Entertainment Film

5 Film Horor Indonesia Paling Serem yang Bikin Tengiang-ngiang Setelah Pulang dari Bioskop

Oleh -

Film horor merupakan salah satu genre film yang populer di Indonesia, semakin tahun semakin banyak film horor yang diproduksi dan tak sedikit yang bisa menarik perhatian banyak penonton. Film horor mampu menimbulkan sensasi tersendiri bagi penikmatnya, maka tak jarang orang menanti-nanti rilisnya film horor selanjutnya.

Dari sekian banyak film horor, pastinya ada beberapa hal yang selalu terbayang oleh penontonnya bahkan ketika sudah tidak menonton film itu. Dalam film horor Indonesia legendaris yang terdapat benda-benda yang selalu terbayang di benak penontonnya. Apa saja sih? Yuk kita simak!

1. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan yang rilis pada 28 September 2017 ini merupakan remake dari film lama berjudul sama. Dalam film ini, terdapat sosok Ibu yang meninggal tetapi kemudian bangkit lagi dari kematiannya untuk menjemput anak bungsunya. Sebelum meninggal, Ibu tidak bisa berbicara atau bangkit dari tempat tidurnya sehingga ia membutuhkan sebuah lonceng yang akan ia bunyikan untuk meminta pertolongan. Setelah meninggal, lonceng tersebut selalu berbunyi ketika Ibu akan datang. Sosok Ibu yang berhasil menghantui seluruh keluarganya ini diperankan oleh Ayu Laksmi.

2. Jailangkung

Sutradara Rizal Mantovani dan Jose Poernomo melakukan produksi film berjudul Jailangkung hanya 10 hari, tetapi efek seram yang dihasilkan film tersebut tidak bisa dilupakan oleh banyak penontonnya. Film Jelangkung menceritakan tentang empat orang sahabat yang ingin merasakan pengalaman spiritual bertemu dengan makhluk halus. Salah satu dari mereka melakukan ritual mistis kuno, Jailangkung. Dengan menggunakan batok kelapa dan kayu, ia memanggil arwah yang walau awalnya tidak ada reaksi tapi ternyata dapat mendatangkan arwah yang mengerikan. Kata-kata yang tak dapat dilupakan dari film ini adalah ‘datang tak dijemput, pulang tak diantar’ karena dengan kata-kata tersebut arwah akan datang. Rizal Mantovani dan Jose Poernomo kembali membuat film Jailangkung tahun 2017 dengan cerita yang berbeda namun menceritakan mitos yang sama, Jailangkung.

3.Kuntilanak

Rizal Mantovani kembali sukses membuat film horor berjudul Kuntilanak rilis pada tahun 2006. Film ini memiliki dua sekuel, yaitu Kuntilanak 2 dirilis setahun setelah film pertama dan Kuntilanak 3 yang rilis pada tahun  2008. Julie Estelle sebagai pemeran utama tentunya membuat penonton selalu terbayang, bagaimana tidak pasalnya Julie sebagai sosok Sam memiliki kekuatan untuk memanggil Kuntilanak yang akan datang dan mengikuti perintahnya. Benda yang tak dapat dilupakan dari film ini adalah 4 cermin yang terletak di dalam rumah yang ditinggali Sam. Belum lagi, lagu bahasa Jawa berjudul Lingsir Wengi pun sukses membuat suasana makin mencekam dan terbawa hingga penonton selesai menonton filmnya. Setiap mendengar lagu tersebut, yang hadir dalam ingatan kita adalah hantu Kuntilanak.

4. Rumah Dara

Berbeda dari film horor yang lain, Rumah Dara merupakan film triller tentang penjagalan manusia di sebuah rumah yang dimiliki oleh Ibu misterius dan anak-anaknya. Shareefa Daanish, memerankan sosok Ibu bernama Dara dengan suara rendahnya ketika berbicara. Banyak darah bercucuran dalam film yang rilis pada tahun 2010 ini. Sadis dan perasaan ngeri didapat penonton yang menonton film ini. Hal yang tak dapat dilupakan dari film Rumah Dara adalah gergaji mesin. Bagaimana tidak? Ibu dan anak-anaknya memutilasi korban-korbannya menggunakan gergaji mesin, yang suaranya saja bisa bikin merinding dan terbayang-bayang kesadisan mereka.

5. Sundel Bolong

Diperankan oleh aktris ternama Indonesia, Suzanna, Sundel Bolong sukses membuat para penontonnya merinding dan susah melupakan sosoknya. Menceritakan tetnang seorang perempuan korban pemerkosaan yang memilih bunuh diri dan arwahnya menjadi gentayangan menjadi sosok Sundel Bolong. Hantu Sundel Bolong ini gentayangan untuk membalas dendam kepada orang-orang yang telah merusak hidupnya. Tak hanya balas dendam, ia juga kerap mengganggu penduduk. Salah satu hal yang tak bisa dilupakan dari film tahun 1981 ini adalah sate. Pasalnya, saat malam tiba sosok Sundel Bolong memesan sate berjumlah 200 tusuk yang langsung dimakan di tempat. Bahkan, ketika masih mentah belum dibakar sampai matang, Sundel Bolong memakan sate-sate tersebut dengan kilat. Bukan hanya sate, Sundel Bolong juga memesan soto yang langsung diminum dari pancinya padahal soto tersebut masih sangat panas. Ternyata, semua makanan yang telah dimakan Sundel Bolong tembus ke punggungnya yang bolong dan berjatuhan ke tanah.

Nah, itu tadi adalah hal-hal yang susah dilupakan walau euforia film-film tersebut sudah lalu. Bagaimana menurutmu tentang hal-hal tersebut? Next

Apakah Kamu Setuju?