Entertainment Film Seleb Indonesia

6 Film Adaptasi Dari Novel Terlaris di Indonesia Tahun 2017, Udah Nonton?

Oleh -

Tak sedikit sutradara yang mengadopsi novel untuk dijadikan film. Film yang diadopsi dari novel memiliki tantangan yang lebih besar, karena banyak orang yang akan semakin penasaran dengan bagaimana pembuat film memvisualisasikan sebuah karya novel. Terdapat film-film adaptasi novel di tahun 2017 ini yang sukses layaknya novel yang diadaptasi. Nah, film apa saja sih yang diadaptasi dari novel dan sukses di tahun 2017 ini? Yuk simak rangkuman berikut!

1. Critical Eleven

Cerita cinta novel Metropop berjudul Critical Eleven sukses membuat baper para penggemar novel. ‘Anak’ karya Ika Natassa yang pertama kali terbit bulan Agustus 2015 ini ludes terjual sebanyak 1.111 eksemplar tak sampai 11 menit. Novel ini pun sudah cetak ulang sebanyak 7 kali hanya dalam jangka 3 bulan. Bulan Mei 2017, film ini diangkat ke layar lebar oleh Monty Tiwa dan Robbert Ronny sebagai sutradara. Seperti novelnya, film ini juga membuat penonton terbawa perasaan dengan alur cerita sang tokoh utama.

Diperankan oleh Reza Rahadian dan Adinia Wirasti yang kekompakannya tak perlu dipertanyakan lagi. Setelah dua kali bermain dalam film yang sama, keduanya kembali unjuk kebolehan memerankan sosok Alle dan Anya. Ika sebagai penulis novel tentunya juga ikut terlibat dalam pembuatan film, mulai dari menentukan latar yang harus ada di film hingga menentukan aktor. Ia juga mengikuti proses syuting filmnya. Dua pemeran utama dalam film ini juga sukses mendapatkan penghargaan yaitu Adinia mendapatkan Bandung Film Festival for Commendable Film MainActress 2017 dan Reza Maya Award for Best Actor in a Leading Role.

2. Danur: I Can See Ghosts

Film Danur: I Can See Ghosts diadaptasi dari novel berjudul Danur karya Risa Saraswati. Menceritakan tentang kisah nyata seorang indigo yang berteman dengan 5 anak hantu belanda, novel dan film Danur sukses di pasaran. Kisah nyata seorang Risa, diperankan oleh Prilly Latuconsina yang berhasil mengantarkan kesuksesan film ini hingga meraih hampir 3 juta penonton. Sharefa Danish juga tak kalah mengundang perhatian dengan keseramannya memerankan sosok hantu di film ini. Ada lagu dalam film Danur yang tak bisa dilupakan penonton yaitu lagu berbahasa sunda berjudul Lagu Abdi yang konon disukai oleh 5 hantu Belanda itu.

3. Surga Yang Tak Dirindukan 2

Setelah sukses mengadaptasi novel Surga Yang Tak Dirindukan ke layar lebar, Hanung Bramantyo kembali membuat sekuel film berjudul Surga Yang Tak Dirindukan 2. Masih berasal dari novel dengan pengarang yang sama yaotu Asma Nadia, ternyata Surga Yang Tak Dirindukan 2 atau SYTD2 juga laris manis layaknya film pertamanya. Karya-karya Asma Nadia selalu ditunggu oleh penggemarnya, ia rajin memproduksi novel-novel yang tak sedikit yang diadaptasi ke layar lebar. Terlebih, novel SYTD2 ini terinspirasi dari curhatan para pembaca setia novel karya Asma Nadia yang dikirim khusus ke Asma.

Film ini menlanjutkan kisah Mei Rose, yang diperankan Raline Shah, setelah pergi naik kereta di film pertama SYTD. Terdapat beberapa pemain baru yang muncul di film SYTD2 seperti Reza Rahadian dan aktris asal Malaysia, Nora Danish. Dengan penonton sebanyak 1,6 juta orang, SYTD2 berhasil menduduki posisi kelima dalam Film Indonesia dengan perolehan jumlah penonton terbanyak tahun 2017. Bahkan, pada hari pertama tayang di bioskop Indonesia, film ini membuat rekor dengan meraih 105 ribu penonton dalam satu hari. Tak hanya sukses di Indonesia, SYTD2 juga sukses di Malaysia. Film ini sempat menjadi film terlaris di Malaysia saat diputar di Negeri Jiran itu.

4. Dear Nathan

Novel berjudul Trinity, The Nekad Traveler sukses dengan penjualan yang gemilang. Novel karya Trinity ini sudah dicetak ulang puluhan kali, mengimbangi keinginan para pembaca yang mencintai novel ini. Sutradara Rizal Mantovani tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk mengadaptasi novel ini ke film layar lebar. Film berjudul sama dengan novelnya ini juga sukses meraih banyak penonton setelah diputar di bioskop.

Film ini mengangkat tema traveler yang diceritakan secara unik, selain itu terdapat tips-tips traveling yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang menonton filmnya. Sebagai pemeran utama, Maudy Ayunda menunjukkan kepiawaian beraktingnya. Walau sempat vakum berakting, Maudy tetap aktris dengan akting yang menawan. Uniknya, film ini membawa penonton untuk menikmati keindahan Lampung, Makassar hingga Manila.

6. Promise

Rilis pada 5 Januari 2017, film Promise sukses ada dalam posisi 10 besar film dengan penonton terbanyak di tahun 2017. Film ini diangkat dari novel berjudul sama karya Dwitasari yang juga memiliki banyak penggemar yang membaca novelnya. Diperankan oleh Dimas Anggara, Mikha Tambayong, Amanda Rawles dan Boy William, film Promise berhasil membuat galau para penontonnya. Film remaja ini menceritakan tentang janji yang harus ditepati. Film ini tak hanya menyuguhkan eksotisnya kota Yogyakarta, tapi juga dua negara lainnya yaitu Italia dan Turki. Tempat-tempat eksotis di tiga negara ini dapat dinikmati penonton sambil mengikuti alur cerita.

Sebentar lagi akan ada film-film yang diadaptasi dari novel, salah satunya Dilan yang menuai pro dan kontra. Apakah film Dilan akan sesukses novelnya, seperti film-film di atas? Kita nantikan saja ya! Next

Apakah Kamu Setuju?

next page