu. Aktor satu ini mengungkapkan bahwa pria beristri 8 tersebut mengikuti ajaran sesat. Masih ingatkan dengan kasus ini?

2. Suami Puput Melati yang Sempat Masuk Penjara

Puput Melati
Ustad Guntur Bumi

Ialah Ustad Guntur Bumi yang dikenal sebagai dukun paranormal. Pria 34 tahun ini pada awalnya dikenal lantaran ikut acara reality show berjudul Pemburu Hantu. Siapa sangka, dari situ banyak orang yang berguru kepada suami Puput Melati ini. Sebut saja Nuri Maulida yang sempat digosipkan memiliki hubungan dekat dengan Ustad Guntur Bumi. Sayang, kepopulerannya sebagai ustad ternoda setelah kedok penipuan pada padepokannya terbongkar. Karena penipuan tersebut, Ustad Guntur Bumi akhirnya dipenjara pada tahun 2014 lalu.

3. Guru Spiritual Julia Perez yang Telah Berpulang

Habib Selon
Habib Selon

Pernah dengan nama Habib Selon? Yap, nama tersebut adalah guru spiritual Julia Perez yang juga dekat dengan Olga Syahputra. Selain memiliki kecakapan untuk membimbing muridnya, Habib Selon dikenal lihai dalam berorganisasi. Tercatat, ia pernah menjadi ketua Tanfidzi Dewan Perwakilan Daerah Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta. Sayang, kecakapan Habib Selon kini tinggal kenangan. Pemilik nama Habib Salim Alatas ini telah meninggal dunia pada akhir tahun 2015 lalu.

4. Umi Nung, Guru Spiritual Cantik Asal Surabaya

Umi Nung
Umi Nung

Siapa yang tak kenal dengan Umi Nung. Pemilik nama Hj Nuur Binti Muhammad Baabud ini merupakan guru spiritual yang paling hits di kalangan artis. Sebut saja Maia Estianty, Luna Maya, Krisdayanti hingga Ivan Gunawan menjadi murid dari wanita cantik ini. Bukan hanya membimbing, Umi Nung juga dikenal sebagai orang bijak yang sering memberikan nasehat untuk murid-muridnya. Selain menjadi guru spiritual, Umi Nung juga menyibukkan diri untuk mengelola Majelis Taklim Dzikir Salawat As-Syifa miliknya.

5. Guru Spiritual Untuk Artis dan Pejabat Negara

Abdullah Assegaf
Abdullah Assegaf

Ternyata bukan hanya artis saja yang membutuhkan kehadiran guru spiritual. Namun, para pejabat pun juga banyak yang berguru kepada guru spiritual. Nah, salah satu guru spiritual yang terkenal di kalangan artis dan pejabat adalah Habib Abdullah Assegaf. Yap, pria satu ini merupakan pimpinan dari Majelis Dzikir Azzahra, Bogor yang menjadi guru spiritual dari Annisa Trihapsari, Sultan Djorghi hingga Marini Zumarnis. Well, tentu sudah tahu kan dengan guru spiritual satu ini?

6. Mantan Rocker yang Jadi Guru Spiritual Dewi Sandra

Yuke Sumeru
Yuke Sumeru

Satu lagi guru spiritual artis yang juga dikenal oleh banyak orang belakangan ini. Ialah Yuke Sumeru yang merupakan guru dari artis cantik Dewi Sandra. Berkat Yuke pula, Dewi bisa memantapkan diri untuk berhijab dan lebih mendekatkan diri kepada sang Pencipta. Yuke sendiri juga sosok orang yang berhijrah. Sebelumnya, ia merupakan anak band yang terkenal di era 80-an. Bahkan namanya cukup populer bersama dengan Dewa Bujana, Indra Lesmana dan beberapa musisi lain yang sempat membentuk band di era itu.

Dari enam guru spiritual tersebut, Gatot Brajamusti menjadi salah satu guru paling populer belakangan ini. Bukan karena kecakapannya membimbing muridnya, guru dari Reza Artamevia ini populer lantaran diketahui mengonsumsi obat terlarang. Well, itulah para guru spiritual yang terkenal di Indonesia. Bagaimana pendapatmu? Next

Apakah Kamu Setuju?