Entertainment Film

Bangkitnya Bioskop Tanah Air, 7 Film Indonesia Ini Raih Rating Tertinggi di 2018

Oleh -

2018 ini boleh dibilang sebagai tahun filmnya Indonesia. Dalam setahun aja, banyak banget film Indonesia yang merajai rating dan bersaing dengan film-film dari Hollywood. Buktinya, banyak film karya anak bangsa yang meraih jutaan penonton sepanjang tahun 2018.

Genrenya juga gak monoton, mulai dari romantis hingga horor. Dan yang pasti, disambut hangat oleh penikmat film tanah air sampai-sampai penontonnya membludak. Selebupdate sudah merangkum 7 film Indonesia dengan rating tertinggi berikut ini.

1. Dilan 1990

“Jangan rindu, rindu itu berat, biar aku saja.”

Masih baper gak kalau inget kalimat itu? Yang udah nonton pasti tahu dong kalimat legendaris yang diucapkan Dilan pada Milea. Gak heran kalau film ini masih bertengger di posisi teratas dalam perolehan jumlah penonton.
Drama romantis yang dibintangi oleh aktor ganteng Iqbal Ramadhan ini berhasil meraup 6.315.664 penonton.


Film ini diangkat dari novel laris karya Pidi Baiq berjudul Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990. Berkat kisah cinta yang romantis dan penuh humor, film garapan sutradara Fajar Bustomi ini menjadi film paling laris tahun ini.

2. Suzanna: Bernapas dalam Kubur

Siapa sih yang nggak kenal Suzanna? Ya, sosok Suzanna sudah membintangi banyak film horor di tanah air hingga dikenal sebagai ratu horor Indonesia. Dalam setiap filmnya, Suzanna selalu berhasil membuat penonton terkesan.
Tahun ini, Soraya Intercine Film ingin mengulang kesuksesan dengan merilis remake film Suzanna: Bernapas dalam Kubur.

Anggy Umbara sebagai sutradara menggandeng Luna Maya untuk memerankan tokoh fenomenal ini. Anggy menggarap film ini penuh dengan totalitas mulai dari makeup Luna yang dibuat semirip mungkin dengan Suzanna hingga alur cerita khas film horor lawas dibumbui dengan komedi. Kerja keras tersebut membuahkan hasil dan membuat film ini ditonton 3.029.065 orang hanya dalam waktu 18 hari. Wow!

3. Danur 2: Maddah

Film ini masih melanjutkan kisah kelima bocah hantu sahabat Risa Saraswati namun ada yang baru di sekuel Danur ini. Sutradara Awi Suryadi, untuk pertama kalinya menggunakan lensa anamorphic yang memberikan efek blur di beberapa sudut sehingga penonton akan dibuat paranoid.

Danur 2: Maddah juga mengandalkan jumpscare yang rapat dan membuat penonton terus tegang sekaligus kaget sepanjang film. Tak sia-sia, nyatanya kesan yang ingin ditampilkan oleh sang sutradara berhasil dan film ini sukses mengantongi 2.572.672 penonton.

4. Si Doel the Movie

Bagi generasi 90-an pasti sudah tak asing serial Si Doel Anak Sekolahan. Cerita yang sederhana khas masyarakat desa Betawi tentunya membuat penonton rindu. Setelah 20 tahun lebih ditayangkan di televisi, serial ini hadir di layar lebar.


Si Doel the Movie hadir dengan kisah cinta yang lebih kompleks antara Doel, Zenab, dan Sarah. Dengan mengambil latar di Belanda dan menggaet pemain muda, film ini tak hanya ditonton oleh orang tua namun juga kalangan millenial yang penasaran dengan alur cerita film legendaris ini. Setelah dirilis, film ini pun berhasil meraih 1.757.653 penonton.

5. Asih

Penggemar film Danur sepertinya tak boleh melewatkan film ini. Ya, Asih adalah prekuel dari film Danur yang justru dinilai lebih bagus dan mencekam ketimbang Danur. Film ini menceritakan kejadian 37 tahun yang lalu sebelum hantu tersebut mengganggu Risa.


Dengan latar 80-an, cerita Asih mampu menampilkan visual yang menawan. Akting Shareefa Daanish yang mumpuni mampu membangun suasana horor penuh kengerian. Asih berhasil menembus 1.714.798 penonton dalam seminggu.

6. #Teman tapi Menikah

Kisah cinta Ayudia Bing Slamet dan Dito yang diangkat menjadi film #Teman tapi Menikah sukses membuat anak muda baper. Menariknya film ini adalah kisah nyata yang dialami oleh Ayu dan Ditto. Banyak yang beranggapan bahwa cerita dalam film ini adalah kisah friendzone dengan akhir yang sweet. Penonton pun diajak merasakan kisah cinta mereka yang gemas, lucu, dan susah dilupain.


Menurut Dito, editornya mengatakan bahwa kisahnya dengan Ayu juga dialami oleh banyak orang. Hal itu pun terbukti saat buku mereka menjadi best seller dan film ini ditonton oleh 1.655.829 orang.

7. Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212

Satu lagi serial televisi yang difilmkan tahun ini dan mampu meraup 1.552.014 penonton adalah Wiro Sableng. Film yang dibintangi Vino Bastian ini menjadi satu-satunya film blockbuster yang masuk ke dalam jajaran film terlaris tahun ini.


Pertama kali melihat, penonton langsung disuguhi dengan efek CGI yang memanjakan mata. Adegan laga khas Nusantara ini berhasil ditampilkan dengan apik di sepanjang film. Kamu bisa bernostalgia sambil menikmati visual effect super keren karya negeri sendiri.

Deretan film tersebut menjadi bukti bahwa industri perfilman Indonesia semakin bagus. Semoga makin banyak film Indonesia yang berkualitas dan mampu menembus ajang internasional. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page