Seleb Indonesia

4 Artis Indonesia yang Punya Gelar Bangsawan Keraton

Oleh -

Ada banyak cara memberikan penghargaan pada orang-orang yang memiliki prestasi dan jasa-jasa pada negeri ini. Khususnya untuk sumbangsih terhadap pelestarian budaya dan tradisi Nusantara, beberapa Kraton di Indonesia memberikan penghargaan berupa gelar bangsawan.

Misalnya saja Keraton Surakarta, secara rutin mengadakan upacara Tinggalan Dalem Jumenengan. Tradisi tersebut, selain untuk memperingati hari lahirnya Raja Surakarta, juga diadakan untuk memberikan penghargaan-penghargaan pada sederet nama yang memang dinilai pantas menerimanya karena prestasi dan jasa-jasanya.Termasuk beberapa artis berikut ini.

1. Maia Estianty

Sebenarnya darah bangsawan mengalir deras dalam tubuhnya sejak lahir. Tak heran jika mengingat Maia adalah cicit dari H.O.S Cokroaminto, tokoh bangsawan Jawa, sekaligus pahlawan nasional. Sejak kecil mantan istri Ahmad Dhani tersebut sudah menyandang gelar Raden Ajeng.

Maia Estyanty
Maia Estyanty [via instagram]
Maia yang banyak berkecimpung di dunia musik, dipandang dapat memberikan inspirasi pada orang lain. Maka dalam sebuah kesempatan, Maia Estianty mendapatkan anugerah berupa gelar Kanjeng Mas Ayu (KRMay) dari Keraton Solo. Maia sendiri mengaku bangga dengan gelar tersebut. “Ini merupakan kehormatan yang sangat luar biasa, yang tidak bisa dinilai. Tetapi sebelumnya saya sudah ada gelar Raden Ajeng, itu pun tak dipakai karena nanti terlalu panjang,” kata Maia.

2. Judika

Judika adalah penyanyi yang cukup mumpuni di panggung hiburan Tanah Air. Suami dari Duma Riris Silalahi tersebut juga punya segudang prestasi disamping usaha-usahanya menjaga budaya Indonesia. Untuk mengapresiasi prestasi Judika itu, Keraton Surakarta Hadiningrat memberikan Judika gelar kebangsawanan.

Judika
Judika [via instagram]
Tentu harapannya gelar KRH Kencananingrat yang telah ia sandang dapat membuat Judika semakin baik lagi baik dalam hal prestasi maupun perilaku. “Ini gelar yang sangat membangakan. Aku tanya kenapa bisa dapat, karen ini apresasi anak bangsa yang tidak meninggalkan budaya Indonesia. Aku juga sering tampil di Solo membawakan lagu berbahasa Jawa,” ungkap Judika.

3. Rossa

Rossa adalah artis yang seringkali mendapatkan gelar bangsawan tak hanya dari dalam negeri tapi juga luar negeri. Pelantun lagu “Tegar” tersebut beberapa saat yang lalu mendapatkan kenaikan gelar dari Keraton Surakarta. Saat itu Rossa diberi gelar Kanjeng Mas Ayu, gelar yang cukup menterang dan berada di bawah gelar Adipati.

Rossa
Rossa [via instagram]
Pihak Keraton sendiri banyak menaruh harapan pada Rossa agar ia bisa menjadi contoh bagi orang lain dan memberikan kontribusi untuk keraton dan kemajuan budaya-budaya Indonesia. “Saya mau bilang terimakasih atas pemberian gelar ini. Buat saya ini satu hal yang lebih. Ini kenaikan pangkat dipercaya bisa membawa nama baik keraton,” kata Rossa.

4. Syahrini

Sama seperti Rossa, Syahrini juga kebagian gelar Kanjeng Mas Ayu dari Keraton Surakarta. Syahrini adalah penyanyi yang saat ini namanya melejit setelah berduet dengan Anang Hermansyah. Dan gelar bangsawan yang ia terima semakin menunjukkan bahwa sedikit banyak, Syahrini memiliki peran untuk menjaga kelestarian budaya Indonesia.

Syahrini
Syahrini [via instagram]
Syahrini diundang untuk menghadiri upacara pemberian gelar dan ia detemani oleh kerabatnya saat itu. Syahrini mengaku sebagai generasi muda, sudah menjadi tugasnya untuk menjaga kelestarian budaya. “Sebagai generasi muda akan ikut melestarikan budaya bangsa. Kalau bukan kita, siapa lagi” ungkap Syahrini.

Itulah beberapa artis yang mendapatkan anugrah berupa gelar kebangsawanan dari keraton. Tentu gelar tersebut bukanlah gelar sembarangan. Ada harapan di balik pemeberian gelar tersebut. Pemiliknya juga harus menjaga perilaku agar bisa jadi inspirasi dan contoh bagi orang lain. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page