Seleb Indonesia

Miris, 4 Film dan Sinetron Indonesia Ini Diduga Hasil Saduran Sinema Luar Negeri

Oleh -

Kini banyak industri perfilman Indonesia yang sengaja membuat sebuah sinteron dengan alur dan penokohan yang sama dengan sinema-sinema yang ada di luar negeri. Tak hanya meniru adapula dari mereka yang menjiplak habis-habisan cerita dari awal hingga akhir.

Tak hanya sinetron saja, ternyata ada beberapa film Indonesia yang memiliki cerita hampir sama dengan beberapa film luar negeri. Meski masih dugaan, banyak penikmat film Indonesia yang menganggap bahwa film tersebut adalah hasil saduran. Wah, film dan sinetron mana saja ya, yang diduga hasil saduran? Yuk lihat berita di bawah ini.

1. Heart

Film yang diproduksi oleh Kharisma Stavision Plus pada tahun 2006 ini, memang masuk dalam kategori film sukses di Indonesia. Bercerita tentang kisah cinta dua remaja dari kecil sampai dewasa, akhirnya keduanya tak bisa bersama karena ada wanita lain dalam hubungan tersebut.

Heart
Heart [Image Source]
Film yang diperankan oleh Nirina, Irwansyah dan Acha ini ternyata memiliki cerita yang hampir sama dengan film Kuch Kuch Hota Hai dari India. Meski memiliki alur dan ending yang berbeda, namun banyak orang yang menduga bahwa film Heart sedikit meniru film Kuch Kuch Hota Hai.

2. Namaku Dick

Di tahun 2008 silam, sebuah film komedi yang diperankan oleh Tora Sudira berhasil ditayangkan di bioskop Indonesia. Film yang disutradarai oleh Teddy Soeriaatmadja ini mengisahkan seorang lelaki lajang, sukses dan memiliki banyak perempuan di dalam hidupnya.

Namaku Dick
Namaku Dick [Image Source]
Karena memiliki banyak perempuan, ada salah satu mantan kekasihnya yang menyumpahi ‘barang’nya yang bernama Dick, bisa berbicara. Akibatnya beragam kekonyolan tak henti dihadirkan dalam film ini. Namun, beberapa orang menduga bahwa film Namaku Dick ini merupakan hasil saduran dari film asal Amerika berjudul The Hot Chick.

3. Pocong vs Kuntilanak

Masih ingat dengan cerita film Freddy vs Jason yang dulu pernah meneror semua orang di muka bumi ini? Yah, film yang diproduksi di Amerika ini hingga kini masih mencekam. Tak hanya karena sosok Freddy sang pembunuh tapi juga bagaimana dua makhluk peneror tersebut saling menyerang.

Pocong vs Kuntilanak
Pocong vs Kuntilanak [Image Source]
Namun, adapula film Indonesia yang memiliki kesamaan dengan film bergenre horor dan action satu ini. Ialah kesamaan nama dengan film Pocong Vs Kuntilanak. Meski alur cerita sangat berbeda jauh, tetapi dua film ini menceritakan dua sosok peneror atau hantu yang sangat meresahkan masyarakat.

4. Buku Harian Nayla

Sebuah serial drama yang cukup mengguncang seluruh remaja Asia adalah film 1 Litre no Namida atau biasa dikenal dengan 1 Litre of Tears. Drama bergenre romantis ini sukses membuat banyak orang tergila-gila hingga membuat beberapa negara membuat versi yang berbeda dengan alur yang sama.

Buku Harian Nayla
Buku Harian Nayla [Image Source]
Hal tersebut juga dilakukan oleh Indonesia. Mengangkat judul Buku Harian Nayla, film drama ini sukses membuat banyak orang menangis. Meski menjiplak, pihak manajemen Buku Harian Nayla dengan sigap mengatakan bahwa adaptasi drama tersebut telah berlisensi dan diakui.

Banyaknya sinetron dan juga film Indonesia yang menjiplak dan meniru beberapa sinema di luar negeri. Hal ini membuat banyak penikmat film merasa sedih. Bukan hanya karena merasa dibohongi, malah penikmat film ini semakin tidak minat dengan film-film yang di produksi oleh orang dalam negeri. Wah, dari beberapa film di atas, adakah film lain yang kamu duga merupakan saduran? Tulis di kolom komentar ya. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page