Seleb Indonesia

WOW! Ini Dia Gitaris Handal Kebanggaan Indonesia. Siapa Saja, Sih?

Oleh -

Dunia hiburan Indonesia tak bisa dilepaskan dari musik dan tarik suara. Musisi tanah air pun sangat berjasa membuat musik tanah air dikenal hingga manca negara. Tak hanya penyanyi sekelas Krisdayanti, atau Rossa yang membawa nama harum Indonesia di blantika musik dunia, band-band tanah air pun juga ikut andil, loh. Sebut saja Padi, atau Sheila On 7 yang namanya juga dikenal di negara-negara luar.

Selain mampu menciptakan lagu-lagu yang enak didengar, kesuksesan sebuah karya musik para band-band tanah air tak bisa lepas dari keahlian para gitaris-gitaris ini dalam memetikkan jarinya pada senar-senar, hingga menghasilkan melodi yang luar biasa. Lantas, siapa saja sih deretan gitaris-gitaris terbaik yang dimiliki oleh Indonesia? Yuk, lihat daftarnya.

1. Ayah Mertua Raffi Ahmad yang Rock and Roll Abis

Gideon Tengker
Gideon Tengker

Bagaimana rasanya punya ayah mertua seorang rocker? Mungkin hanya Raffi Ahmad yang bisa menjelaskan bagaimana rasanya menjadi menantu seorang legendaris seperti Gideon Tengker. Gideon Tengker merupakan gitaris dari band Drakhma yang hits di tahun 80-an. Nama Gideon Tengker jelas termasuk dalam gitaris terbaik yang dimiliki Indonesia. Gideon, yang mempunyai gaya khas dengan rambut gondrong berwarna putihnya ini memberikan penampilan spesialnya di hari bahagia sang putri, Nagita Slavina. Di resepsi pernikahan Nagita Slavina dan Raffi Ahmad, Gideon bermain solo dan menunjukkan kepiawaiannya bermain gitar. Wah, kereen!

2. Jarinya Jago Memetik Gitar dan Bikin Lagu Luar Biasa

Eross Chandra
Eross Chandra

Selain vokalis, gitaris mempunyai peran yang juga penting dalam sebuah band. Kehebatan seorang gitaris dalam memetik gitar mampu membuat sebuah lagu, terdengar seperti karya yang luar biasa. Sebut saja Eross Chandra, gitaris dari Band Sheila On 7. Selain berperan menjadi gitaris, Eross juga menjadi pencipta lagu dalam album-album sukses Sheila On 7. Dengan suara Duta yang khas dan menenangkan, juga betotan dram dari Adam, ditambah tabuhan drum super keren dari Brian, maka kesuksesan Sheila On 7 tak terbantahkan lagi. Terbukti, SO7 merupakan salah satu band tanah air yang mampu bertahan paling lama di blantika musik tanah air, loh. Dan, semua pasti hafal lagu-lagu SO7, kan?

3. Gitaris Jenius dengan Karya yang Membius

Piyu
Piyu

Satrio Yudi Wahono merupakan nama asli dari gitaris dari band PADI, yang lebih dikenal dengan sebutan Piyu. Sebelum bergabung dengan Band PADI bersama dengan Fadli di bagian vokal, Piyu pernah bergabung dengan beberapa band beraliran metal. Di jaman 80-an, saat Piyu muda, musik dengan genre ini memang sangat digemari. Baru setelah itu, melayu dan pop mulai mendominasi musik-musik di tanah air. Setelah bergabung dengan PADI, Piyu mengaku sempat bersusah payah dalam mencocokkan permainan metalnya dalam pop ala PADI. Tapi, terbukti berhasil dan sukses berat, kan. Rasanya belum ada yang mengalahkan keindahan musik dan lirik khas band PADI.

4. Seumur Hidupnya Untuk Musik

Ian Antono
Ian Antono

Nama Ian Antono tak mungkin luput dari deretan gitaris terbaik kebanggan Indonesia. Ian Antono adalah seorang gitaris yang bergabung dengan band Godbless, yang dipimpin oleh Ahmad Albar. Nama Ian Antono menjadi idola di kalangan para gitaris muda tanah air, lho. Kiprahnya di dunia musik tanah air tak hanya sebagai gitaris, namun juga seorang pencipta lagi. Tak sedikit artis yang mendapatkan kesempatan untuk menyanyikan lagu-lagu karya dari tangan dan rasa ajaib seorang Ian Antono. Sebut saja, Nicky Astria, Ikang Fawzi, Anggun C. Sasmi, juga Ebiet G Ade. Kini, di usianya yang sudah mencapai 65 tahun, Om Ian masih sangat aktif bermusik dengan band Godbless-nya, lho. Kereeeen!

5. Sudah Jadi Gitaris Terbaik Sejak Remaja

Tohpati
Tohpati

Gitar bukan lah hal baru bagi seorang Tohpati. Pria berumur 45 tahun ini bahkan sudah mendapat gelar sebagai Gitaris Terbaik Indonesia saat usianya masih remaja. Setiap gitaris pasti mempunyai kekhasannya sendiri. Tohpati, selalu ingin menonjolkan sisi tradisional Indonesia di setiap permainannya. Tohpati lebih dikenal sebagai gitaris beraliran jazz. Tak sedikit musisi papan atas yang pernah didampingi oleh Tohpati. Sebut saja, Krisdayanti, Glenn Fredly, hingga sang legendaris, Chrisye pernah bernyanyi ditemani oleh dentingan petikan gitar Tohpati.

Untuk ini, gitaris-gitaris handal di bawah ini rasanya wajib kita idolakan. Apalagi kalau bukan agar semangat untuk terus berkarya. Bagaimana, siapa nih yang jadi gitaris kesayangan kamu? Next

Apakah Kamu Setuju?

next page