Musik Seleb Indonesia

Perjalanan Karier Fatin Shidqia, Penyanyi Cantik yang Berjaya di Jerman

Oleh -

Masih ingat dengan Fatin Shidqia bukan? Yap, pelantun tembang Aku Memilih Setia ini memang jarang sekali tampil di layar kaca belakangan ini. Meski vakum berkarier, si cantik satu ini masih tetap berkarya, loh. Bahkan ia juga dikabarkan telah mendapatkan penghargaan beberapa waktu lalu.

Bukan di Indonesia, pemilik nama Fatin Shidqia Lubis ini berjaya dan terkenal di tanah Jerman. Wow, benar-benar keren. Lalu bagaimana perjalanan karier artis cantik satu ini sebelum menjadi penyanyi kebanggaan Indonesia? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

1. Awali Karier dengan Lantunkan Tembang “Grenade” di Depan Rossa

Awali Karier dengan Lantunkan Tembang Grenade di Depan Rossa
Awali Karier dengan Lantunkan Tembang Grenade di Depan Rossa

Sudah bukan rahasia lagi dari mana Fatin menjadi terkenal dan dipuja oleh banyak orang. Yap, si cantik kelahiran 30 Juli 1996 ini awali kariernya lewat ajang pencarian bakat X Factor Indonesia pada musim pertama. Masih memakai seragam sekolah dengan sweater hangat, si cantik ini muncul di depan Rossa, Ahmad Dhani, Bebi Romeo dan Mulan Jameela. Fatin membawakan lagu Bruno Mars yang berjudul Grenade yang membuat semua juri terpukau dengannya. Alhasil, Fatin pun lolos dalam babak audisi.

2. Dibully Lantaran Tak Bisa Menari dan Sering Lupa Lirik

Dibully Lantaran Tak Bisa Menari dan Sering Lupa Lirik
Dibully Lantaran Tak Bisa Menari dan Sering Lupa Lirik

Perjalanan si cantik yang pernah menempuh pendidikan di SMA Negeri 97 Jakarta ini bukanlah hal yang mudah. Ia beberapa kali mendapat hujatan meski memiliki suara unik. Bagaimana tidak, saat awal masuk babak live show, ternyata Fatin sama sekali tak bisa menari. Tak hanya itu, Fatin juga sering lupa lirik baik saat latihan maupun ketika show di atas panggung. Hal tersebut membuatnya dibully banyak orang. Pun demikian, Fatin mampu melewati hal tersebut dan keluar menjadi jawara X Factor Indonesia Musim Satu mengalahkan Novita Dewi.

3. Jadi Penyanyi Muda yang Sukses dan Sangat Berpengaruh

Jadi Penyanyi Muda yang Sukses dan Sangat Berpengaruh
Jadi Penyanyi Muda yang Sukses dan Sangat Berpengaruh

Setelah menjadi pemenang, Fatin langsung unjuk gigi dengan lagu kemenangannya yang berjudul Aku Memilih Setia. Lagu ini pun langsung meledak dan merajai chart iTunes Indonesia. Bukan hanya itu, Fatin pun makin eksis dan menjadi salah satu idola baru di tahun 2013 lalu. Selain masalah kualitas suara, Fatin pun juga memiliki pengaruh besar bagi banyak anak muda saat itu. Salah satunya gaya fashion Fatin yang tetap modis meskipun menggunakan hijab. Sejak saat itulah, banyak sekali anak muda yang makin banyak menggunakan hijab seperti idolanya.

4. Keluarkan Album Hingga Buku Sebelum Berusia 20 Tahun

Keluarkan Album Hingga Buku Sebelum Berusia 20 Tahun
Keluarkan Album Hingga Buku Sebelum Berusia 20 Tahun

Setelah sukses dengan lagu Aku Memilih Setia, tahun 2013 Fatin kembali menggebrak belantika musik Indonesia. Kali ini ia mengeluarkan dua single berjudul Dia Dia Dia dan Jangan Kau Bohong yang sukses masuk dalam jajaran lagu paling populer di tahun tersebut. Satu tahun kemudian, artis satu ini pun akhirnya bisa mengeluarkan album kolaborasi dengan beberapa penyanyi lainnya. Selain mengeluarkan album, Fatin juga merilis sebuah buku berjudul Fatin’s Hijab Diary di tahun yang sama. Sudah baca bukunya belum?

5. Kurangi Jadwal Manggung, Fatin Fokus Kuliah

Kurangi Jadwal Manggung, Fatin Fokus Kuliah
Kurangi Jadwal Manggung, Fatin Fokus Kuliah

Setelah lulus dari SMA, Fatin meneruskan pendidikannya di London School yang terletak di kawasan Sudirman, Jakarta. Penyanyi 20 tahun ini mengambil jurusan Performing Arts Communication sejak September 2014 silam. Karena kesibukannya untuk kuliah, belakangan ini Fatin banyak mengurangi jadwal manggungnya. Tak hanya sibuk kuliah, rupanya Fatin memiliki kesibukan lain. Si cantik ini terlihat sering memotret pemandangan yang kabarnya merupakan hobi terbarunya. Wah, tapi tetap berkarya kan?

6. Tak Banyak Sensasi, Fatin Tunjukkan Prestasi di Luar Negeri

Tak Banyak Sensasi, Fatin Tunjukan Prestasi di Luar Negeri
Tak Banyak Sensasi, Fatin Tunjukkan Prestasi di Luar Negeri

Meski jarang terlihat wira-wiri di layar televisi, rupanya Fatin masih sering tampil di acara off-air. Ia bahkan diam-diam masih berkarya hingga berprestasi di luar negeri loh. Buktinya ia mendapatkan gelar Best Asian New Female Act di The Daf Bama Music Awards 2016 yang digelar di Jerman. Prestasi tersebut bukan hanya membuat dirinya terkenal tapi juga membuat Indonesia bangga. Bukan pertama kali Fatin mendapatkan penghargaan di luar negeri. Pada tahun 2014 lalu, Fatin juga berhasil menjuarai kategori APM Most Popular Song di Singapura.

Well, itulah dia perjalanan karier Fatin dari siswa SMA hingga populer di negara orang. Keren bukan? Bagaimana pendapatmu? Next

loading...

Apakah Kamu Setuju?