Entertainment Film Holywood

7 Peran Gadis Lugu Telenovela Era 90’an Yang Bikin Penonton Indo Jatuh Cinta, Nomor 6 Paling Dirindukan!

Oleh -

Kamu yang lahir tahun 90’an pasti saat remaja udah nggak asing lagi dengan telenovela. Drama series yang diimpor langsung dari Amerika Latin ini ceritanya nggak jauh-jauh soal hubungan percintaan. Kalau telenovela udah mulai tayang di TV, yakin deh semua anggota keluarga langsung duduk manis. Telenovela memang digemari bukan oleh remaja saja, tetapi juga orang dewasa, anak-anak bahkan kakek nenek.

Kebanyakan cerita yang diangkat dalam telenovela adalah tentang seorang gadis lugu nan malang yang dicintai anak orang kaya. Kemudian sang ibu nggak setuju dengan hubungan keduanya dan berusaha melakukan tipu muslihat untuk memisahkan dua sejoli ini. Image gadis lugu yang sederhana nggak pernah lepas dari tema telenovela. Gimana nggak? Gadis lugu yang sederhana adalah tokoh yang dicintai semua penggemar telenovela bukan hanya di Amerika Latin tetapi juga di Indonesia. Nah, sekarang kita nostalgia yuk dengan 7 peran gadis lugu yang bikin penonton Indo jatuh cinta dengan telenovela era 90’an ini.

1. María Mercedes

Di tahun 1992 dunia pertelenovelaan mulai booming setelah sebuah stasiun swasta di Indonesia menayangkan Maria Marcedes. Disinilah kecintaan nitizen terhadap Thalia mulai bersemi. Maria Marcedes adalah gadis lugu yang malang, ia memiliki seorang ayah pemabuk dan ibu yang ambisius. Ia dipaksa bekerja menjadi penjual lotre di jalanan Mexico untuk menghidupi ibu dan ketiga saudara jahatnya. Maria kemudian dinikahi oleh Santiago del Olmo yang sedang sekarat.

Ia menikahi Maria gadis yang baik dan tidak ingin semua kekuasaan miliknya jatuh ke tangan bibi jahatnya. Maria menyetujui keinginn Santiago untuk menikah, dan ia berhasil menjadi nyonya rumah yang berkuasa sehingga membuat bibi Santiago kesal. Setelah Santiago meninggal, sang bibi berusaha memperalat anaknya, Jorge Luis untuk mendekati Maria sehingga ia bisa merebut semua harta miliknya.

2. Marimar

Thalia kembali membintangi telenovela yang hitz di Indonesia. Kali ini ia berperan sebagai Marimar, yang merupakan seorang gadis lugu. Ia tinggal di pesisir pantai bersama kakek dan neneknya. Kecantikan dan keluguan Marimar membuat seorang pemuda kaya bernama Sergio jatuh cinta padanya.

Sayang cinta mereka tak berjalan dengan mulus karena ibu dari Sergio menentang hubungan keduanya. Dengan durasi 175 episode, tidak membuat Marimar kehilangan penggemar hingga saat ini. Buktinya masih ada stasiun TV yang menayangkan ulang telenovela Marimar.

3. Paulina

Telenovela ini dibintangi oleh Gabriella Spanic, berkisah tentang saudara kembar bernama Paulina dan Paula dengan kepribadian yang sangat bertolak belakang. Paulina adalah gadis baik-baik yang lugu, ia selalu diperalat saudara kembarnya, Paula. Paula meminta Paulina menggantikan posisinya sebagai istri Carlos Daniel karena ingin berlibur dengan selingkuhannya.

Ia mengancam Paulina jika menolak dan memotong rambut panjang Paulina sependek dirinya dengan paksa. Ternyata seletah bertukar peran, Carlos dan anaknya Charlitos lebih menyukai Paulina dibandingkan dengan Paula. Disinilah konflik perebutan Carlos antara Paula dan Paulina dimulai.

4. Esmeralda

Esmeralda, gadis cantik yang lahir dengan kondisi buta membuat sang ibu menukarnya dengan sorang bayi laki-laki yang sehat bernama Jose Armando, supaya suaminya tidak murka. Esmeralda yang saat itu diperankan oleh Leticia Calderon tumbuh menjadi gadis cantik, baik hati, dan lemah. Sementara itu Jose tumbuh menjadi pemuda yang tampan.

Keduanya kemudian saling bertemu dan jatuh cinta, sayang sang ayah tidak merestui kedunya. Sejak episode pertama, Esmeralda sudah mendapat sambutan yang baik di Indonesia. Dengan kisah yang mengharukan dan sukses membuat penonton berlinang air mata, telenovela ini paling banyak diputar ulang di berbagai stasiun tv swasta.

5. Suster Cecilia

Bukan cuma anak-anak yang jadi penggemar telenovela ini, tetapi juga ibu-ibu dan para remaja. Aksi menggemaskan Dulce Maria selalu dirindukan oleh mereka. Selain Dulce Maria yang gemesin abis, masih ada satu tokoh dalam telenovela Carita De Angel yang dirindukan dan dicintai para penonton, yaitu Suster Cecilia.

Kepribadian yang penyayang, baik hati dan sederhana menjadi pesona tersendiri bagi Suster Cecilia. Dibandingkan dengan Nicole yang saat itu berstatus tunangan ayah Dulce Maria, Dulce lebih menginginkan Suster Cecilia untuk menjadi ibu tirinya.

6. Rosalinda

Nah, ini pasti salah satu telenovela favorit kamu semua! Lagi-lagi Thalia sukses membuat penonton jatuh cinta dengan sosok Rosalinda. Rosalinda adalah gadis cantik nan lugu yang berprofesi sebagai penjual bunga. Rosalinda jatuh cinta dengan Fernando Jose, pria kaya dengan paras yang tampan. Hubungan keduanya tidak direstui oleh ibu Fernando Jose. Sang ibu rela melakukan apa saja untuk menyingkirkan Rosalinda.

Keluguan dan kebaikan Rosalinda membuat dia dilenyapkan oleh ibu Fernando dalam sebuah peristiwa kebakaran. Ia kemudian ditemukan oleh Alejandro yang mengubah Rosalinda menjadi Paloma Dorantes, seorang penyanyi terkenal. Meskipun episodenya cukup panjang, tapi penonton mengaku tidak pernah bosan dengan telenovela ini karena ceritanya yang penuh kejutan.

7. Betty, Betty La Fea

Dari sosok cantik Rosalinda, kita beralih pada sosok wanita buruk rupa bernama Beatriz Aurora Pinzon Solano atau akrab dengan panggilan Betty. Betty adalah gadis pintar dari jurusan ekonomi, menguasi banyak bahasa, sekretaris perusahaan fashion, sayang penampilannya tidak menarik sehingga ia kerap dibully oleh teman-teman kerjanya.

Sikap lugu dan cerdas Betty membuat atasannya, Armando Mendoza mempercayakan kondisi perusahaan pada Betty. Lambat laun tumbuhlah benih-benih asmara antara Betty dan Armando.  Yang paling ditunggu dari telenovela ini adalah perubahan Betty yang lugu dan buruk rupa menjadi sosok cantik nan rupawan.

Kalau udah bahas soal nostalgia jadi pengen nonton lagi deh telenovela yang ada di atas. Kalau kamu sendiri peran siapa yang jadi favorit selama ini? Next

Apakah Kamu Setuju?