Film Seleb Indonesia

Dibintangi Artis Papan Atas Indonesia, 6 Film “Omnibus” Ini Populer Banget!

Oleh -

Pernah dengar genre film Omnibus? Well, film genre satu ini terkenal banget di Hongkong dan Thailand. Karena populer banget, banyak sekali pihak rumah produksi berkompetisi untuk memproduksi film genre satu ini. Lalu seperti apa sih film omnibus ini? Well, film omnibus atau antoologi film ini bisa dikatakan sebagai kumpulan berbagai genre yang berbeda-beda. Ada drama, komedi, horor, thriller hingga komedi-romantis.

Dalam beberapa kasus, film omnibus membolehkan ada satu tema, satu sutradara, maupun satu penulis, dan satu aktor yang selalu muncul. Indonesia sendiri hanya memiliki sedikit film bergenre omnibus. Pun demikian, film tersebut sukses banget lantaran dibintangi oleh para artis papan atas Indonesia. Nah, penasaran dengan film-film omnibus yang populer banget di Indonesia ini? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini!

1. Cinta Setaman

Film cantik yang rilis pada tahun 2008 lalu ini mengisahkan 8 cerita yang unik. Sebagian besar dari cerita film tersebut membuat banyak orang sedih lantaran jalan ceritanya yang menguras emosi. Salah satunya adalah kisah anak kecil yang selalu bekerja keras seharian demi hanya sebotol air bersih dan sepasang sepatu roda serta kisah seorang wanita pedagang kain, yang saat impian hidupnya naik haji bisa di topang oleh sang anak satu-satunya, ia malah menemukan sebuah kenyataan lain.

Cinta Setaman
Cinta Setaman

Selain berbobot, film ini dibintangi oleh aktor dan aktris ternama Indonesia. Sebut saja Nicholas Saputra, Slamet Rahadjo, Jajang C. Noer, Ria Irawan hingga Marsha Timothy. Selain sukses lantaran ceritanya dan juga para pemainnya, film yang disutradarai, ditulis dan diproduseri oleh Harry Dagoe Suharyadi ini berhasil menjadi nominasi di Singapore International Film Festival ke-22 – Nominasi Film Bioskop Terbaik, meski gagal pulang membawa piala.

2. Perempuan Punya Cerita

Masih di tahun 2008, adalah satu film omnibus lain yang juga banyak mencuri perhatian. Ialah film berjudul Perempuan Punya Cerita yang dibuat dengan berdasarkan perspektif perempuan. Film drama cantik ini sendiri dikemas dari 4 segmen yang disutradarai oleh empat sutradara dan dua penulis skenario berbeda.

Perempuan Punya Cerita
Perempuan Punya Cerita

Bukan hanya sutradaranya saja, empat cerita yang terdiri dari Cerita Pulau, Cerita Yogyakarta, Cerita Cibinong serta Cerita Jakarta ini diperankan oleh aktor dan aktris papan atas Indonesia seperti Fauzi Baadila, Sarah Sechan, Kirana Larasati hingga Wingky Wirawan. Film ini pun mendapatkan banyak pujian meski pada awalnya masih banyak yang bingung dengan film genre satu ini.

3. Takut : Face of Fear

Takut menjadi salah satu film antologi horor Indonesia yang juga mendapatkan perhatian dari banyak orang. Film yang juga dirilis tahun 2008 ini dibintangi oleh beberapa artis ternama seperti Dinna Olivia, Fauzi Baadila, Marcella Zalianty, Shanty, Lukman Sardi hingga Eva Celia Latjuba.

Takut Faces of Fear
Takut Faces of Fear

Film yang berisi 6 segmen ini sendiri disutradarai oleh orang ternama di Indonesia. Sebut saja Rako Prijanto, Riri Riza, Ray Nayoan, Robby Ertanto, Raditya Sidharta hingga The Mo Brothers (Kimo Stamboel dan Timothy Tjahjanto). Film ini pun banyak menarik perhatian pekerja seni lantaran memiliki kisah unik meski horor semua.

4. Jakarta Maghrib

Berdasarkan judulnya, mungkin banyak orang mengira film ini bercerita mengenai kisah religius. Sebenarnya, kisah religius memang tak ada yang salah, tetapi film ini tak semuanya berisikan genre satu ini. Yap, film yang dirilis pada akhir tahun 2010 ini malah menceritakan sebuah maghrib dengan penyampaian cerita yang berbeda.

Jakarta Maghrib
Jakarta Maghrib

Well, film yang disutradarai oleh Salman Aristo ini berisi 6 segmen yang diakhir filmnya semua karakter akan saling berkaitan. Film satu ini sendiri diproduksi oleh PT. Kharisma Starvision Plus dan dibintangi artis papan atas mulai dari Indra Birowo, Widi Mulia, Lukman Sardi, Ringgo Agus Rahman, Reza Rahadian hingga Adinia Wirasti.

5. Rectoverso

Dari banyaknya film omnibus, Rectoverso adalah salah satu film yang cukup pecah dan menarik perhatian banyak orang. Bukan hanya karena diadaptasi dari album musik sekaligus novel karya Dewi Lestari, tapi film ini juga disutradarai oleh aktris ternama di Indonesia. Sebut saja Marcella Zalianty dalam segmen Malaikat Tanpa Sayap dan Rachel Maryam di segmen Firasat.

Rectoverso
Rectoverso

Selain itu ada si cantik Cathy Sharon yang untuk pertama kalinya menjadi sutradara di segmen Cicak di Dinding, Olga Lydia di Curhat buat Sahabat dan Happy Salma di Hanya Isyarat. Sementara para pemain dalam film ini terdiri dari Lukman Sardi, Prisia Nasution,  Asmirandah, Dwi Sasono, Yama Carlos hingga Sophia Latjuba. Nah, kalau film satu ini sudah nonton kan?

6. Aku Cinta Kamu

Bukan hanya Rectoverso, film omnibus yang rilis di tahun 2014 ini juga turut mencuri perhatian banyak orang. Ialah Aku Cinta Kamu sebuah film drama yang memiliki 4 kisah dari 4 lagu ciptaan Piyu yang berjudul Firasatku, Cinta Itu Adalah, Sakit Hati dan Jernih. “Ketika cinta menyengat, berjuta rasa menjangkiti hati dan pikiran kita, Berbagai peristiwa besar dalam kehidupan, dipicu oleh satu kalimat singkat : Aku Cinta Kamu”.

Aku Cinta Kamu
Aku Cinta Kamu

Dari keempat segmen, bagian Firasatku yang banyak mencuri perhatian para penonton. Bahkan tak sedikit yang menitihkan air mata saat Acha Septriasa beradu akting dengan Rio Dewanto. Selain Acha dan Rio, artis ternama seperti Eriska Reinisa, Giorgino Abraham, Pevita Pearce, Dimas Anggara, hingga Manohara menjadi pemain utama dalam film ini.

Well, banyak orang yang sempat bingung ketika melihat film bergenre omnibus ini. Tapi tak sedikit pula yang terhibur lantaran menghabiskan waktu selama 1,5 jam di bioskop dengan cerita yang berbeda tapi tetap memiliki kualitas tinggi. Nah, bagaimana dengan mu, mana film omnibus favoritmu? Next

Apakah Kamu Setuju?