Entertainment Film

Keren! Inilah 10 Film Indonesia Dengan Jumlah Penonton Terbanyak Selama 10 Tahun Terakhir

Oleh -

Sudah puluhan film yang dirilis selama kurun waktu 10 tahun terakhir. Banyak film yang mendapatkan penghargaan, bahkan ada yang sampai masuk Rekor MURI seperti yang diperoleh film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 yang dapat peringkat menggeser seluruh film Indonesia selama 10 tahun terakhir.

Dilansir dari filmindonesia.or.id, inilah film Indonesia terlaris dengan jumlah penonton terbanyak selama tahun 2007 hingga 2017.

1. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1

Film peraih dua Rekor MURI sekaligus ini berada di peringkat pertama dalam film Indonesia terlaris. Film bergenre komedi ini berhasil meraih 556 ribu penonton dalam kurun waktu satu hari saja. Rupanya film garapan Anggy Umbara ini mampu menyedot perhatian penonton yang merindu akan kekonyolan Warkop. Film pada 8 September 2016 ini mampu meraih peringkat pertama dengan jumlah 6,8 juta penonton. Selisih penonton pada peringkat dua saja sampai 2 juta!

2. Laskar Pelangi

Film yang berasal dari novel best seller karya Andrea Hinata dengan judul yang sama ini rilis pada 25 September 2008. Dengan jumlah penonton hingga 4,7 juta, film Laskar Pelangi bertahan selama 8 tahun di peringkat pertama film Indonesia terlaris, hingga akhirnya tergeser oleh Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1. Disutradarai oleh sutradara papan atas, Riri Riza, film Laskar Pelangi menyuguhkan pada penonton keindahan Belitung yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang luar biasa, namun jarang diketahui oleh orang-orang. Cerita yang menyentuh sekaligus membuat semangat juga digemari oleh penontonnya.

3. Habibie & Ainun

Nama Reza Rahadian memang sudah terkenal di kalangan pemain film, terlebih jika dipasangkan dengan aktris sekaligus penyanyi cantik Bunga Citra Lestari. Keduanya mampu membawakan peran sepasang suami istri legendaris dari Indonesia, yaitu Bapak Habibie dan istrinya, Ibu Ainun. Dalam film yang rilis pada 20 Desember 2012 ini, Reza begitu pawai membawakan sosok Bapak Habibie sedangkan Bunga Citra Lestari, atau BCL, juga menunjukkan aktingnya yang luar biasa sebagai Ibu Ainun. Tidak heran jika film Habibie & Ainun mencapai penonton hingga 4,5 juta setelah dirilis.

4. Ada Apa Dengan Cinta 2

Setelah sebelumnya sukses membuat film Ada Apa Dengan Cinta? yang disutradarai oleh Rudi Soedjarwo dan Riri Riza sebagai produsernya, Riri Riza kembali menggarap sekuel dengan judul Ada Apa Dengan Cinta 2 atau AADC 2. Setelah 14 tahun, ternyata film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ini masih menarik perhatian penonton dengan jumlah yang banyak. Film yang rilis pada 28 April 2016 ini sudah ditonton lebih dari 3,6 juta penonton, melebihi rekor yang didapat film pertamanya, AADC 1.

5. Ayat Ayat Cinta

Walau film bergenre religi satu ini berada di peringkat kelima dalam film Indonesia terlaris 10 tahun terakhir, tetapi Ayat Ayat Cinta masih belum tergeser oleh film religi lainnya. Kisah cinta yang dihadapi dengan cara Islam ini mampu menarik perhatian penonton. Setelah dirilis pada 28 Februari 2008, penonton film garapan Hanung Bramantyo ini mencapai 3,6 juta penonton. Karena kelarisannya, mantan Presiden RI, BJ Habibie juga menyempatkan menonton film yang diadaptasi oleh Habiburrahman El Shirazy dengan judul sama ini.

6. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2

Sekuel film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 ini ternyata juga mendapatkan apresiasi yang besar dari para penontonnya. Per 8 september 2017 kemarin masih di peringkat 10, tetapi per 13 September 2017 film yang dibintangi oleh Indro Warkop, Vino G. Bastian, Abimana Aryasatya, dan Tora Sudiro ini mampu menggeser 4 judul film sekaligus. Rilis pada 31 Agustus 2017, kini film ini sudah ditonton 3,2 juta penonton. Pencapaian besar ini tidak lepas dari penggemar setia dan promosi yang dilakukan rumah produksi Falcon Pictures.

7. My Stupid Boss

Setelah dipasangkan di film Habibie & Ainun, Reza Rahadian kembali dipasangkan dengan BCL di film My Stupid Boss, walau bukan menjadi suami istri melainkan menjadi bos dan karyawannya. Lagi-lagi, film yang dimainkan kedua selebriti ini masuk dalam 10 film terlaris selama kurun waktu 10 tahun terakhir. Penampilan Reza yang sama sekali berbeda dengan di film-film sebelumnya dan cerita yang unik lagi menghibur, membuat My Stupid Boss meraih hingga 3 juta penonton setelah rilis pada 19 Mei 2016 lalu.

8. Danur: I Can See Ghosts

Sama-sama rilis pada tahun 2017, Danur dan Warkop DKI Reborn Part 2 memiliki selisih penonton hingga 1 juta. Walau begitu, film garapan Awi Suryadi ini mampu menggeser seluruh film horor Indonesia selama 10 tahun terakhir. Danur: I Can See Ghosts adalah satu-satunya film horor yang bisa mencapai 2,7 juta penonton. Rupanya, film yang diperankan oleh Prilly Latuconsina dan diadaptasi dari novel karya Risa Sarawsati berjudul sama ini, mampu menarik perhatian penonton yang menanti-nantikan cerita horor.

9. Ada Apa Dengan Cinta ?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa film AADC 2 mampu melampaui jumlah penonton film AADC 1. Namun, AADC merupakan film terlaris di tahun 2002 dan sudah mencapai 62 ribu penonton pada tiga hari pertama setelah dirilis pada 8 Februari 2002. Film ini telah ditonton oleh 2,7 juta penonton, pantas saja AADC 2 laris ditonton, pastinya banyak penggemar film AADC yang menanti-nantikan kelanjutan cerita cinta Rangga dan Cinta.

10. Cek Toko Sebelah

Film bergenre komedi yang disutradarai oleh jebolan Stand Up Comedy, Ernest Prakasa, ini sudah ditonton sebanyak 2,6 juta penonton. Film yang juga dibintangi oleh aktor ganteng Dion Wiyoko ini rilis pada 28 Desember 2016 dan menjadi film terlaris nomor 4 di tahun 2016. Satu minggu sebelum Cek Toko Sebelah rilis, film garapan Raditya Dika berjudul Hangout juga rilis. Dengan perbedaan rilis satu minggu, selisih penonton Cek Toko Sebelah dan Hangout tidak sampai 25 ribu penonton loh! Ternyata, orang Indonesia masih mendambakan film bergenre komedi yang mampu mengocok perut ya.

Nah, itu tadi adalah film Indonesia terlaris dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Masih banyak film-film yang akan rilis menanti untuk ditonton kalian loh. Kalau menurut kalian film apa yang paling berkesan untuk kalian? Next

Apakah Kamu Setuju?