Entertainment Film inspirasi Seleb Indonesia

Bikin Cinta Tanah Air, Inilah Film Bertema Kemerdekaan Indonesia yang Wajib Ditonton

Oleh -

Film, selain sebagai hiburan, juga merupakan media belajar. Sudah berderet-deret judul film tentang perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia dari sudut pandang yang berbeda.

Film-film kemerdekaan yang sedikit banyaknya akan membuka mata kita tentang sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Mari kita simak film-film perjuangan kemerdekaan yang membangkitkan rasa nasionalisme kita.

1. Soekarno: Indonesia Merdeka

Dikenal dengan nama Sang Proklamator, sosok Soekarno dihormati oleh seluruh rakyat Indonesia, sebagai tokoh penting dalam kemerdekaan Indonesia, sebagai Presiden pertama Republik Indonesia. Dalam film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini menceritakan tentang perjuangan Soekarno yang memiliki sudut pandang berbeda untuk membebaskan Indonesia dari penjajahan dengan bekerja sama dengan Jepang.

Walau pun banyak pemuda yang mencemoohnya berkata bahwa Soekarno menjual bangsanya sendiri ke tangan Fasis, tapi itu tidak menyurutkan niat Soekarno untuk Indonesia merdeka. Sosok Bung Karno diperankan dengan apik oleh Ario Bayu.

2. Jendral Soedirman

Panglima Besar Jendral Soedirman adalah salah satu sosok panutan bagi kemiliteran Indonesia dan merupakan tokoh yang berpengaruh dalam memerdekakan bangsa Indonesia. Film biografi Jendral Soedirman ini berlatar saat Belanda menyatakan secara sepihak sudah tidak terikah dengan perjanjian Renville sekaligus menyatakan penghentian gencatan senjata.

Film yang rilis pada tahun 2015 ini memfokuskan pada perjuangan Jendral Soedirman ketika melakukan perang gerilya hanya dengan tentara yang jumlahnya tidak banyak, melawan tentara Belanda. Sosok Jendral Soedirman diperankan oleh Adipati Dolken, sosok Tjokropranolo diperankan oleh Ibnu Jamil, sosok Tan Malaka diperankan oleh Mathias Mucus.

3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

HOS Tjokroaminoto lahir dari kaum bangsawan  Jawa dengan keislaman yang kental. Namun ia berani meninggalkan kehidupannya yang nyaman untuk merasakan penderitaan sebagai rakyat jelata. Film ini menceritakan bagaimana Tjokro berjuang dengan membangun organisasi Sarekat Islam, yang akhirnya berkembang pesat.

Tjokro ingin melakukan perlawanan akan ketertindasan agar semua rakyat nusantara tidak lagi dipandang sebagai seperempat manusia. Sosok Tjokro adalah seorang tokoh peletak identitas bangsa, guru dari para pemimpin bangsa. Salah satu murid binaannya adalah Soekarno. Reza Rahadian memerankan karakter HOS Tjokroaminoto.

4. Merah Putih

Jika ketiga film yang sudah disebutkan tadi adalah film biopik, Merah Putih garapan Yadi Sugandi merupakan film drama fiksi historis Indonesia. Film yang rilis pada tahun 2009 ini berlatar saat perjuangan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1947 saat terjadinya peristiwa Agresi Militer Belanda I ke pemerintahan Republik Indonesia.

Menceritakan kisah lima kadet (calon perwira) dan empat diantaranya selamat dari pembantaian tentara Belanda. Dengan suku, agama, dan latar belakang yang berbeda, mereka bergabung dalam pasukan gerilya yang kemudian menemukan strategi untuk mengalahkan pasukan Belanda. Kelima kadet tersebut diperankan oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Teuku Rifnu, Zumi Xola dan Darius Sinathrya.

5. Banda The Dark Forgotten Trail

Bukan film biopik bukan pula film fiksi, Banda adalah film dokumenter panjang yang menceritakan tentang rempah-rempah Pala, berasal dari buah dan biji pohon Pala, yang segenggamnya saja lebih berharga dari sepeti emas. Pala sendiri berasal dari Kepulauan Banda, Provinsi Maluku, Indonesia.

Rempah-rempah, satu sisi membawa kemakmuran tapi di sisi lain meyebabkan peperangan yang luar biasa. Kerusuhan berbau sara yang dampaknya sampai ke Banda. Banda sendiri mencerminkan Indonesia dimana segala suku ada di Banda, suku-suku orang yang cinta kemerdekaan, yang berjuang mati-matian untuk Indonesia merdeka. Film dokumenter yang dikemas secara apik membuat penontonnya tidak bosan. Film yang rilis pada bulan Agustus 2017 ini dinaratori oleh Reza Rahadian.

Itulah lima dari sekian banyak film bertema kemerdekaan yang telah dibuat oleh sineas Indonesia. Kemerdekaan bisa dirasakan dan dinikmati melalui film-film tersebut. Film kemerdekaan mana yang menjadi favorit kamu? Next

Apakah Kamu Setuju?