Holywood

Dari Cinta Pertama Sampai Transgender, 5 Film Biografi Ini Wajib Kamu Tonton!

Oleh -

Tak hanya soal aksi dan cerita superhero, film Hollywood ternyata sedang gandrung dengan naskah dari buku Biografi lho! Kisah para tokoh dunia ini menjadi semakin menarik setelah diangkat ke layar lebar.

Tak hanya laris, beberapa film berikut berhasil menuai banyak penghargaan karena kualitas cerita dan penyajian yang mengagumkan. Sekali mendayung dua pulau terlampaui toh! Kalian bisa belajar sejarah dengan menonton film-film biografi berikut!

1. The Theory of Everything

Bagi pecinta film romantis, ‘The Theory of Everything’ wajib masuk dalam daftar tontonan kalian. Film yang bercerita tentang kehidupan asmara fisikawan Stephen Hawking dan istri pertamanya, Jane Wilde, ini akan membawa kalian merenungkan arti kasih sayang. Film garapan James Marsh tersebut diangkat dari buku karangan Jane Wilde sendiri yang berjudul, ‘Travelling to Infinity: My Life with Stephen’.

Berkisah tentang kehidupan Stephen dan Jane yang berjuang mempertahankan rumah tangga dimasa sulit akibat penyakit Lou Gehrig yang diderita Stephen. Penyakit yang mengganggu kerja motorik ini membuat Stephen lumpuh dan tak bisa berbuat apapun kecuali berpikir. Kisah cinta mereka dijamin bikin haru deh!

2. The Imitation Game

Film biografi yang dirilis tahun 2014 ini berlatar belakang negara Inggris di masa perang dunia ke-II. ‘The Imitation Game’ diangkat dari buku terlaris berjudul ‘Alan Turing: The Enigma’ karangan Andrew Hodges. Bercerita tentang kehidupan peneliti matematika yang berhasil memecahkan kode enigma Jerman selama masa perang dunia ke-II.

Namun dibalik otaknya yang jenius, Alan ternyata seorang homoseksual. Alan memiliki ketertarikan pada lawan jenis yang akhirnya membuatnya mati di usia 42 tahun. Dimasa itu homoseksual merupakan tindakan yang melanggar peraturan, dimana pelakunya harus mendapat pengobatan berupa suntik hormon atau memilih dipenjara.

3. The Pursuit of Happyness

Film yang rilis tahun 2007 ini juga wajib masuk dalam daftar tontonan kalian lho! Bercerita tentang perjuangan hidup Chris Gardner, seorang salesman yang berhasil menjadi pialang saham kaya raya di Amerika. Diperankan oleh Will Smith dan putra kandungnya, Jaden Smith, film ini akan mengajarkan kalian tentang arti kerja keras.

Cerita dimulai dari perjuangan Chris yang hidup miskin dengan putranya, Christopher. Chris kemudian tertarik magang tanpa dibayar di sebuah perusahaan pialang, setelah melihat kehidupan makmur petinggi perusahaan tersebut. Namun mimpi itu tidak dicapai dengan mudah. Chrispun harus berkorban dan melawan keadaan yang benar-benar sulit bersama putranya. Kalian akan terharu melihat bagaimana kisah ini berakhir.

4. The Iron Lady

Film laris tahun 2002 ini juga tak kalah menarik untuk ditonton lagi! ‘Catch Me If You Can’ dibintangi oleh aktor tampan Leonardo Di Caprio dan Tom Hanks. Bercerita tentang Frank Abagnale, penipu yang berhasil hidup kaya raya yang terus berganti identitas dari usia 15 hingga 21 tahun.

Film ini fokus pada aksi penipuan yang dilakukan Frank di tahun 1960-an dan juga bagaimana ia berkilah dari kejaran FBI. Pria yang kini jadi seorang CEO konsultan keamanan ini telah memalsukan identitas dirinya sebanyak 8 kali selama hidupnya. Diantaranya sebagai pilot, dokter dan pengacara. Cerita unik Frank Abagnale ini dijamin bakal menghibur di waktu senggang kalian.

6. The Social Network

Pengguna facebook sepertinya wajib untuk menonton film biografi yang satu ini. Yap! ‘The Socal Network’ merupakan film yang mengangkat kisah nyata pendiri facebook Mark Zuckerberg dan teman-temannya. Dimana konsep situs populer ini akhirnya tercipta dan berbagai polemik yang muncul dalam pembuatan sosial media tersebut.

Dari film biografi ini kalian bisa belajar tentang sejarah fitur-fitur yang tercantum di facebook dan bagaimana pemasaran Mark dalam memperkenalkan produknya tersebut. Film ini juga bisa memberi inspirasi tentang arti kegagalan, persahabatan dan bisnis lho!

7. The Danish Girl

Okay, di tahun 2015 ini nyatanya sudah ada satu film yang wajib kalian tonton di awal September ini. Yap! ‘The Danish girl’. Film yang diangkat dari buku berjudul sama ini menceritakan tentang perjalanan hidup wanita transgender pertama bernama Lili Elbe. Lili menjadi pasien operasi perubahan alat genital pertama di Jerman. Meskipun akhirnya operasi itu jugalah yang merenggut nyawanya di usia 48 tahun.

‘The Danish Girl’ digadang akan menjadi film terlaris di tahun 2015. Dengan fenomena transgender dari Caitlyn Jenner, film ini akan membawa kalian pada emosi mendalam seorang transgender. Dengan aktor Eddi Redmayne sebagai pemeran Lili Elbe, film ini tentu menyenangkan untuk ditonton di akhir pekan.

Film biografi memang cara cepat untuk mempelajari sejarah hidup tokoh hebat di masa lalu. Bagaimana menurutmu? Adakah rekomendasi film biografi lain yang bisa kalian tambahkan? Tulis di komentar di bawah ya… Next

Apakah Kamu Setuju?

next page