Film Seleb Indonesia

Hari Kartini, 3 Film Baru Ini Membuatmu Lebih Menghargai Jasa Perempuan

Oleh -

Berita Selebritis – Hari ini tanggal 21 April lebih dikenal sebagai peringatan hari Kartini. Siapa yang tak tahu sosok Kartini, wanita hebat yang pada masanya berani menghadapi segala tantangan demi mencerdaskan para wanita Nusantara. Dengan segala keyakinannya, Kartini akhirnya bisa membuka sekolah untuk para wanita.

Karena jasanya itulah banyak wanita-wanita Nusantara yang akhirnya memiliki pengetahuan dan memperjuangkan emansipasinya. Ada banyak cara untuk mengisi peringatan hari Kartini, salah satunya adalah dengan menonton film-film tentang wanita hebat yang bisa membuat semangat nasionalisme kita lebih berkobar lagi. Penasaran dengan judul filmnya? berikut ini ulasan selengkapnya.

1. 3 Srikandi

3 Srikandi adalah sebuah film yang menceritakan tentang sosok Srikandi dalam dunia nyata. Ya, tiga orang wanita itu adalah para atlet panahan Indonesia yang berjaya membawa pulang medali perak di ajang olimpiade tahun 1988. Saat itu olimpiade diadakan di Seoul, Korea Selatan.

Para pemeran film 3 Srikandi  [image source]
Para pemeran film 3 Srikandi [image source]
Aksi heroik di mana ketiga atlet itu yang masing-masing adalah Lilies Handayani, Kusuma Wardhani dan Nurfitriyana Saiman diperankan oleh artis-artis kondang seperti Chelsea Islan, Tara Basro dan Bunga Citra Lestari. Awalnya Dian Sastro juga ikut andil namun karena berbagai alasan, perannya digantikan oleh Bunga Citra Lestari.

2. Kartini

Film Kasrtini memang sengaja disiapkan untuk menyambut hari Kartini. Film besutan Hanung Bramantyo ini mengusung Dian Sastro Wardoyo sebagai pemerannya. Puluhan tahun sebelumnya, ada film berjudul sama yang rilis tahun 1984.

Kartini [image source]
Kartini [image source]
Namun Hanung mengaku jika filmnya akan berbeda. Di mana ia memfokuskan pada cerita saat Kartini Dipinggit hingga akhirnya menikah. Selain ada Dian Sastro ada juga Acha Septriasa dalam film tersebut.

“Kartini yang ingin digambarkan bagian saat Kartini mulai dipingit sampai kemudian menikah. Kartini seperti anak remaja sekarang pinter bahasa Belanda, suka nulis. Kalau anak sekarang pinter bahasa Inggris, nulis blog. Sebenarnya sama, nggak ada bedanya,” ujar Hanung Bramantyo.

3. Surat Cinta Kartini

lain lagi dengan film berjudul Surat Cinta Kartini. Meski sama-sama mengusung kisah hidup R.A Kartini, tapi film yang dibintangi oleh Chicco Jerikho ini manambahkan kisah-kisah fiktif tentang romansa percintaan yang menggetarkan hati siapapun yang menontonnya.

Surat Cinta Kartini [image source]
Surat Cinta Kartini [image source]
Dalam film tersebut akan menyoroti kisah cinta Kartini dengan seorang rakyat jelata. Chicco akan memerankan karakter Sarwadi, seorang tukang pos yang menaruh hati pada Kartini. Kartini sendiri akan diperankan oleh Rania Putri.

Itulah tiga film yang pas ditonton bertepatan dengan hari Kartini. Semoga bisa membuat Anda lebih terinspirasi dan mengunggah semangat nasionalisme. Next

Apakah Kamu Setuju?

next page