Bolywood Film

5 Film India Jadul yang Pasti Membuatmu Termehek-Mehek

Oleh -

Serial India mungkin greget ya di Indonesia, tapi lain hal kalau filmnya. Kalau nggak percaya coba tanya deh, lebih akrab mana pemirsa Indonesia dengan Thapki atau Kapoor & Sons? Jelas jawabannya adalah Thapki, meskipun Kapoor & Sons jadi film yang cukup booming di negeri Hindustan tahun ini.

Tren India di negeri kita memang bergeser dari film ke serial. Padahal kalau dulu nih, di tahun 90an, film-film India lah yang merajai televisi kita. Sebut saja si fenomenal Kuch Kuch Hota Hai, Mann, Dil To Pagal Hai, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kadang kangen ya dengan film-film itu dan sekarang sudah jarang banget yang menayangkannya lagi di televisi.

Mumpung lagi bahas film India nih, yuk sekalian saja kita nostalgia dengan beberapa karya Bollywood yang pasti pernah bikin termehek-mehek itu. Simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

Syahdunya Pencarian Cinta Lama Ala Kuch Kuch Hota Hai

Kuch Kuch Hota Hai
Kuch Kuch Hota Hai

Film satu ini sangat ditandai sebagai awal populernya karya-karya Bollywood di Indonesia. Masih ingat kan, dulu film ini pecah luar biasa. Tiap malam Minggu pasti diputar, belum lagi pedagang kaset bajakan punya banyak stok VCDnya. Tak heran kenapa demikian, karena Kuch Kuch Hota Hai sendiri memang luar biasa. Padu padannya oke banget mulai cerita, aktor dan sebagainya. Kalau cerita, mungkin kamu masih ingat dengan baik. Ya, film ini mengisahkan cerita Rahul (Shahrukh Khan) yang mencari cinta lamanya (Kajol Devgan), setelah istrinya (Rani Mukherjee) meninggal dunia. Plotnya mungkin sederhana, tapi dikemas luar biasa. Sangat dramatis dan bikin nangis.

Mann, Si Playboy yang Menemukan Cinta Sejatinya

Mann
Mann

Film Mann, sering dianggap sebagai yang tersukses kedua setelah Kuch Kuch Hota Hai. Ceritanya sendiri tentang kisah hidup seorang playboy kelas kakap bernama Karan yang diperankan oleh Aamir Khan. Kisahnya sangat unik dan bikin termehek-mehek, termasuk ketika Karan sudah benar-benar tobat dan menemukan gadis pujaannya, tapi si wanita malah kecelakaan dan lumpuh. Tak hanya cerita sih, lagu-lagunya sendiri oke punya. Salah satu yang paling ngehits adalah Tinak Tin Tana yang bahkan sampai diadopsi ke lagu dangdut. Masih ingat?

Kisah Sedih Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Lewat Dil To Pagal Hai

Dil To Pagal Hai
Dil To Pagal Hai

Di To Pagal Hai, film ini juga sukses banget meraih hati pemirsa Indonesia. Ceritanya tentang Rahul (Shahrukh Khan) yang mencari seorang dancer baru (Madhuri Dixit) gara-gara teman duetnya (Karisma Kapoor) cedera. Tapi ceritanya tak sesimple ini ya, ada kisah cinta yang rumit di dalamnya. Film ini rilis tahun 1997, tapi awet banget sampai bertahun-tahun. Bahkan sampai sekarang semua orang masih ingat single hitsnya yang berjudul sama seperti filmnya.

Mohabbatein, Kisah Para Pemberontak Cinta

Mohabbatein
Mohabbatein

“Kalau kau cinta seseorang, maka kejarlah, robohkan gerbang itu” pasti masih ingat sekali kan dengan quotes ala Pak Guru Raj itu? Ya, film Mohabbatein ini juga salah satu yang paling sukses di Indonesia serta meninggalkan kesan. Kisahnya sendiri bercerita tentang 3 murid sebuah sekolah yang terkekang cintanya karena peraturan. Kemudian hadirlah Pak Guru Raj Aryan yang menyemangati para murid ini. Kisahnya melow dan sangat dramatis. Apalagi ketika sang kepala sekolah yang keras hati (Amitabh Bachchan) meminta maaf kepada Pak Aryan atas semua kesalahannya. Ah, bikin nangis deh pokoknya.

Kabhi Khushi Kabhie Gham, Kisah Seorang Ibu yang Merindukan Buah Hatinya

Kabhi Khushi Kabhie Gham
Kabhi Khushi Kabhie Gham

Bayangkan rasanya ketika harus kehilangan anak yang sudah dirawat sendiri sejak kecil. Tentu sakit ya? Apalagi hilangnya anak adalah hal yang disengaja misalnya diusir oleh sang ayah hanya karena aturan. Sungguh bikin hati teriris, apalagi bagi seorang ibu. Ya, seperti itulah inti cerita dari film Kabhi Khushi Kabhie Gham ini. Meskipun awalnya bikin gregetan, tapi akhirnya menyenangkan kok. Keluarga yang terpisah akhirnya bertemu lagi. Film ini juga sangat sukses di Indonesia dan bahkan kadang masih sering diputar. KKKG sendiri menghadirkan bintang-bintang Bollywood kelas kakap mulai dari Shahrukh Khan, Kajol, Kareena Kapoor, sampai sang maestro Amitabh Bachchan.

Harapannya sih televisi kita mulai menyiarkan lagi film-film India. Sebagai variasi saja biar tidak bosan. Tak harus selalu menampilkan film lama, yang baru-baru juga lumayan kok. Tak hanya melulu percintaan juga, kini film India sudah mulai melirik ke ranah action dan bahkan film-film bertema fenomena sosial. Next

Apakah Kamu Setuju?